Widget HTML Atas

Apa itu VSync dan Haruskah Mengaktifkan atau Menonaktifkannya?

 


Jika anda menggunakan aplikasi atau permainan 3D, anda mungkin menemukan opsi aneh di pengaturan video. Biasanya disebut dengan vertical sync atau VSync, dan fungsinya tidak langsung jelas. Jadi mengapa opsi tersebut harus ada dan apa fungsinya? Apa bentuknya?


Lebih penting lagi, haruskah anda mengaktifkan atau menonaktifnya? Saya disini untuk memberitahu anda.



Apa yang Dilakukan VSync


Untuk memulai, mari kita lihat bagaimana graphic diproses di komputer anda. Komputer atau laptop anda memiliki cara untuk menampilkan grafik ke layar. Ini dapat berupa graphic yang terintegrasi dalam prosesor anda atau graphics card independen. Tugas utama prosesor graphic adalah "melukis" visual ke layar. Alasan anda dapat membaca artikel ini adalah karena prosesor graphic memberitahu layar anda untuk menggambarnya.


Saat anda memberi tahu prosesor graphic anda untuk merender pemandangan 3D, itu akan memproses gambar penuh, atau "frame" secepat mungkin. Ini kemudian memberikan frame ini ke monitor untuk diproses. Hasilnya adalah efek seperti slideshow dari frame rapid-fire yang memberikan tampilan animasi, seperti flipbook. Tingkat dimana prosesor graphic dapat mengeluarkan frame disebut frames per second atau singkatnya FPS. Semakin banyak frame yang dapat dihasilkan prosesor grafis anda, game anda akan terlihat semakin mulus.


Layar anda selalu berusaha mengikuti frame yang dihasilkan prosesor graphic anda. Jumlah maksimum frame yang dapat ditampilkannya digambarkan dalam kecepatan refreshnya, yang biasanya ditentukan dalam frekuensi atau Hz. Rasionya 1 : 1, jadi monitor pada 60Hz dapat menampilkan hingga 60FPS. Refresh rate dinyatakan dalam daftar produk seperti gambar berikut.





Saat Mereka Bertentangan


Masalah dimulai saat prosesor graphic anda mulai mengeluarkan lebih banyak frame daripada yang dapat ditangani monitor anda, seperti 100FPS pada monitor 60Hz. Monitor anda mungkin kesulitan untuk mengikuti arus dan akhirnya tidak sinkron antara kedua frame. Ini disebut Screen Tearing, dimana gambar tampak "terpotong dua".




Di sinilah VSync berperan. VSync bertujuan untuk mencocokkan frame prosesor graphic dengan kecepatan refresh monitor untuk memperbaiki masalah sinkronisasi apapun. Ini biasanya dilakukan dengan freezing engine game atau buffering frame hingga monitor siap untuk mengeluarkan frame berikutnya.



Keuntungan VSync


Seperti yang dinyatakan, VSync patut dicoba jika anda mengalami screen tearing. Ini akan membawa prosesor graphic anda ke level yang sama dengan monitor anda dan akan memungkinkan mereka bekerja lebih baik secara serempak, sehingga menghilangkan screen tearing ketika dilakukan dengan benar.


Ini juga dapat berguna dalam aplikasi (seperti game yang sangat lama) dimana prosesor graphic anda sangat memenuhi permintaan graphic. Karena prosesor graphic bekerja secepat mungkin, rendering adegan lama dapat menghasilkan frekuensi gambar yang sangat tinggi. Hal ini dapat menyebabkan prosesor graphic anda menjadi terlalu panas, karena menghasilkan frame dengan kecepatan yang sangat cepat. Mengaktifkan VSync akan membatasi FPS ke kecepatan refresh monitor dan menghentikan beban berlebihan pada prosesor graphic.



Kekurangan VSync


Karena VSync membuat frame menunggu saat monitor siap, ini dapat menyebabkan masalah. Anda mungkin menemukan bahwa input anda, seperti penekanan tombol dan klik mouse, sedikit tertunda. Ini bisa berakibat fatal dalam game yang membutuhkan reaksi refleks dan cepat untuk bermain. Ada beberapa teknologi yang dikembangkan untuk VSync untuk membantu mengurangi kelambatan ini, namun perlu diingat jika anda mengaktifkan VSync dan melihat tindakan anda kurang responsif dari sebelumnya.


VSync bagus jika frekuensi gambar melebihi kecepatan refresh monitor. Namun, jika anda tiba di momen graphic yang intens dan frekuensi gambar turun di bawah kecepatan prefresh, graphic card akan menurunkannya lebih jauh untuk menyesuaikan dengan preferensi monitor. Hasilnya adalah penurunan frekuensi gambar yang lebih besar selama momen-momen intens. Teknologi seperti Triple Buffering dapat membantu mencegah hal ini, tetapi ini mungkin bukan opsi yang dapat diakses semua orang.



