Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Tidak Dapat Klik Kanan pada Desktop di Windows 10/11

 


Jika anda tidak dapat mengklik kanan desktop di Windows 10 atau Windows 11, maka anda dapat mengikuti beberapa metode pemecahan masalah berikut untuk mencoba memperbaiki masalah tersebut. Masalah ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk malware, adware, pengaturan yang salah atau hal lainnya. Berikut adalah beberapa solusi yang dapat anda coba.



Memperbaiki Tidak Dapat Klik Kanan pada Desktop


Jika anda tidak dapat mengklik kanan desktop di Windows 10 atau Windows 11, ikuti saran berikut dibawah ini.



1. Periksa Mouse


Hal pertama yang perlu anda lakukan adalah memastikan apakah mouse anda mengalami masalah dengan tombolnya atau tidak. Jika klik kanan pada mouse bermasalah, maka upaya memperbaikinya di komputer bisa menjadi percuma. Tidak masalah apakah anda menggunakan mouse berkabel atau wireless; anda dapat mencoba menghubungkannya ke komputer lain atau membuka program lain di PC anda untuk memeriksa apakah tombol klik kanan berfungsi atau tidak. Dengan demikian, anda dapat mengisolasi apakah masalahnya ada pada mouse itu sendiri atau terkait dengan komputer atau program yang sedang anda gunakan.


Jika mouse anda tidak bermasalah, baru ikuti solusi lain dibawah ini. Namun jika bermasalah, maka anda perlu memperbaiki mouse anda dan bukan komputer anda. Anda perlu memeriksa trackpad jika anda menggunakan laptop dan tidak dapat mengklik kanan pada desktop.



2. Restart File Explorer


Jika ada bug yang menyebabkan masalah ini pada PC Windows 10 atau Windows 11 anda, anda dapat merestart proses Windows Explorer melalui Task Manager. Untuk itu, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Tekan tombol Ctrl + Shift + Esc untuk membuka Task Manager.
  • Di jendela Task Manager, pastikan anda berada di tab Processes.
  • Kemudian, pilih atau klik kanan pada Windows Explorer dan klik Restart.



Setelah itu, tutup Task Manager dan periksa apakah itu menyelesaikan masalah anda atau tidak.



3. Periksa Add-on Explorer


Add-on yang terinstall biasanya adalah biang keladinya. Jadi, periksa apakah anda telah menginstall helper atau add-on apapun ke Explorer anda. Jika ada, maka uninstall atau nonaktifkan mereka. Seringkali, bahkan ekstensi shell pihak ketiga juga dapat menyebabkan Explorer crash pada tindakan tertentu. Beberapa program menambahkan item ke menu konteks klik kanan. Untuk melihatnya secara detail, anda dapat menggunakan utilitas freeware ShellExView.



Utilitas tersebut akan memungkinkan anda melihat dan menonaktifkan ekstensi shell pihak ketiga yang dicurigai. Dengan menggunakan metode trial & error, anda dapat menonaktifkan atau mengaktifkan ekstensi untuk mencoba dan mengidentifikasi jika ada yang menyebabkan masalah. ShellExView juga dapat digunakan untuk memecahkan masalah menu konteks di Explorer lainnya.



4 Periksa Pengaturan Menu Konteks Default File Explorer


Pada Group Policy Editor, terdapat pengaturan khusus yang memungkinkan anda untuk mengaktifkan atau menonaktifkan menu konteks di Explorer. Perlu diingat bahwa jika anda secara tidak sengaja menonaktifkan pengaturan ini, bisa timbul masalah pada komputer anda. Oleh karena itu, penting untuk memverifikasi pengaturan kebijakan di Group Policy Editor. Namun metode ini bukan untuk pengguna Windows edisi Home. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik gpedit.msc dan Enter untuk membuka Group Policy Editor.
  • Di jendela Local Group Policy Editor, telusuri jalur berikut dibawah ini.
User Configuration - Administrative Templates - Windows Components - File Explorer
  • Di lokasi, klik dobel pada kebijakan Remove File Explorer’s default context menu di panel kanan.


