Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki GPEDIT Tidak Menampilkan Administrative Templates di Windows 10/11

 


Group Policy Editor atau GPEDIT merupakan snap-in Microsoft Management Console yang memungkinkan anda untuk dengan mudah mengubah berbagai pengaturan lanjutan terkait dengan system operasi, pengguna dan aplikasi. Dengan hanya beberapa klik, anda dapat mengelola konfigurasi ini secara sentral dan efisien.


Jika Local Group Policy Editor tidak menampilkan Administrative Templates di PC Windows 10 atau Windows 11 anda, maka berikut cara memperbaiki masalah tersebut. Mungkin ada beberapa alasan yang menyebabkan masalah ini, termasuk file system yang rusak atau hilang, bug atau error dan lainnya. Di artikel ini, saya telah mengumpulkan beberapa alasan dan solusi umum sehingga anda dapat memecahkan masalah tersebut dan mulai mengubah pengaturan anda dari Group Policy Editor.



Memperbaiki GPEDIT Tidak Menampilkan Administrative Templates


Jika Group Policy Editor tidak menampilkan Administrative Templates di Windows 10 atau Windows 11 anda, maka ikuti beberapa solusi berikut ini untuk memperbaikinya.



1. Buat Central Store


Ini adalah masalah yang sangat umum di beberapa organisasi dimana banyak komputer dihubungkan ke satu komputer sumber. Jika anda adalah administrator dan pengguna anda tidak dapat menemukan Administrative Templates di Local Group Policy Editor, maka anda perlu membuat Central Store. Ini membantu anda memberikan pengaturan Group Policy kepada semua pengguna.


Perlu anda perhatikan saat anda membuat Central Store adalah anda perlu mendownload file Administrative Templates terlebih dahulu. Dan yang terpenting adalah anda harus mendownload templatenya sesuai dengan versi Windows anda.


Untuk melakukan itu semua, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik winver dan tekan Enter. Ini akan memberikan anda rincian versi Windows anda.
  • Setelah anda mengetahui versi Windows anda, download Administrative Templates anda dari website Microsoft sesuai dengan versi Windows anda.
  • Setelah itu, navigasikan ke path berikut ini.
\\Domain-Name\SYSVOL\Domain-Name\Policies\PolicyDefinitions
  • Disini anda perlu membuat folder bernama PolicyDefinitions.


  • Setelah itu, pergi ke path berikut dibawah ini.
C:\Windows\PolicyDefinitions
  • Kemudian, copy semua file dan folder yang ada di folder PolicyDefinitions.


Harap dicatat bahwa jika anda telah mendownload Administrator Templates secara manual dan menginstallnya, maka anda dapat menemukannya di lokasi berikut ini.
C:\Program Files (x86)\Microsoft Group Policy\windows-version\PolicyDefinitions


  • Setelah itu, pergi ke folder PolicyDefinitions yang anda buat di path yang pertama diatas dan paste konten yang baru saja anda copy.

Setelah anda melakukan itu, anda dapat menemukan Administrative Templates di setiap komputer.


2. Jalankan System File Checker

Jika komputer anda tidak terhubung ke organisasi atau domain manapun, namun anda masih tidak dapat menemukan Administrative Templates di Group Policy Editor anda, maka anda harus tahu bahwa masalah ini mungkin terjadi karena file system yang rusak atau hilang. Itulah alasan mengapa anda harus menggunakan System File Checker (SFC) karena ini akan membantu anda memperbaiki file-file tersebut secara otomatis. Anda dapat mengikuti panduan di artikel ini untuk menjalankan System File Checker di Windows 10 atau Windows 11 anda.



3. Uninstall Update yang Baru Diinstall

Jika anda mengalami masalah ini pada Insider build setelah menginstall update, maka anda dapat mencoba menguninstall update dengan mengikuti salah satu metode di artikel ini. Terkadang, mungkin ada error yang menghalangi anda menggunakan Administrative Templates di Local Group Policy Editor.



4. Install Templates ADMX Secara Manual

Jika Administrative Templates tidak ada sama sekali di komputer anda, maka anda dapat menginstall template ADMX secara manual. Dimungkinkan untuk menginstall template secara manual di setiap komputer kecuali Windows Home Edition. Terkadang, ada baiknya anda juga perlu mengupdate template yang ada.



Semoga membantu anda!

Sekian tutorial saya kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki GPEDIT tidak menampilkan Administrative Templates di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. STAY SAFE & KEEP HEALTHY!!

Post a Comment for "Memperbaiki GPEDIT Tidak Menampilkan Administrative Templates di Windows 10/11"