Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki SynTPEnh.exe Application Error di Windows 10/11


Proses SynTPEnh.exe pada Windows bertanggung jawab untuk mengendalikan Synaptic Touchpad. Saat proses SynTPEnh.exe mengalami masalah, maka anda mungkin tidak dapat menggunakan komputer dengan sistem operasi Windows secara normal. Beberapa pengguna Windows melaporkan error terkait dengan SynTPEnh.exe saat menggunakan system secara normal dan setelah mengupdate system mereka. Dalam artikel ini, saya akan membahas masalah ini dan memberikan langkah-langkah untuk mengatasi error SynTPEnh.exe ini di Windows 10 atau Windows 11 anda.


Pesan error lengkap saat masalah ini terjadi akan terlihat seperti berikut ini.

SynTPEnh.exe – Application Error

The instruction at Ox0000000140035964 referenced memory at Ox0000000000000010. The memory could not be read.

Click on OK to terminate the program.

Click on CANCEL to debug the program




Apa itu SynTPEnh.exe?


SynTPEnh.exe adalah sebuah proses yang terkait dengan Synaptic Touchpad. Proses ini bekerja bersama dengan driver touchpad untuk memberikan fitur tambahan dan fungsi khusus pada touchpad tersebut. Biasanya, file ini ditempatkan di direktori C:\Program Files\Synaptics\SynTP. SynTPEnh.exe dan tentunya ini hanya akan ada pada laptop yang dilengkapi dengan Synaptic Touchpad.


Proses SynTPEnh.exe bertanggung jawab untuk mengontrol dan mengatur berbagai pengaturan dan fungsi Synaptic Touchpad. Ini memungkinkan pengguna untuk mengatur sensitivitas touchpad, gestur touchpad dan tombol khusus yang terkait dengan touchpad. Fitur-fitur ini memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan penggunaan touchpad sesuai dengan preferensi dan kebutuhan mereka.


Jika terjadi error atau masalah dengan SynTPEnh.exe, maka hal ini dapat mempengaruhi kinerja Synaptic Touchpad. Pengguna mungkin mengalami error aplikasi atau touchpad dan mungkin menyebabkan ia tidak berfungsi dengan benar. Dalam kasus seperti itu, langkah-langkah yang telah dijelaskan sebelumnya dapat diambil untuk mengatasi masalah tersebut.


Penting untuk dicatat bahwa SynTPEnh.exe adalah file system yang sah dan aman jika anda meemukannya di lokasi yang ditentukan dan berasal dari produsen yang tepat. Namun, seperti dengan file system lainnya, ada kemungkinan bahwa file ini dapat disalahgunakan oleh malware atau program jahat. Jadi, jika anda menemukan adanya error atau perilaku yang mencurigakan terkait dengan SynTPEnh.exe, disarankan untuk memeriksa keaslian file tersebut.



Memperbaiki SynTPEnh.exe Application Error di Windows 10/11


Jika anda mendapatkan Application Error yang terkait dengan proses SynTPEnh.exe di Windows 10 atau Windows 11 anda, maka ikuti beberapa solusi yang disebutkan dibawah ini untuk memperbaikinya.



1. Pastikan Service SynTPEnh Berjalan


Langkah pertama untuk menyelesaikan masalah SynTPEnh.exe Application Error adalah memastikan bahwa SynTPEnh Service aktif dan berjalan dengan benar. Untuk memastikannya, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik services.msc dan tekan Enter untuk membuka Services Windows.
  • Di jendela Services, temukan SynTPEnhService di panel kanan.
  • Selanjutnya, lihat pada kolom Status dan pastikan itu Running.
  • Jika Stopped, maka klik kanan pada service tersebut dan pilih Start.
  • Setelah itu, tutup jendela Services dan restart komputer anda.


Anda juga dapat memeriksa dan menjalankan service tersebut melalui Task Manager.

