Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Msmdsrv.exe Menggunakan CPU dan Memory yang Tinggi atau Application Error

 


File msmdsrv.exe dikaitkan dengan Microsoft SQL Server dan merupakan komponen SQL Server Analysis Services (SSAS). Banyak pengguna melaporkan bahwa Msmdsrv.exe menyebabkan penggunaan CPU dan Memory yang tinggi dan beberapa pengguna lain juga mendapatkan error Msmdsrv.exe - Application Error.


Dalam artikel ini, saya akan membahas semua error tersebut dan melihat apa yang dapat anda lakukan untuk mengatasinya. Saat anda mengalami Application Error terkait Msmdsrv.exe, anda akan melihat pesan error lengkap seperti berikut ini.

Msmdsrv.exe - Application Error

The application was unable to start correctly (0xc00007b). Click OK to close the application.




Apa itu Msmdsrv?


Msmdsrv.exe terkait dengan Microsoft SQL Server dan merupakan komponen SSAS, yang tidak lain adalah SQL Server Analysis Services. Anda dapat menemukan beberapa contoh proses yang berjalan di system anda, karena untuk setiap contoh, komponen terpisah dibuat.


Jika anda menggunakan Microsoft Power BI, layanan ini akan berjalan di system anda. Terkadang, ketika ada yang salah dengan Power BI, anda bisa mendapatkan error Msmdsrv.exe.


Ukuran file Msmdsrv.exe berkisar antara 2 hingga 14 MB dan terletak di dua lokasi berikut ini.

  • C:\Program Files\Microsoft Analysis Services\Bin
  • C:\Program Files\Microsoft Power BI Desktop\Bin



Memperbaiki Msmdsrv.exe Menggunakan CPU dan Memory yang Tinggi atau Application Error


Jika anda mengalami masalah dimana Msmdsrv.exe menyebabkan penggunaan CPU dan Memory yang tinggi atau menyebabkan Application Error, maka ikuti beberapa solusi yang dijelaskan dibawah ini untuk memperbaikinya.



1. Pastikan Prosesnya Bukan Virus


Pertama-tama, anda perlu memastikan bahwa proses yang berjalan di system anda bukanlah virus. Untuk melakukan hal ini, buka Task Manager dengan menekan tombol Ctrl + Shift + Esc. Setelah itu, klik kanan pada judul kolom Status dan pilih Publisher dari menu konteks. Setelah kolom Publisher ditambahkan, periksa siapa penerbit Msmdsrv.exe. Jika itu Microsoft, maka lanjutkan ke solusi berikutnya.



Namun jika muncul tulisan Unable to verify atau yang lainnya, maka kemungkinan besar prosesnya adalah virus. Dalam hal ini, anda dapat menggunakan antivirus pihak ketiga anda atau anda dapat menggunakan Microsoft Defender Offline atau Bootable AntiVirus Rescue Media Gratis untuk menyingkirkan virus dan malware dari system anda.




2. Install Versi Terbaru dari Microsoft Visual C++ Redistributable


Jika file Msmdsrv.exe yang ada di komputer anda tidak berbahaya, maka anda perlu melanjutkan pemecahan masalah lebih jauh. Dan yang pertama adalah menginstall Microsoft Visual C++ Redistributable versi terbaru di system anda. Tool ini sudah terinstall di komputer anda; hanya saja tidak diupdate. Oleh karena itu, anda perlu mengupdatenya. Untuk melakukan hal yang sama, cukup download Microsoft Visual C++ Redistributable versi terbaru dari website Microsoft dan kemudian menginstallnya di system anda.




3. Tingkatkan Memory System Anda


Memory adalah kemampuan system anda untuk menyimpan aplikasi yang sedang berjalan. Jika system anda memiliki memory yang rendah, maka system tidak akan mampu menampung aplikasi yang menuntut dan aplikasi tersebut akan crash. Karena Power BI adalah aplikasi yang menuntut, maka ia memerlukan memory. Ini adalah salah satu alasan mengapa anda mendapatkan Msmdsrv.ex - Application Error. Jadi, jika bisa, gunakan lebih banyak memory ke system anda. Namun jika itu terlalu berlebihan bagi anda, maka setidaknya anda perlu meningkatkan Virtual Memory di system anda.




4. Perbaiki Power BI


Anda akan mendapatkan Application Error ketika aplikasi Power BI itu sendiri rusak. Dalam hal ini, anda perlu memperbaiki aplikasi. Untuk melakukan hal yang sama, ikuti langkah-langkah yang dijelaskan dibawah ini.

  • Buka Settings Windows dengan menekan tombol Win + I.
  • Di jendela Settings, pilih Apps di panel kiri dan klik Installed Apps di panel kanan. Untuk Windows 10, setelah memilih Apps, pilih Apps & Features di panel kiri.
  • Kemudian, temukan aplikasi Microsoft Power BI.
  • Selanjutnya:
    • Windows 10: Klik pada aplikasi dan kemudian klik Advanced Options.
    • Windows 11: Klik pada menu titik tiga disamping aplikasi dan pilih Advanced Options.
  • Di halaman berikutnya, klik Repair dibawah bagian Reset.
  • Biarkan perbaikan berjalan hingga selesai.



Setelah itu, anda dapat memeriksa kembali apakah masalahnya telah teratasi atau tidak.


Jika itu tidak memperbaiki masalah, maka anda dapat menguninstall aplikasi Power BI dan kemudian install kembali aplikasi melalui  halaman resmi software atau melalui Microsoft Store.


Saya harap anda dapat menyelesaikan masalah ini dengan menggunakan salah satu solusi yang disebutkan dalam artikel ini.


Sekian tutorial saya kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki Msmdsrv.exe menggunakan CPU dan memory yang tinggi atau Application Error di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. STAY SAFE & KEEP HEALTHY!!

Post a Comment for "Memperbaiki Msmdsrv.exe Menggunakan CPU dan Memory yang Tinggi atau Application Error"