Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Error 0x8007370a Windows Update di Windows 10/11

 


Beberapa pengguna Windows melihat error 0x8007370a saat mencoba menginstall update terkini untuk system operasi mereka. Pesan error muncul saat menginstall Cumulative Updates Windows. Dalam artikel ini, saya akan membahaserror ini dan melihat apa yang dapat anda lakukan untuk mengatasi masalah tersebut.


Error code 0x8007370A Windows Update ini, merupakan ERROR_SXS_INVALID_IDENTITY_ATTRIBUTE_VALUE yang berarti nilai atribut pada identitas tidak berada dalam rentang yang valid. Dalam hal ini, anda harus mereset atau memperbaiki Windows Update component.



Memperbaiki Error 0x8007370a Windows Update


Jika anda mendapatkan error 0x8007370a saat menginstall update Windows 10 atau Windows 11, maka ikuti beberapa solusi dibawah ini untuk menyelesaikan masalah tersebut.



1. Jalankan Windows Update Troubleshooter


Hal pertama yang perlu anda lakukan jika anda mendapatkan error Windows Update adalah menjalankan troubleshooter terkait. Windows Update Troubleshooter adalah utilitas bawaan yang akan menscan file terkait dan kemudian memperbaiki yang rusak. Anda harus mengikuti petunjuk di layar untuk menyelesaikan tugas.


Untuk menjalankan Windows Update Troubleshooter di Windows 10 atau Windows 11 anda, ikuti langkah-langkah berikut ini.


Di Windows 10:

  • Buka Settings Windows dengan menekan tombol Win + I dan pilih Update & Security di jendela Settings.
  • Selanjutnya, pilih Troubleshoot di panel kiri dan kemudian klik Additional troubleshooters di panel kanan.
  • Di halaman berikutnya, klik Windows Update diikuti dengan mengklik Run the troubleshooter di panel kanan untuk membuka troubleshooter.
  • Jendela troubleshooter akan terbuka. Ikuti petunjuk yang di tampilkan dan biarkan proses troubleshooter berjalan hingga selesai.



Di Windows 11:

  • Buka Settings Windows dengan menekan tombol Win + I.
  • Di jendela Settings, klik System di panel kiri dan kemudian klik Troubleshoot di panel kanan.
  • Di halaman berikutnya, klik Other troubleshooters di panel kanan.
  • Selanjutnya di panel kanan, klik Run di samping Windows Update untuk membuka jendela troubleshooter.
  • Troubleshooter akan melakukan tugasnya. Biarkan hingga selesai.




2. Hapus Cache Windows Update


Anda mungkin mendapatkan error ini jika cache Windows Update rusak. Cache disimpan secara lokal di komputer anda di folder SoftwareDistribution. Menghapus cache tidak akan berpengaruh apapun pada komputer anda. Untuk menghapus cache Windows Update, ikuti langkah-langkah yang disebutkan dibawah ini.

  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik cmd dan tekan Ctrl + Shift + Enter untuk membuka Command Prompt dengan hak administrator. Atau anda dapat membuka Windows Terminal dengan hak admin dan memilih Command Prompt.
  • Di jendela Command Prompt, masukan perintah berikut ini dan tekan Enter.
net stop wuauserv
net stop bits
  • Ini akan menghentikan service Windows Update dan Background Intelligent Transfer Service.
  • Sekarang buka folder berikut ini.
C:\Windows\SoftwareDistribution
  • Di lokasi, hapus semua file dan folder yang ada di dalamnya. Anda dapat menekan Ctrl + A untuk memilih semua dan tekan Delete.


  • Setelah anda mengosongkan folder ini, anda dapat merestart komputer anda atau anda menjalankan perintah berikut satu per satu di Command Prompt dengan hak admin untuk menjalankan kembali kedua service yang anda hentikan sebelumnya.
net start wuauserv
net start bits


Sekarang coba update kembali Windows anda dan semoga error telah diperbaiki.


3. Reset Windows Update Component

Seperti yang telah di jelaskan diatas bahwa error ini dapat terjadi jika Windows Update component rusak. Untuk memperbaikinya, anda erlu mereset Windows Update component di system anda secara manual atau menggunakan Reset Windows Update Tool untuk meresetnya secara otomatis.



4. Perbaiki Windows Update Menggunakan Tool DISM

Anda harus menjalankan tool Deployment Image Servicing and Management (DISM) untuk memperbaiki component store anda. Namun, jika klien Windows Update anda sudah rusak, maka anda akan diminta untuk menggunakan media instalasi Windows sebagai sumber perbaikan atau menggunakan folder Windows berdampingan dari jaringan berbagi, sebagai sumber file.


Setelah anda menjalankan perintah DISM, itu akan membuat file CBS.log dan mencatat masalah apapun yang ditemukan atau diperbaiki oleh tool tersebut. Anda dapat memeriksanya.

Setelah itu, anda dapat menjalankan kembali Windows Update dan lihat apakah itu membantu.


Mudah-mudahan, ini akan melakukan pekerjaan untuk anda.

Sekian tutorial saya kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki error 0x8007370a Windows Update di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. STAY SAFE & KEEP HEALTHY!!

Post a Comment for "Memperbaiki Error 0x8007370a Windows Update di Windows 10/11"