Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Error 0xc0000225, The application or operating system couldn’t be loaded

 


Ketika anda mem-boot komputer Windows 10 atau Windows 11, anda mungkin mendapatkan pesan error The application or operating system couldn’t be loaded because a required file is missing or contain errors dengan error code 0xc0000225. Jika demikian, maka artikel ini akan membantu anda memecahkan masalah tersebut.


Saat anda mengalami masalah ini, anda akan melihat blue screen dengan pesan error lengkap seperti berikut ini.

Your PC needs to be repaired

The application or operating system couldn’t be loaded because a required file is missing or contains errors.

File: \Windows\system32\winload.efi

Error code: 0xc0000225

You’ll need to use the recovery tools on your installation media. If you don’t have any installation media (like a disc or USB device), contact your system administrator or PC manufacturer.



Error ini terjadi ketika file boot system \windows\system32\winload.efi hilang atau strukturnya rusak. Biasanya, masalah muncul setelah melakukan update system yang salah, disk atau file system rusak, disk dipartisi ulang menggunakan tool pihak ketiga, mengupdate antivirus, setelah mengkloning image Windows ke drive lain, mengganti motherboard komputer atau perubahan hardware secara signifikan lainnya.


Selain error code 0xc0000225, anda mungkin juga merlihat error code seperti 0xc0000001.



Memperbaiki  Error 0xc0000225, The application or operating system couldn’t be loaded


Untuk memperbaiki error code 0xc0000225 di Windows 10 atau Windows 11 anda, maka ikuti beberapa solusi berikut ini untuk memperbaikinya.


Untuk dapat melakukan perbaikan ini, anda mungkin perlu memboot PC anda dalam Safe Mode atau ke Advanced Startup options untuk dapat melakukan perbaikan. Namun jika anda dapat memboot PC anda dalam normal mode, maka itu lebih baik.



1. Lakukan Automatic Repair


Automatic Startup Repair adalah salah satu utilitas terinstall yang sangat berguna untuk memperbaiki masalah yang terkait dengan pengaktifan. Tidak peduli apapun penyebab masalah yang anda alami, Automatic Repair akan membantu anda memperbaikinya dengan mudah. Jadi, lakukan itu dan lihat apakah itu bekerja untuk anda.




2. Rebuild Master Boot Record


Master Boot Record (MBR) merupakan komponen penting yang bertanggung jawab dalam proses booting komputer anda. Jika terdapat masalah pada MBR, maka komputer anda tidak akan dapat melakukan proses booting dengan baik. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk melakukan perbaikan atau pemulihan MBR guna mengatasi masalah tersebut dan memungkinkan komputer anda dapat melakukan booting secara normal.




3. Jalankan Scan SFC


System File Checker (SFC) merupakan utilitas yang membantu anda memperbaiki file system yang mengalami kerusakan. Jika terdapat masalah yang disebabkan oleh adanya file system yang hilang atau rusak, maka anda dapat menjalankan System File Checker untuk melakukan pemulihan file tersebut. Untuk melakukannya, anda perlu menjalankan System File Checker Offline melalui Advanced Startup. Namun jika anda dapat booting secara normal, maka anda dapat menjalankan perintah sfc /scannow di jendela Command Prompt dengan hak admin.




4. Jadikan Partisi Active


Jika drive C atau drive system offline karena suatu alasan, maka anda harus membuatnya online atau aktif. Untuk itu, anda perlu membuka Command Prompt dari Advanced startup dan jalankan perintah berikut satu per satu. Pastikan anda mengganti tanda # dengan nomor disk atau nomor partisi disk system anda.

Diskpart
List disk
Select disk #
List partition
Select partition #
Active


Setelah semua perintah di jalankan, tutup Command Prompt dan restart komputer anda.


Semoga ini membantu anda!

Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki  error 0xc0000225, The application or operating system couldn’t be loaded di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. STAY SAFE & KEEP HEALTHY!!

Post a Comment for "Memperbaiki Error 0xc0000225, The application or operating system couldn’t be loaded"