Berbagai Jenis VSync


Deskripsi di atas merujuk ke fungsi VSync default yang telah ada selama bertahun-tahun di PC. Namun, baru-baru ini, powerhouse hardware industri game mulai datang dengan bentuk VSync yang baru dan lebih baik yang meniadakan beberapa masalah tersebut. Inilah yang perlu anda ketahui tentang mereka:



1. Nvidia Adaptive VSync


Adaptive sync adalah fitur eksklusif untuk Nvidia (dapat ditemukan di aplikasi Settings Nvidia). Ini menggunakan VSync ketika frame rate anda melebihi kecepatan refresh monitor anda, tetapi kemudian langsung mematikannya setiap kali fps anda turun di bawah kecepatan refresh monitor anda. Ini berarti anda tidak akan tersendat karena penurunan FPS yang super cepat, namun sangat tajam, yang disebabkan oleh VSync standar, yang sangat penting, terutama saat bermain game online.


2. Nvidia Smooth VSync


Smooth VSync adalah eksklusif Nvidia lainnya. Fitur ini menentukan frame rate apa yang dapat dijalankan game anda secara stabil, kemudian mempertahankan frame rate disana, menaikkannya hanya ketika ia tahu bahwa GPU anda dapat mempertahankan frame rate yang lebih tinggi tanpa turun.



3. Nvidia G-Sync


Teknologi inovatif ini keluar beberapa tahun yang lalu dan melakukan pekerjaan cerdas dalam mengadaptasi kecepatan refresh monitor anda ke framerate game anda. Hasilnya adalah pengalaman bermain game yang benar-benar mulus (jika GPU anda dapat mengatasinya), tanpa screen tearing, stuttering (penurunan fps secara drastis), latency (keterlambatan input) atau penurunan FPS tajam yang menyertai VSync standar. Hasil tangkapannya adalah anda memerlukan monitor berkemampuan G-Sync dan Nvidia GPU untuk menggunakannya.



4. AMD FreeSync


Lihat gambar dibawah. Ini adalah jawaban langsung AMD untuk Nvidia G-Sync. Meskipun hasilnya bagus, anda memerlukan monitor berkemampuan FreeSync dan GPU AMD untuk memanfaatkan FreeSync.





5. AMD Enhanced Sync


Menggunakan beberapa teknologi FreeSync dan menerapkannya pada monitor yang tidak mendukung FreeSync, Enhanced Sync memprioritaskan pengalaman bermain game yang mulus dan akan memungkinkan screen tearing sesekali untuk mencegah stuttering yang dapat diakibatkan oleh VSync biasa. Ada sedikit lebih banyak screen tearing daripada Vsync tetapi lebih sedikit stuttering. Itu semua tergantung pada prioritas anda!



Haruskah Saya Mengaktifkan atau Menonaktifkan VSync?


Seperti yang anda lihat, ini sangat banyak kasus per kasus. Secara umum, jika prosesor graphic anda merender lebih banyak frame daripada yang dapat ditampilkan monitor, ini dapat menyebabkan panas berlebih dan screen tearing. Coba aktifkan VSync baik melalui software atau pengaturan prosesor graphic anda untuk menenangkan segalanya.




Namun, jika frekuensi gambar di bawah kecepatan refresh monitor anda, ada sedikit alasan untuk mengaktifkannya. Tidak ada kerusakan atau pemrosesan berlebihan yang harus diperbaiki, jadi satu-satunya efek yang dimiliki VSync adalah berpotensi memperburuk frekuensi gambar anda dan menyebabkan input lag. Dalam hal ini, yang terbaik adalah membiarkannya.


Tentu saja, mengingat betapa mudahnya mengaktifkan dan menonaktifkan VSync, ada baiknya mencoba keduanya. Sekarang setelah anda mengetahui lebih banyak tentang cara kerja VSync, anda dapat membuat keputusan yang lebih cerdas tentang apakah akan mengaktifkannya atau tidak. Anda juga perlu memeriksa apakah paket graphic anda dilengkapi dengan penyempurnaan tambahan; misalnya, Adaptive VSync Nvidia bertujuan untuk mencapai yang terbaik dari kedua dunia.



Untuk Menyinkronkan atau Tidak Menyinkronkan


Jika digunakan dengan benar, VSync dapat membantu mengatasi masalah dan menjaga prosesor graphic anda tidak terlalu panas. Jika digunakan secara tidak benar, ini dapat merusak FPS anda dan menyebabkan input lag tanpa manfaat. Sekarang anda tahu apa yang dilakukan VSync dan kapan harus mengaktifkannya.


Setelah anda sudah mengetahui VSync, bagaimana kalau anda membaca tutorial saya tentang apa itu HDR dan mana yang harus anda cari? atau memperbaiki masalah resolusi layar di Windows 10.


Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat untuk anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda diabwah ini untuk berbagi pengalaman dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

No comments for "Apa itu VSync dan Haruskah Mengaktifkan atau Menonaktifkannya?"