  • Buka Task Manager dengan menekan tombol Ctrl + Shift + Esc.
  • Di jendela Task Manager, alihkan ke tab Services.
  • Selanjutnya, temukan SynTPEnhService dan pastikan pada kolom Status bertuliskan Running.
  • Jika Stopped, maka klik kanan pada service dan pilih Start.
  • Setelah itu, restart komputer anda.



Mudah-mudahan, sekarang anda tidak akan menghadapi SynTPEnh.exe Application Error kembali.



2. Update Driver Synaptics


Langkah selanjutnya untuk menyelesaikan masalah SynTPEnh.exe Application Error adalah dengan mengupdate driver Synaptics Touchpad yang terinstall. Mengupdate driver dapat membantu mengatasi masalah jika disebabkan oleh bug pada versi driver sebelumnya. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat anda ikuti untuk mengupdate driver Synaptics Touchpad.

  • Buka Device Manager dengan menekan tombol Win + X dan pilih Device Manager.
  • Di jendela Device Manager, perluas Mice and other pointing devices.
  • Setelah itu, klik kanan pada Synaptics Pointing Device dan pilih Update driver.
  • Di jendela Update driver, pilih Search automatically for drivers.
  • Pastikan bahwa anda terhubung ke internet karena Windows akan mencari update driver secara online. Jika menemukan update yang sesuai, maka itu akan didownload dan kemudian diinstall.



Anda juga dapat mengikuti salah satu metode berikut ini untuk mengupdate driver Synaptics Touchpad anda.

  • Jika anda mendownload driver dengan format .sys atau .inf, maka ikuti langkah-langkah di artikel ini untuk menginstallnya.



 3. Install Ulang Driver Synaptics


Jika melakukan update driver tidak berhasil, maka kemungkinan besar driver yang anda gunakan mengalami kerusakan. Kerusakan driver dapat terjadi akibat instalasi update driver yang tidak benar. Untuk mengatasi masalah ini, anda dapat menginstall ulang driver Synaptics Touchpad. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat anda ikuti untuk melakukannya.

  • Luncurkan Device Manager seperti langkah diatas.
  • Di jendela Device Manager, perluas Mice and other pointing devices.
  • Selanjutnya, klik kanan pada Synaptics Pointing Device dan klik Uninstall device.


  • Kemudian, klik Uninstall di jendela komfimasi yang muncul untuk mengonfirmasi tindakan anda.
  • Setelah selesai, restart komputer anda.


Semoga driver akan diinstall ulang. Namun jika driver tidak diinstall, maka buka Device Manager, kemudian klik kanan pada Mice and other pointing devices dan klik Scan for hardware changes. Ini akan menscan driver yang tidak ada dan menginstall driver yang benar.


Mudah-mudahan, ini akan melakukan pekerjaan untuk anda.



4. Pecahkan masalah di Clean Boot


Jika tidak ada solusi diatas yang berhasil, maka anda harus mencari tahu aplikasi pihak ketiga yang menyebabkan masalah ini. Ada beberapa aplikasi dan service pihak ketiga yang dapat bertentangan dengan service touchpad dan menyebabkan masalah. Untuk mengetahui aplikasi mana itu, maka anda perlu melakukan Clean Boot. Memulai system dalam status Clean Boot akan memastikan bahwa tidak ada service non-Microsoft yang berjalan di background. Anda kemudian dapat mengaktifkan service secara manual untuk mengetahui aplikasi mana yang menjadi penyebabnya. Kemudian, nonaktifkan service yang bertentangan atau menguninstall aplikasi yang menggunakan itu dari system anda untuk mengatasi masalah tersebut.




Jika Touchpad Laptop tidak berfungsi, maka artikel ini akan membantu anda memperbaikinya dan untuk menyesuaikan gerakan Touchpad, anda dapat membaca artikel ini.


Semoga membantu anda!


Sekian artikel saya kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki SynTPEnh.exe Application Error di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Memperbaiki SynTPEnh.exe Application Error di Windows 10/11"