Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Cara Memperbaiki Touchpad Laptop Tidak Berfungsi


Touchpad adalah fitur kuno, telah lama menggantikan "pointing stick" sebagai alternatif standar untuk kontrol mouse pada laptop. Tetapi jika touchpad anda berhenti berfungsi saat anda sedang berselancar, atau dalam situasi lain ketika anda tidak memiliki mouse cadangan, maka anda dapat terdampar disuatu tempat dan tidak dapat melakukan apa kecuali diam dan menatap layar anda, kecuali anda telah mengaktifkan keyboard anda agar dapat berfungsi seperti mouse. Untuk itu anda dapat membaca artikel saya tentang cara mengontrol kursor mouse anda dengan keyboard di Windows 10/11.

Kita kembali ke pokok permasalahannya. Jika touchpad laptop anda tidak berfungsi, jangan terlebih dahulu mulai melatih diri anda untuk menggunakan Windows hanya dengan keyboard dulu. Jadi biarlah kita memperbaiki touchpad terlebih dahulu. Berikut adalah kumpulan tips tentang cara memperbaiki touchpad yang tidak berfungsi (dimulai dengan yang paling sederhana).

Catatan: Anda memerlukan mouse eksternal atau touchscreen untuk menjalani beberapa tips ini. Dan perbaikan berikut adalah untuk laptop yang menjalankan OS Windows.


1. Touchpad Disable Zone

Tanpa diketahui banyak pengguna laptop, mungkin ada logo kotak kecil di sudut kiri atas touchpad laptop Anda. Jika anda memiliki logo ini, mengetuk dua kali memungkinkan anda untuk menonaktifkan atau mengaktifkan touchpad anda. Jadi ada kemungkinan anda tidak dengan sengaja mengetuknya sehingga itu menonaktifkan touchpad laptop anda.

Coba ketuk dobel logo itu untuk melihat apakah touchpad anda kembali berfungsi.

Jika anda mendapati diri anda menonaktifkan touchpad secara tidak sengaja dengan cara ini, anda dapat menonaktifkan fitur ini dengan masuk ke Settings - Devices - Touchpad - Additional settings - Touchpad Entry - Settings - Touchpad Disable Zone. Disini, hapus ceklist pada kotak Double Tap To Enable or Disable Touchpad dan klik OK.


Jika anda menggunakan Windows 10 atau Windows 11, bisa juga anda menonaktifkan Touchpad secara otomatis ketika mouse terhubung ke laptop anda. Coba cabut mouse anda dan coba touchpad anda, apakah berfungsi?  Jika ya, anda dapat masuk ke Settings (Win + I), klik Devices kemudian Touchpad. Di halaman ini, di panel kanan hapus ceklis pada kotak Leave touchpad on when a mouse is connected.



2. Apakah Trackpad Dinonaktifkan pada BIOS?

Ada kemungkinan bahwa, karena alasan yang tidak diketahui, touchpad laptop anda dinonaktifkan di BIOS motherboard laptop anda (ini bisa terjadi setelah update firmware, misalnya).

Untuk memeriksa apakah ini masalahnya, maka silahkan masuk ke BIOS dengan berulang kali menekan tombol Delete atau F2 pada saat PC anda boot. (Tombol yang perlu anda tekan mungkin bervariasi).


Demikian juga, BIOS untuk motherboard yang berbeda memiliki tata letak yang berbeda, tetapi tujuan anda adalah cari dan temukan opsi yang bernama "Internal Pointing Device" atau sejenisnya, lalu pastikan itu disetel ke Enabled. Opsi ini mungkin berada di bawah judul Advanced jika anda memilikinya. Setelah anda selesai melakukannya, pilih opsi untuk Save dan Exit dari BIOS.


3. Aktifkan Ulang Touchpad Anda Menggunakan Tombol Fn

Mungkin ketika anda mencoba menggunakan tombol Fn untuk mengubah volume pada laptop anda, anda menonaktifkan touchpad anda dengan menekan tombol yang salah. Cobalah tips dibawah ini.


Sambil menahan tombol Fn, tekan setiap tombol fungsi (tombol F) dengan simbol di atasnya yang kelihatannya bisa menjadi ikon touchpad laptop anda dan cobalah touchpad anda untuk melihat apakah itu berfungsi kembali. (Ingatlah, anda mungkin mematikan layar anda saat menggunakan tombol fungsi, jadi cukup tekan tombol itu lagi jika itu terjadi).


