Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menggunakan Touchpad Virtual di Windows 10/11


Salah satu fitur dari Windows 10 Creator Update yang tidak terdokumentasi adalah touchpad virtualnya. Dengan update tersebut, Windows 10 memiliki kemampuan untuk menempatkan touchpad di layar yang dapat membuat anda berinteraksi seolah-olah itu adalah touchpad fisik. Dapat dimengerti jika anda belum pernah melihat fitur tersebut, karena cukup tersembunyi! Setelah diaktifkan, ini bisa sangat membantu bagi pengguna yang membutuhkan touchpad virtual di layar untuk melakukan tugas.


Mengapa Mengaktifkannya?

Pertama, mari kita lihat mengapa seseorang ingin menggunakan touchpad virtual di Windows 10 dan Windows 11. Jika anda menggunakan mouse atau touchpad fisik untuk mengontrol kursor anda, mungkin tampak berlebihan untuk memiliki sarana sekunder kontrol kursor, jadi itu digunakan untuk apa?

Pentingnya touchpad virtual menjadi jelas ketika anda menggunakan Windows 10 atau Windows 11 dengan layar sentuh atau touchscreen. Saat ini Windows 10 dan Windows 11 dapat ditemukan di tablet atau laptop transformer dimana navigasi melalui touchscreen adalah penting. Tidak selalu nyaman bagi perangkat-perangkat ini untuk memasang mouse. Touchpad virtual mengisi celah ini, dimana itu memungkinkan pengguna touchscreen untuk memindahkan kursor secara manual.

Ada beberapa alasan mengapa seseorang memilih touchpad virtual daripada kontrol touchscreen. Jika anda ingin melakukan tugas yang melibatkan kursor di atas item, lebih mudah melakukannya pada touchpad lalu menggunakan touch control. Jika anda menggunakan touchscreen dan ingin memperpanjang desktop anda ke monitor kedua yang tidak memiliki touchscreen, mustahil untuk berinteraksi dengan bagian yang diperluas dari desktop. Dalam hal ini, touchpad virtual memungkinkan anda untuk mengakses monitor kedua dan berinteraksi dengannya.


Mengaktifkan Touchpad Virtual

Mengaktifkan touchpad virtual dapat dilakukan dengan mengklik kanan (atau, jika anda menggunakan touchscreen, menekan dan melepaskan) taskbar dan memilih Show touchpad button. Anda hanya akan melihat opsi ini jika anda menggunakan Windows 10 pada perangkat yang memiliki fungsi touchscreen.

Sekarang anda akan melihat icon touchpad di taskbar dan saat diklik, touchpad virtual akan terbuka.


Anda dapat berinteraksi dengan touchpad ini dengan kursor atau touchscreen. Selain dari fakta yang ada di layar, itu harus berfungsi identik dengan touchpad fisik pada laptop. Dua tombol yang lebih rendah untuk klik kiri dan kanan, dan kotak utama adalah untuk memindahkan kursor. Gerakkan jari anda di atas bidang sentuh seolah-olah itu bagian fisik, dan Windows 10 atau Windows 11 akan menerjemahkan gerakan yang anda lakukan menjadi gerakan kursor.


Menggunakan dan Menyesuaikan Gerakan

Pengguna tingkat lanjut juga akan menemukan bahwa gerakan touchpad Windows 10 atau Windows 11 berfungsi pada gerakan virtualnya. Gerakan adalah cara yang bagus untuk mendapatkan fungsionalitas tambahan dengan sedikit usaha. Jika anda ingin mengatur gerakan, klik tombol Start dan kemudian tombol Settings di sebelah kiri.

Di Settings, pilih Devices kemudian Touchpad di panel kiri.


Di sini, di panel kanan ada banyak opsi untuk mengatur gerakan. Semua ini akan bekerja dengan touchpad virtual, jadi pastikan untuk membaca semuanya dan mengatur yang ingin anda gunakan. Untuk menggunakan gerakan ini pada touchpad virtual, cukup lakukan pada pad seperti yang anda lakukan pada touchpad fisik.


Dengan munculnya Windows 10 dan Windows 11 pada perangkat touchscreen, beberapa pengguna menginginkan cara untuk secara langsung mengontrol kursor untuk tugas-tugas tertentu. Dengan menggunakan touchpad virtual, anda dapat memindahkan kursor seperti yang anda lakukan pada fisik sehingga anda tidak tertahan oleh batasan touchscreen.

Sekian artikel saya kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam menggunakan Touchpad Virtual di Windows 10 atau Windows 11 anda. Anda juga dapat membaca artikel saya lainnya tentang cara nonaktifkan Touchpad Tap to Click pada Windows 11 atau cara menyesuaikan gerakan Touchpad di Windows 10/11.

Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU.

Post a Comment for "Cara Menggunakan Touchpad Virtual di Windows 10/11"