  • Di jendela edit kebijakan, pilih opsi Not Configured.
  • Kemudian klik Apply dan OK untuk menyimpan pengaturan anda.


Setelah itu, tutup semua jendela dan periksa apakah anda dapat mengklik kanan pada desktop anda atau tidak.


5. Aktifkan Menu Konteks Menggunakan Registry Editor

Dimungkinkan juga untuk mengaktifkan atau menonaktifkan menu konteks di File Explorer menggunakan Registry Editor. Jika anda telah mengubah pengaturan dimasa lalu, maka anda akan menghadapi masalah klik kanan pada PC anda. Oleh karena itu, ikuti langkah-langkah berikut ini untuk memverifikasi registry anda. Pastikan untuk membackup registry atau membuat system restore point terlebih dahulu sebelum mengikuti langkah-langkah dibawah ini.
  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik regedit dan tekan Enter untuk membuka Registry Editor.
  • Di jendela Registry Editor, telusuri jalur berikut dibawah ini.
HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\Explorer
  • Kemudian temukan DWORD NoViewContextMenu di panel kanan. Jika anda tidak dapat menemukan DWORD NoViewContextMenu, anda harus membuatnya secara manual. Untuk itu, klik kanan pada keyreg Explorer atau ruang kosong di panel kanan, kemudian pilih New - DWORD (32-bit) Value dan beri nama dengan NoViewContextMenu.


  • Setelah itu, klik dobel pada DWORD NoViewContextMenu.
  • Di jendela edit DWORD, ubah Value data menjadi 0 (nol) dan klik OK untuk menyimpan pengaturan anda.
  • Setelah itu, tutup Registry Editor dan restart komputer anda.



6. Nonaktifkan Tablet Mode

Jika anda telah mengaktifkan Tablet mode di Windows 10 atau Windows 11, maka anda mungkin menghadapi masalah ini di PC anda. Terkadang, klik kanan tidak berfungsi dalam Tablet mode. Ikuti langkah-langkah dibawah ini untuk menonaktifkan Tablet mode.

Di Windows 10:
  • Buka Settings Windows dengan menekan tombol Win + I.
  • Di jendela Settings, pilih System.
  • Selanjutnya, klik Tablet di panel kiri dan klik Change additional tablet settings.
  • Selanjutnya, nonaktifkan Tablet mode ke Off.


Di Windows 11:
  • Tekan tombol Win + I untuk membuka Settings Windows.
  • Di jendela Settings, pilih System di panel kiri dan klik Display di panel kanan.
  • Di halaman berikutnya di panel kanan, anda dapat menemukan dua opsi yang bernama Display orientation dan Rotation lock.
  • Dimungkinkan untuk menonaktifkan rotasi layar otomatis di Windows 11 dengan mengaktifkan opsi Rotation lock.
  • Anda dapat memilih opsi yang sesuai dari menu Display orientation jika anda ingin menampilkan perangkat anda dalam Landscape atau Portrait mode.



7. Install Driver Touchpad

Jika anda mendapatkan masalah ini pada laptop Windows 10 atau Windows 11 anda, maka anda perlu menginstal driver touchpad. Jika anda sudah menginstalnya, pastikan anda mengupdate driver ke versi terbaru.


8. Nonaktifkan Software Mouse Manager

Ada tool mouse manager yang tersedia di pasaran yang membantu anda mengelola tombol atau fungsi mouse anda. Jika tool semacam itu menimbulkan masalah pada PC anda, maka ada kemungkinan anda menghadapi masalah seperti itu. Jika anda telah menginstall software semacam itu sebelumnya, inilah saat yang tepat untuk menguninstallnya. Anda dapat menonaktifkannya untuk sementara dan memeriksa apakah ini menyelesaikan masalah anda atau tidak.


Semoga membantu anda!

Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki tidak dapat klik kanan pada Desktop di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. STAY SAFE & KEEP HEALTHY!!

Post a Comment for "Memperbaiki Tidak Dapat Klik Kanan pada Desktop di Windows 10/11"