4. Uninstall Driver Mouse Lainnya

Pernakah anda menghubungkan sejumlah besar mouse ke laptop anda dan tidak pernah menghapus drivernya? Jika demikian, ada kemungkinan driver-driver tersebut kemungkinan mengganggu touchpad anda. Beberapa driver mouse bahkan menonaktifkan touchpad anda secara otomatis! Oleh karena itu, anda perlu menguninstall atau menghapus driver tersebut dari system anda.


  • Jadi buka Device Manager dengan menekan tombol Win + X dan pilh Device Manager.
  • Kemudian di jendela Device Manager, klik panah di sebelah Mice and other pointing devices.
  • Selanjutnya, klik kanan pada driver dan klik Uninstall device.
  • Uninstall driver satu per satu hingga touchpad anda mulai bekerja kembali.


5. Update atau Roll Back Driver Touchpad

Anda juga dapat memperbaiki masalah ini dengan mengupdate driver jika driver anda sudah out of date, atau anda dapat merollback driver touchpad anda jika masalah ini terjadi setelah anda mengupdate driver touchpad. Saat anda berada di Device Manager, klik kanan touchpad anda dalam daftar (Ini mungkin disebut Dell TouchPad, Lenovo TouchPad, Synaptics, atau serupa, tergantung pada merek PC anda.), Dan pastikan itu pasti diaktifkan. Jika ya, klik Update Driver untuk melihat apakah ada update untuk itu yang mungkin membantu.


Akhirnya, banyak orang melaporkan bahwa touchpad mereka berhenti berfungsi dengan benar setelah mendapatkan Windows 10, yang berarti bahwa driver Windows 10 untuk touchpad anda mungkin mengalami kesalahan fungsi. Di Device Manager klik kanan touchpad Anda, lalu klik Properties dan Roll Back Driver untuk melihat apakah versi sebelumnya dari driver memperbaiki masalah.


6. Aktifkan Touchpad Anda di Mouse Properties

Dalam banyak kasus, Device Manager tidak menangani pengaktifan dan penonaktifan touchpad anda. Jika touchpad anda entah bagaimana dinonaktifkan, maka anda harus mengaktifkannya kembali.

Untuk melakukan itu anda harus membuka properties mouse Windows anda untuk mengaktifkannya kembali.


Ketik mouse di Search bar Windows dan pergi ke Pengaturan Mouse. Di sini, klik Additional mouse options, kemudian di jendela baru pergi ke tab Device Settings atau Touchpad, atau tab apapun yang ada di paling kanan jendela.

Temukan touchpad anda di daftar, pilih, lalu klik Enable dan OK.


7. Nonaktifkan Tablet PC Input Service

Jika laptop Windows 10 atau Windows 11 anda adalah hybrid (berfungsi sebagai laptop dan tablet) dan memiliki layar sentuh, maka ada kemungkinan bahwa Tablet PC Input Service, yang mengontrol fungsionalitas stylus, mengganggu touchpad anda. Jika anda tidak benar-benar menggunakan stylus, maka tidak akan rugi besar untuk menonaktifkannya. Namun, jika anda menggunakannya, anda harus memutuskan apakah anda ingin melalui ketidaknyamanan mengaktifkan dan menonaktifkan layanan ini setiap kali anda ingin menggunakan touchpad anda.

Untuk menonaktifkan Tablet Input Service, tekan Win + R, lalu ketik services.msc di kotak. Dalam daftar services, gulir ke bawah hingga anda menemukan TabletInputService atau Tablet PC Input Service. Klik kanan, lalu nonaktifkan.


Anda juga dapat masuk ke Task Manager (Ctrl + Shift + Esc) dan pilih tab Services. Cari kedua opsi dan klik kanan padanya kemudian pilih Stop.



Semoga semua solusi pengaturan touchpad anda ada disini, tetapi jika anda mempunyai solusi lainnya, bagikan dengan saya dan lainnya. Ingat bahwa laptop yang berbeda mungkin memiliki software yang berbeda untuk touchpad mereka, jadi instruksi ini mungkin sedikit berbeda, tetapi sebagian besar metode diatas harus mengarahkan anda ke arah yang benar.

Sekian tutorial kali ini, semoga dapat membantu anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini tentang penggunaan metode diatas dalam mempernaiki touchpad yang berhenti berfungsi. Terimakasih dan GBU.

Post a Comment for "7 Cara Memperbaiki Touchpad Laptop Tidak Berfungsi"