Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menghubungkan Laptop ke TV (atau Monitor Eksternal)



Di zaman ketika kita memiliki monitor besar dan bahkan TV yang lebih besar yang dapat dihubungkan ke laptop anda dengan berbagai cara, rasanya sia-sia jika tidak menggunakannya untuk memperluas tampilan laptop anda. Disini saya akan menunjukkan cara menghubungkan laptop anda ke TV atau monitor eksternal.



HDMI


Cara paling umum untuk menyambungkan laptop modern yang bahkan jauh ke TV modern sekalipun adalah melalui kabel HDMI. Jangan main-main dengan konektor berlapis emas yang aneh atau semacamnya. Jika anda hanya ingin menghasilkan dalam resolusi HD, kabel HDMI apapun bisa digunakan, tetapi ada beberapa hal kecil tambahan yang dapat anda pertimbangkan saat melihat kabel HDMI.




  • Jika anda menggunakan Mac, anda memerlukan kabel atau adaptor Thunderbolt ke HDMI.

  • Laptop berukuran kecil seperti Microsoft Surface Go atau Lenovo Chromebook Duet tidak memiliki port HDMI, sehingga memerlukan adaptor atau kabel USB-C ke HDMI.


Setelah laptop anda terhubung ke monitor eksternal anda, di Windows 10 anda dapat menggunakan tombol keyboard Win + P untuk memilih layar kedua anda.




Di macOS, tekan CMD + F2 untuk mirroring display anda. Anda juga dapat menekan Option + F2 untuk menampilkan opsi display.



HDMI 2.0 dan HDR


HDR atau High Dynamic Range, adalah pengembangan dalam teknologi layar yang menawarkan highlight lebih terang, contrast lebih tinggi dan color gamut lebih luas.




Jika laptop anda memiliki GPU di dalamnya yang mendukung HDR, dan monitor atau TV anda juga mendukung HDR (sebagian besar layar 4K mendukung, tetapi yang 1080p tidak) maka dengan kabel HDMI, anda mungkin dapat menggunakan HDR mode setelah laptop anda terhubung ke layar anda. Namun ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan:


  • Beli kabel HDMI 2.0 atau HDMI 2.1, yang akan mampu menjalankan resolusi 4K pada 60Hz dengan HDR diaktifkan. Kabel biasa (HDMI 1.4) hanya akan menghasilkan 4K pada 30Hz.

  • Pastikan anda mencolokkan kabel HDMI 2.0 ke port yang kompatibel dengan HDR di TV anda. Ini harus diberi label seperti itu.


Setelah anda menyambungkan laptop ke monitor atau port HDMI TV yang kompatibel dengan HDR, anda mungkin perlu mengaktifkan sinyal HDR menggunakan remote TV dan juga mengaktifkan HDR mode di Windows 10.


Untuk melakukan ini, buka Settings (Win + I) dan pilih System. Di jendela System, pilih Display settings dan klik Windows HD Color di panel kanan. Pilih display yang kompatibel dengan HDR di bawah Choose display, kemudian klik Use HDR untuk mengaktifkannya.





Hubungkan Laptop ke Monitor atau TV Nirkabel


Anda mungkin sudah tahu tentang streaming dari laptop ke TV anda dan jika anda tidak memiliki smart TV, ada beberapa perangkat terjangkau yang pada dasarnya mengubah TV anda menjadi smart dan memungkinkan anda mirroring display laptop ke TV anda. Di hampir semua kasus, laptop dan TV atau perangkat streaming anda harus berada di jaringan Wi-Fi yang sama agar dapat terhubung satu sama lain.


Setelah anda menyambungkan salah satu perangkat ini (atau jika anda memiliki TV dengan streaming bawaan, seperti Android TV dengan Chromecast yang terintegrasi), anda dapat menggunakan browser seperti Chrome atau Edge untuk mentransmisikan browser atau seluruh desktop anda.


Di Chrome, klik ikon menu tiga titik di kanan atas - Cast, kemudian pilih yang ingin anda transmisikan.




Di Edge, klik ikon menu tiga titik - More tools - Transmisikan media ke perangkat



Screen Mirroring


Smart TV tertentu akan memiliki opsi "screen mirroring" yang dapat anda gunakan (yang diintegrasikan Android TV ke dalam opsi Google Cast). Anda harus dapat mengakses pengaturan ini menggunakan remote TV anda. (Di Samsung Smart TV, misalnya, anda akan menemukannya di Sources).



Miracast


Jika TV atau monitor anda kompatibel dengan Miracast, akan cukup mudah untuk menyambungkannya ke laptop yang menjalankan Windows 10. Pastikan laptop dan TV anda dihidupkan dan terhubung ke Wi-Fi, kemudian klik tombol notifikasi di pojok kanan bawah.


Setelah itu, klik Project - Connect to a wireless display dan tunggu display berkemampuan Miracast anda muncul sebagai opsi.


Itu tentang mencakupnya untuk menghubungkan laptop anda ke monitor atau TV. Untuk lebih banyak tips terkait monitor eksternal, lihat tutorial saya lainnya tentang cara menghubungkan layar Laptop sebagai monitor eksternal di Windows 10 atau cara menggunakan multi monitor di Windows 10.


Sekian tutorial kali ini, semoga bermanfaat untuk anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pengalaman dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Cara Menghubungkan Laptop ke TV (atau Monitor Eksternal)"