Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menyesuaikan Gerakan Touchpad di Windows 10/11

 


Jika anda menggunakan Windows 10 atau Windows 11 di laptop anda, anda mungkin tahu bahwa anda dapat menavigasi system operasi dengan menggunakan gesture/gerakan. Namun, tahukah anda bahwa gerakan ini dapat diubah? Jika laptop anda memiliki apa yang dinamakan Precision Touchpad, anda akan dapat menyesuaikan beberapa gerakan sesuai keinginan anda.


Apakah anda tidak yakin apakah anda memiliki precision touchpad atau tidak? Jangan khawatir, dengan mengikuti panduan ini anda akan mengetahui apakah laptop anda memiliki kemampuan untuk gerakan yang dapat disesuaikan atau tidak.


Jika anda adalah pengguna setia touchpad, panduan ini akan menunjukkan cara membawa lebih banyak kepribadian anda ke dalam Windows 10 atau Windows 11.



Navigasi ke Touchpad Options

Di Winodw 10:

  • Pertama-tama, kita perlu menavigasi ke touchpad options untuk mengubah pengaturan. Klik tombol Start dan klik Settings. Anda dapat menekan tombol Win + I.
  • Kemudian klik Devices.
  • Di halaman Devices pilih Touchpad di panel kiri.


Di Windows 11:

  • Buka Settings Windows dengan menekan tombol Win + I.
  • Di jendela Settings, klik Bluetooth & devices di panel kiri dan di panel kanan klik Touchpad.



Precision Touchpad atau Tidak


Anda akan melihat berbagai opsi touchpad muncul di sebelah kanan. Lebih penting lagi, halaman ini akan memberitahu anda apakah anda memiliki precision touchpad atau tidak. Jika anda memilikinya, maka pesan "Your PC has a precision touchpad" akan muncul di bawah judul kategori.




Jika anda tidak melihat pesan ini, artinya touchpad anda tidak dibuat untuk menangani gerakan lanjutan. Lebih buruk lagi, ini bukanlah sesuatu yang dapat anda perbaiki dengan mengubah opsi atau mendownload software baru. Precision touchpad ditentukan oleh hardware fisik itu sendiri, jadi jika laptop anda tidak mendukung precision touchpad, maka tidak banyak yang dapat anda lakukan.



Mengubah Gerakan untuk Touchpad



Preset Gerakan


Jika anda memiliki precision touchpad, anda dapat mengatur gerakan tiga jari khusus di laptop anda. Ini hadir dalam dua opsi Swipes dan Taps.


Swipes dilakukan dengan meletakkan tiga jari pada touchpad dan menggerakkannya ke arah mata angin. Anda dapat memilih berbagai preset swipes untuk menyesuaikan dengan kebutuhan anda. Fitur praktis tersebut termasuk bertukar antar aplikasi dan mengubah volume system. Setelah preset dipilih, diagram akan memberitahu anda swipes mana yang melakukan tindakan apa.




Taps dilakukan dengan menyatukan tiga jari anda dan mengetuknya pada bantalan touchpad. Windows 10 dan Windows 11 memiliki beberapa opsi preset untuk apa yang terjadi ketika anda melakukan ini, seperti membuka action centre atau play/pause media. Tidak seperti swipes, taps tidak peduli di bagian mana pada touchpad anda melakukan gerakan.




Jika anda menemukan pilihan yang kurang yang tersedia untuk anda, anda dapat mengambil tindakan sendiri. Gulir ke bawah dan klik Advanced gesture configuration.




Ini akan membawa anda ke layar terpisah tempat anda dapat mengatur sendiri apa yang dapat dilakukan dengan setiap gerakan.


Jika anda melihat melalui opsi yang tersedia, anda akan melihat bahwa salah satunya adalah kemampuan untuk mengaktifkan custom shortcut keyboard. Ini sangat berguna jika anda menggunakan banyak shortcut keyboard dan ingin menerjemahkan favorit anda ke dalam gerakan swipe trackpad.




Touchpad laptop membuka cara yang berguna untuk berinteraksi dengan komputer anda melalui gerakan. Sekarang anda tahu cara memeriksa apakah laptop anda dilengkapi dengan precision touchpad atau tidak. Dan jika anda memilikinya, maka anda tahu cara menyesuaikan gerakannya.


Anda juga dapat membaca tutorial saya lainnya tentang cara menggunakan touchpad virtual di Windows 10/11 atau 7 cara memperbaiki touchpad laptop tidak berfungsi.


Sekian tutorial kali ini. Seberapa sering anda menggunakan touchpad laptop dalam kehidupan sehari-hari? Beritahu saya dan lainnya di kolom komentar di bawah ini. Terima kasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Cara Menyesuaikan Gerakan Touchpad di Windows 10/11"