Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Layar Komputer Menjadi Hitam Saat HDMI Dicolokkan

 


Komputer Windows memiliki fitur yang memungkinkan anda menghubungkan layar eksternal dengan berbagai metode. Salah satu metode ini adalah dengan menggunakan kabel HDMI. Tetapi ketika beberapa pengguna mencoba menghubungkan layar eksternal melalui kabel HDMI, layar menjadi hitam. Untuk beberapa pengguna, layar laptop menjadi hitam setelah menghubungkan layar eksternal melalui kabel HDMI. Jika layar komputer atau diplay eksternal anda menjadi hitam saat HDMI dicolokkan, maka anda dapat mengikuti saran yang diberikan dalam artikel ini untuk memperbaiki masalah ini.


Ada beberapa penyebab masalah ini, seperti kabel HDMI yang rusak, port HDMI yang rusak dan sebagainya. Namun, kemungkinan port HDMI yang rusak lebih kecil. Jadi, anda dapat menggunakan perbaikan berikut ini jika layar komputer atau display eksternal anda menjadi hitam saat HDMI dicolokkan.


Jika perangkat anda tidak menerima sinyal input dari komputer yang terhubung melalui kabel HDMI, warnanya tetap hitam. Terkadang, layar hitam disertai dengan pesan yang mengatakan penyebab masalah (misalnya No input).


Jika anda menggunakan kabel HDMI untuk menghubungkan komputer ke layar eksternal, kabel tersebut harus diatur dengan benar. Pengaturan HDMI yang salah juga dapat menyebabkan layar hitam.



Memperbaiki Layar Komputer Menjadi Hitam Saat HDMI Dicolokkan


Jika anda mengalami masalah layar eksternal menjadi hitam saat anda mencolokkan HDMI, maka ikuti beberapa metode perbaikan berikut ini untuk mengatasinya.



1. Input HDMI yang dipilih salah


Jika anda menghubungkan TV ke komputer melalui kabel HDMI dan layar TV menjadi gelap, maka ada kemungkinan anda telah memilih input HDMI yang salah (jika ada). Beberapa TV menampilkan beberapa opsi dalam HDMI. Anda harus memilih opsi yang tepat.



Seperti yang anda lihat pada gambar diatas, input HDMI 1 menunjukkan opsi yang berbeda. Pilih opsi HDMI yang tepat, jika tidak, layar TV anda tetap hitam bahkan setelah mendapatkan sinyal input dari PC anda.



2. Coba Pengaturan Project yang berbeda


Di komputer Windows, ada pengaturan Project yang berbeda. Anda mungkin telah memilih opsi Project yang salah. Jadi, coba pengaturan Project yang berbeda untuk menghubungkan komputer anda ke TV. Anda dapat mengikuti petunjuk dibawah ini untuk melakukannya.

  • Tekan tombol Win + P untuk membuka pengaturan Project.
  • Setelah itu, pilih salah satu opsi berikut satu per satu dan lihat mana yang cocok untuk anda.
    • PC screen only: Konten hanya akan ditampilkan di laptop atau desktop saja.
    • Duplicate: Konten hanya akan ditampilkan di laptop atau desktop saja.
    • Extend: Anda dapat memindahkan item di antara dua display saat opsi ini dipilih.
    • Second screen only: Layar laptop akan dinonaktifkan sementara dan desktop ditampilkan di layar sekunder.




3. Ubah Refresh Rate Monitor Anda


Refresh rate display adalah berapa kali per detik yang disegarkan di layar. KRefresh rate menentukan seberapa halus gerakan muncul di layar anda. Langkah-langkah dibawah ini akan membantu anda mengubah refresh rate monitor.


Di Windows 10:

  • Tekan tombol Win + I untuk membuka Settings Windows dan pilih System di jendela Settings.
  • Selanjutnya, klik Display di panel kiri dan klik Advanced display settings di panel kanan.
  • Kemudian, ubah Refresh rate-nya.
  • Setelah itu, restart komputer anda.



Di Windows 11:

  • Tekan tombol Win + I untuk membuka Settings Windows.
  • Di jendela Settings, klik System di panel kiri dan klik Display di panel kanan.
  • Di halaman berikutnya, klik Advanced Display di panel kanan.
  • Selanjutnya, ubah Refresh rate menggunakan menu drop-down.
  • Setelah itu, tutup jendela Settings dan restart komputer anda.



Solusi ini bekerja untuk beberapa pengguna. Oleh karena itu, ini juga dapat bekerja untuk anda.


Jika anda tidak dapat mengubah refresh rate di komputer nda, maka artikel ini akan membantu anda mengatasinya. Sementara jika Advanced display setting tidak anda temukan, maka artikel ini akan membantu anda.



4. Port HDMI Rusak atau Kabel HDMI Longgar


Pastikan kabel HDMI anda tidak longgar atau port anda tidak rusak karena ini bisa menjadi alasan utama mengapa layar perangkat anda menjadi hitam saat HDMI dicolokkan. Beberapa perangkat output juga memiliki beberapa port HDMI, jadi anda selalu dapat memeriksanya juga. Ini akan memberitahu anda apakah port HDMI rusak atau tidak.


Kemungkinan lain adalah anda mungkin memiliki kabel HDMI yang rusak. Dalam hal ini, anda perlu mengganti kabel HDMI anda.



5. Pastikan Display Adapter diaktifkan


Jika Display Adapter dinonaktifkan, maka display kedua anda akan tetap hitam. Anda dapat memeriksanya di Device Manager. Pertama, hubungkan layar atau TV ke komputer melalui kabel HDMI, kemudian ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Tekan tombol Win + X dan pilih Device Manager.
  • Di jendela Device Manager, perluas Display adapters.
  • Selanjutnya, klik kanan pada display anda dan pilih Enable device. Anda akan melihat opsi Enable device hanya jika display adapter dinonaktifkan.



Setelah ini, masalahnya harus diperbaiki.



6. Apakah Ada Tombol Khusus di Laptop Anda?


Beberapa laptop memiliki tombol Fungsi khusus untuk mengubah Display mode. Anda akan melihat informasi ini di website resmi pabrikan komputer anda. Misalnya, di laptop ASUS Vivobook, tombol fungsi F8 akan mengalihkan Display mode.


Beberapa pengguna melaporkan bahwa solusi ini berhasil untuk mereka. Jadi, coba tekan tombol khusus ini (jika ada) dan lihat apakah itu membantu.



7. Install Ulang Driver Display Anda


Jika layar komputer anda menjadi hitam setelah dihubungkan ke layar eksternal melalui kabel HDMI, mungkin ada masalah dengan driver display anda. Dalam hal ini, uninstall driver display anda dan kemudian menginstall driver display anda kembali.


Untuk menginstall ulang driver display anda, anda perlu mendownload driver display versi terbaru terlebih dahulu dari website pabrikan. Setelah itu, uninstall driver display anda melalui Device Manager atau dengan menggunakan DDU. Sekarang, jalankan file installer untuk menginstall driver display secara manual.




Saya harap ini membantu menyelesaikan masalah anda.


Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki layar komputer menjadi hitam saat HDMI dicolokkan di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Anda juga dapat merequest tutorial yang anda butuhkan. Terimakasih dan GBU. STAY SAFE & KEEP HEALTHY!!

Post a Comment for "Memperbaiki Layar Komputer Menjadi Hitam Saat HDMI Dicolokkan"