Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengontrol Kursor Mouse Anda Dengan Keyboard di Windows 10/11


Ada banyak alasan mengapa anda mungkin ingin mengkonfigurasi keyboard anda untuk digunakan sebagai mouse. Mungkin anda menggunakan mouse wireless bertenaga baterai dan itu kehabisan daya, atau mouse anda telah berhenti berfungsi, dan anda perlu membuat perubahan dalam Windows 10 atau Windows 11 untuk memperbaikinya.

Apapun kebutuhan anda, saya ada disini untuk menunjukkan cara mengontrol mouse anda dari keyboard di Windows 10 atau Windows 11.


Kontrol Mouse Anda dengan Keyboard

Fitur kontrol mouse keyboard sebenarnya dibangun ke dalam pengaturan Ease of Access di Windows 10 dan Windows 11.

Buka aplikasi Settings di Start menu.

Di jendela Settings klik Ease of Access, kemudian klik Mouse di panel di sebelah kiri, dan klik slider di bawah Control your mouse with a keypad ke On.


Anda sekarang telah mengaktifkan Mouse Keys. Secara default, anda harus memiliki Num Lock aktif agar ini berfungsi, pada titik mana anda dapat menggunakan Num Pad disisi kanan keyboard anda untuk menggunakan Mouse Keys.


Saya menyarankan untuk meningkatkan slider Pointer speed ke maksimum - jika pointer sangat lambat. Memberi ceklist pada kotak Hold the Ctrl key to speed up and the Shift key to slow down juga merupakan ide yang bagus, karena ini memungkinkan anda mempercepat dan memperlambat kecepatan pointer menggunakan tombol Ctrl dan Shift sebagai pengubah kecepatan kursor.

Berikut adalah tombol numpad dan fungsinya yang sesuai:

Untuk memindahkan pointer mouseTekan
Ke atas dan ke kiri7
Ke atas8
Ke atas dan ke kanan9
Ke kiri4
Ke kanan6
Ke bawah dan ke kiri1
Ke bawah2
Ke bawah dan ke kanan3
Mouse Klik5
Double Klik+
Ubah tombol klik untuk klik kiri/
Ubah tombol klik untuk klik kanan-
Drag / Menyeret0
Mempercepat gerakan kursorTahan Ctrl
Perlambat gerakan kursorTahan Shift


Bagaimana Jika Anda Tidak Memiliki Numpad?

Tidak semua orang cukup beruntung memiliki numpad. Faktanya adalah Numpad pada keyboard ini tidak terlalu sering digunakan sehingga begitu banyak laptop dan beberapa keyboard tidak memasukkan tombol-tombol ini.


Namun, jangan takut, karena anda bisa mendapatkan aplikasi pihak ketiga MouseKeys-type yang memungkinkan anda mengatur key anda sendiri, dan secara keseluruhan jauh lebih kuat daripada Windows Mouse Keys.

Masukkan NeatMouse. Menggunakan aplikasi ringan ini anda dapat mengatur tombol apapun yang ingin anda gunakan sebagai arah mouse.

Klik ikon yang ditandai di bawah ini untuk mengungkapkan lebih banyak opsi dimana anda dapat mengubah tombol keyboard mana yang bertindak sebagai tombol mouse, serta kecepatan mouse dan apakah anda ingin NeatMouse diaktifkan segera setelah anda menghidupkan PC anda.


Anda juga dapat mengubah tombol yang mengaktifkan fungsionalitas keyboard sebagai mouse, sedangkan tombol drop-down Emulate only with memungkinkan anda mengatur tombol untuk menahan agar berfungsi.

Anda bahkan dapat mengatur beberapa profil menggunakan ikon "+" hijau, memiliki pengaturan berbeda tergantung pada software apa yang anda gunakan dan sebagainya.

Beberapa orang tidak suka menginstal aplikasi pihak ketiga ketika mereka tidak perlu, tetapi jika anda ingin cara yang lebih mudah disesuaikan dan halus untuk meniru fungsi mouse anda ke keyboard anda, maka saya akan memilih NeatMouse melalui Windows Mouse Keys. Selain memberi anda lebih banyak kontrol, kursor mouse juga berjalan jauh lebih lancar, dimana pada opsi Windows bisa sedikit tersendat.

Jika anda mau, anda juga dapat menggunakan ponsel Android anda sebagai mouse untuk komputer anda. Atau baca juga artikel saya lainnya tentang cara meningkatkan akurasi kursor mouse di Windows 10/11.

OK! Sekian tutorial kali ini semoga bermanfaat untuk anda. Selamat mencoba dan semoga berhasil. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah untuk berbagi pengalaman dalam mengikuti tutorial ini atau anda mempunyai cara lain yang lebih baik. Terimakasih dan GBU.

Post a Comment for "Cara Mengontrol Kursor Mouse Anda Dengan Keyboard di Windows 10/11"