Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Error 0x8a15005e, The server certificate did not match any of the expected values

 


Pada artikel ini, kita akan melihat cara memperbaiki error code 0x8a15005e dengan pesan error The server certificate did not match any of the expected values. Masalah ini terjadi ketika pengguna mencoba menggunakan tool WinGet untuk mengupdate atau menginstall aplikasi dari Microsoft Store melalui Command Prompt atau Windows PowerShell. Misalnya, beberapa pengguna mendapatkan error saat mencari software di Microsoft Store menggunakan perintah winget.


Pesan error yang muncul akan terlihat seperti berikut ini.

Failed when opening source(s); try the ‘source reset’ command if the problem persists.

An unexpected error occurred while executing the command:

0x8a15005e : The server certificate did not match any of the expected values.



Microsoft menambahkan certificate pinning di WinGet untuk memberikan lapisan keamanan tambahan guna memastikan bahwa pengguna terhubung ke titik akhir Microsoft Store yang sebenarnya untuk tujuan otentikasi.



Penyebabkan Error 0x8a15005e


Ada beberapa kemungkinan penyebab error 0x8a15005e. Berikut adalah beberapa penyebab utama error 0x8a15005e.

  • Jika anda menginstall ulang system operasi Windows atau ada masalah jaringan, anda mungkin mendapatkan error tersebut.
  • Selain itu, file system yang rusak dan masalah update Windows dapat memicu error tersebut.
  • Jika anda mengakses Windows Terminal, Command Prompt atau Windows PowerShell tanpa hak administrator saat menjalankan perintah WinGet, maka anda mungkin mendapatkan pesan error ini.


Itulah penyebab utama error The server certificate did not match any of the expected values di Windows 10 atau Windows 11 anda dan untuk memperbaikinya, anda dapat melihat beberapa solusi yang disediakan di artikel ini untuk memperbaikinya.



Memperbaiki Error 0x8a15005e, The server certificate did not match any of the expected values


Untuk memperbaiki error 0x8a15005e, The server certificate did not match any of the expected values saat menjalankan perintah WinGet untuk mengupdate atau menginstall aplikasi di Microsoft Store, maka coba beberapa solusi berikut ini untuk memperbaiki masalah.



1. Tutup Jendela Command Line dan Restart Komputer Anda


Merestart komputer anda adalah solusi pertama untuk memperbaiki masalah terkait masalah sementara yang terjadi secara tidak terduga pada komputer dan program. Dalam hal ini, jika anda menggunakan Command Prompt atau PowerShell dan mengalami hambatan sementara, maka masalah tersebut akan teratasi dan anda tidak akan mendapatkan error saat menjalankan perintah WinGet.



2. Buka Windows Terminal, Command Prompt atau PowerShell dengan Hak Administrator


Kurangnya hak akses yang diperlukan dapat memicu error. Jadi, anda perlu menginstall atau mengupdate aplikasi menggunakan perintah WinGet dengan hak administrator. Untuk melakukan ini, anda perlu Windows PowerShell atau Command Prompt dengan hak admin.

  • Untuk membuka Command Prompt dengan hak admin, anda dapat menekan tombol Win + R, kemudian ketik cmd dan tekan Ctrl + Shift + Enter.
  • Sementara untuk membuka PowerShell dengan hak admin, klik kanan pada Start Menu dan pilih Windows PowerShell (Admin). Anda juga dapat mencarinya di Start Menu, kemudian klik kanan padanya dan pilih Run as administartor.

Setelah itu, coba jalankan perintah dan lihat apakah masalahnya telah teratasi.




3. Jalankan Command Line BypassCertificatePinning di WinGet


Menjalankan perintah untuk bypass certificate pinning memastikan bahwa administrator diizinkan untuk menjalankan perintah. Untuk menjalankan perintah BypassCertificatePinning di WinGet, ikuti langkah-langkah berikut dibawah ini.

  • Buka Windows PowerShell dengan hak administrator. Atau buka Windows Terminal dengan hak administrator dan pilih PowerShell.
  • Di jendela PowerShell, masukan perintah berikut dan tekan Enter.
WinGet Settings --Enable BypassCertificatePinningForMicrosoftStore


  • Tunggu hingga PowerShell menyelesaikan prosesnya. Anda akan melihat pemberitahuan Enabled admin setting dimana itu memberitahu anda bahwa pengaturan admin diaktifkan.
  • Setelah itu, restart komputer anda.

Sekarang, anda dapat menjalankan kembali perintah WinGet. Error 0x8a15005e sekarang harusnya diperbaiki.

Catatan: Bypass certificate pinning tidak disarankan karena ini merupakan fitur keamanan. Namun, jika anda ditargetkan secara khusus, hal ini tidak akan menimbulkan masalah keamanan apapun. Karena itu, saya menyarankan untuk menonaktifkan pengaturan bypass setelah anda selesai menjalankan perintah WinGet dengan menjalankan perintah berikut ini.

WinGet Settings --Disable BypassCertificatePinningForMicrosoftStore


4. Perbaiki File System yang Rusak

Memperbaiki file system yang rusak dapat memperbaiki error The server certificate did not match any of the expected values jika beberapa file system yang menjadi tempat bergantung WinGet rusak atau hilang. Untuk melakukan ini, pertama-tama jalankan scan System File Check (SFC). Jika muncul error, jalankan tool Deployment Image Servicing and Management (DISM) untuk memperbaiki file system lebih lanjut.



5. Periksa Update System

Terakhir, pastikan system Windows anda terupdate. Periksa juga apakah anda menjalankan aplikasi  Windows Terminal yang sudah out of date. Secara default, Windows menjalankan update secara otomatis kapanpun tersedia. Namun, anda dapat memeriksa Optional updates di Windows Update.



Saya berharap salah satu solusinya berhasil untuk anda.

Sekian tutorial saya kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki Error 0x8a15005e, The server certificate did not match any of the expected values di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. STAY SAFE & KEEP HEALTHY!!

Post a Comment for "Memperbaiki Error 0x8a15005e, The server certificate did not match any of the expected values"