Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Tidak Dapat Mengubah Refresh Rate Monitor di Windows 10/11

 


Jika anda tidak dapat mengubah Refresh Rate Monitor di Windows 10 atau Windows 11 anda, maka artikel ini dapat membantu anda untuk memperbaikinya. Refresh rate pada PC merujuk pada seberapa cepat layar dapat menampilkan gambar baru setiap detiknya. Refresh rate pada perangkat anda dapat bervariasi dari 60Hz hingga 240Hz, dimana itu tergantung pada spesifikasi hardware perangkat anda.


Akhir-akhir ini, beberapa pengguna mengalami masalah dimana mereka tidak dapat mengubah refresh rate pada perangkat mereka. Penyebab utama anda tidak dapat mengubah refresh rate pada perangkat anda, mungkin karena perangkat anda seperti monitor atau graphics card anda tidak mendukung pengaturan tersebut. Jika anda menggunakan monitor yang lebih tua, hal ini juga bisa menjadi penyebabnya. Namun, jika itu bukan masalahnya, cobalah untuk mengupdate driver display dan menonaktifkan V-Sync pada perangkat anda.



Memperbaiki Tidak Dapat Mengubah Refresh Rate Monitor


Jika anda tidak dapat mengubah refresh rate monitor di Windows 10 atau Windows 11, maka ada beberapa solusi yang dapat anda coba untuk memperbaikinya. Pertama, cobalah untuk mengupdate driver graphics dan mengubah pengaturan display anda. Namun, jika itu tidak berhasil, anda bisa mengikuti solusi berikut ini.



1. Periksa Apakah Perangkat Anda Mendukung Refresh Rate yang Lebih Tinggi


Sebelum mencoba metode pemecahan masalah lainnya, pastikan untuk memeriksa apakah monitor anda mendukung refresh rate yang lebih tinggi. Jika perangkat anda tidak mendukungnya, maka anda tidak akan dapat menambah atau mengurangi refresh rate-nya. Anda dapat memeriksa hal ini pada pengaturan Display di jendela Settings Windows atau buku manual perangkat anda atau pergi ke website perangkat anda untuk memeriksanya.




2. Update Driver Graphics


Untuk itu, update driver graphics perangkat anda dan periksa apakah masalah ini sudah diperbaiki atau tidak. Anda mengupdate driver graphics anda mengunakan salah satu metode berikut ini.

  • Update driver graphics anda melalui melalui Windows Update di jendela Settings.
  • Anda juga dapat menggunakan software update driver gratis pihak ketiga atau menggunakan tool seperti AMD Driver Autodetect, Intel Driver Update Utility atau utilitas Dell Update utility atau NV Updater untuk mengupdate driver perangkat anda.



3. Ubah Advanced Display Settings


Ada cara lain yang dapat anda coba yaitu mengubah refresh rate dengan mengubah Advanced display settings. Untuk itu, ikuti langkah-langkah berikut ini unutk melakukannya.


Di Windows 10:

  • Buka Settings Windows dengan menekan tombol Win + I dan pilih System di jendela Settings.
  • Di halaman berikutnya, klik Display di panel kiri dan di panel kanan klik Advanced display settings.
  • Selanjutnya, klik pada Display adapter properties for display 1.
  • Kemudian di jendela properties, klik List All Modes dibawah tab Adapter.
  • Di jendela List All Modes, pilih mode yang anda inginkan dan klik OK untuk menyimpan perubahan.



Di Windows 11:

  • Buka Settings Windows dengan menekan tombol Win + I.
  • Di jendela Settings, klik System di panel kiri dan di panel kanan klik Display.
  • Di halaman berikutnya di panel kanan, klik Advanced display.
  • Sekarang, klik pada Display adapter properties for display 1.
  • Di jendela properties, klik List All Modes dibawah tab Adapter.
  • Di jendela List All Modes, pilih mode yang anda inginkan dan klik OK untuk menyimpan perubahan.




4. Nonaktifkan V-Sync


V-Sync adalah sebuah fitur di Windows yang memastikan stabilitas dengan menyinkronkan image frame rate atau kecepatan frame rate aplikasi atau game dengan kecepatan refresh rate monitor. Terkadang, pengguna mungkin mengalami kesulitan untuk menyesuaikan kecepatan refresh rate perangkat mereka saat V-Sync diaktifkan. Untuk mengatasi masalah tersebut, cobalah untuk menonaktifkan V-Sync dan periksa apakah masalah ini dapat diperbaiki.




5. Buat perubahan dalam Safe Mode


Memboot komputer anda dalam Safe Mode akan memastikan bahwa system operasi anda dimuat dengan file system dan driver perangkat minimal, tanpa program atau add-on yang berjalan. Dengan cara ini, apapun yang mengganggu pengaturan Display anda dapat dihentikan. Berikut adalah cara untuk melakukan Safe Mode.

  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik msconfig dan tekan Enter untuk membuka System Configuration.
  • Di jendela System Configuration, alihkan ke tab Boot.
  • Kemudian beri ceklist pada opsi Safe Boot dan pilih opsi Network.
  • Setelah itu, klik Apply dan OK untuk menyimpan perubahan.


  • Sekarang restart komputer anda.
  • Ini akan memboot komputer anda ke Safe Mode.
  • Sekarang, ubah Refresh rate monitor anda.


Jika masih tidak bisa, maka buka Task Manager dengan menekan tombol Ctrl + Shift + Esc dan periksa service dan program startup mana yang dimuat. Kemudian, hentikan service dan program tersebut. Atau anda dapat menguninstallnya karena kemungkinan besar, salah satu service atau program tersebut yang menyebabkan masalah ini.


Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki tidak dapat mengubah refresh rate monitor di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Memperbaiki Tidak Dapat Mengubah Refresh Rate Monitor di Windows 10/11"