Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Garis Kuning yang Mengelilingi Jendela Aplikasi di Windows 10/11

 


Windows adalah salah satu system operasi yang paling banyak digunakan di dunia. Umumnya, Windows tidak mengalami masalah atau error acak. Namun, beberapa pengguna telah melaporkan melihat masalah baru dimana terlihat garis kuning yang mengelilingi jendela aplikasi yang dibuka saat menggunakan Windows 11. Terlihat bahwa batas kuning ini muncul melalui aplikasi. Dalam artikel ini, saya akan menjelaskan beberapa kemungkinan penyebab dan solusi untuk mengatasi masalah tersebut.




Memperbaiki Garis Kuning yang Mengelilingi Jendela Aplikasi di Windows 11


Berikut adalah beberapa solusi yang akan membantu anda memecahkan masalah dan menghilangkan garis kuning yang mengelilingi jendela aplikasi di Windows 11.


Tidak satupun dari solusi dibawah ini memerlukan administrator account. Namun, jika anda menggunakan tema Narrator atau High Contrast, anda harus melihat pengaturan dimana saja.



1. Periksa Apakah Tool Screenshot atau Screen Recording Berjalan


Pertama, pastikan untuk memeriksa apakah anda sedang menggunakan tool screenshot atau screen recording. Beberapa aplikasi screenshot atau screen recording memiliki fitur yang secara otomatis menambahkan batas di sekitar layar saat digunakan. Mungkin saja anda telah menjalankan salah satu aplikasi ini di background dan lupa untuk mematikannya.


Untuk memeriksa hal ini, coba periksa ikon di Taskbar atau di area notifikasi. Jika anda melihat ikon yang terkait dengan tool screenshot atau screen recording, maka klik kanan padanya dan pilih opsi untuk menonaktifkannya atau keluar dari aplikasi tersebut. Setelah itu, periksa apakah garis kuning di sekitar jendela aplikasi telah hilang atau tidak.


Jika anda tidak dapat menemukan ikon atau aplikasi terkait, maka anda dapat membuka Task Manager dan periksa daftar proses yang sedang berjalan. Cari aplikasi yang berhubungan dengan screenshot atau screen recording. Jika anda menemukannya, maka pilih proses tersebut atau klik kanan padanya dan klik End Task untuk menghentikannya.



Jika tidak ada perubahan, tetapi anda memiliki tool screenshot atau screen recording yang diinstall pada PC anda, maka anda dapat mencoba menguninstall program tersebut dan lihat apakah ada perubahan. Jika masalah teratasi, maka tool tersebut yang menyebabkan masalah. Anda mungkin perlu mencoba menginstallnya kembali untuk melihat apakah masalah muncul kembali atau tidak. Jika tidak, maka kemungkinan masalah disebabkan karena instalasi aplikasi yang error, namun jika masalah kembali maka pertimbangkan mengganti aplikasi tersebut.



2. Masalah Aplikasi Windows


Beberapa pengguna telah melaporkan adanya error terkait dengan aplikasi Universal Windows Platform (UWP). Error ini terjadi ketika mereka menggunakan software yang didownload dari Microsoft Store untuk mengambil screenshot atau merekam layar. Jika anda mengalami masalah serupa, ada beberapa langkah yang dapat anda lakukan untuk memperbaikinya.


Salah satu solusinya adalah dengan mencoba menggunakan aplikasi alternatif untuk mengambil screenshot di PC Windows anda misalnya Snipping Tool dan Snip & Sketch. Atau anda dapat menggunakan VLC Media Player atau Snipping Tool untuk merekam layar anda, atau gunakan aplikasi screen recorder portabel.



3. Periksa Apakah Narrator Sedang Berjalan


Windows Narrator yang aktif juga dapat menjadi penyebab utama munculnya garis kuning di sekitar jendela aplikasi. Windows Narrator adalah fitur aksesibilitas yang membaca isi layar dan memberikan umpan balik audio kepada pengguna. Fitur ini bekerja dengan mengikuti gerakan yang anda lakukan di layar. Sebagai hasilnya, batas kuning konstan ditampilkan di sekitar elemen yang sedang difokuskan atau dipilih.


Jika anda melihat garis kuning di sekitar jendela aplikasi dan anda sebelumnya mengaktifkan Windows Narrator, kemungkinan besar itulah penyebabnya. Untuk mengatasi masalah ini, anda perlu menonaktifkannya. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah dibawah ini.


Di Windows 10:

  • Buka Settings Windows dengan menekan tombol Win + I dan pilih Ease of Access di jendela Settings.
  • Di halaman berikutnya, pilih Narrator dibawah bagian Vision di panel kiri.
  • Kemudian, nonaktifkan Turn on Narrator ke Off.



Di Windows 11:

  • Tekan tombol Win + I untuk membuka Settings Windows.
  • Di jendela Settings, pilih Accessibility di panel kiri dan klik Narrator di panel kanan.
  • Di halaman berikutnya, nonaktifkan Narrator ke Off.



Setelah anda menonaktifkan Narrator, sekarang anda seharusnya tidak lagi melihat garis kuning di sekitar jendela aplikasi anda.



4. Matikan atau Sesuaikan Pengaturan High Contrast atau Tema


Windows hadir dengan beberapa tema High contrast yang memungkinkan pengguna membedakan elemen layar satu sama lain dengan cara yang lebih baik. Namun, ada kecenderungan anda mengatur garis kuning di sekitar layar sebagai konsekuensi dari penggunaan tema High contrast tersebut.


Oleh karena itu, anda dapat menghilangkan kesalahan tersebut dengan mematikan atau menyesuaikan pengaturan tema High Contras. Untuk itu, ikuti langkah-langkah berikut dibawah ini.


Di Windows 10:

  • Buka Settings Windows dengan menekan tombol Win + I dan pilih Personalization di jendela Settings.
  • Di halaman berikutnya, klik Themes di panel kiri dan klik High contras settings di panel kanan.
  • Setelah itu, nonaktifkan opsi Turn on high contras ke Off.



Di Windows 11:

  • Tekan tombol Win + I untuk membuka Settings Windows.
  • Di jendela Settings, pilih Personalization di panel kiri dan klik Themes di panel kanan.
  • Di halaman berikutnya, klik Contrast themes di panel kanan.
  • Setelah itu, gunakan menu dropdown Contrast themes untuk memilih None.




5. Update Driver Display


Update driver display atau graphics anda dan lihat apakah itu membantu. Untuk melakukannya, ikuti salah satu metode berikut ini.

  • Update driver melalui Windows Update atau Device Manager.
  • Kunjungi website produsen komputer atau graphics card anda, kemudian download driver terbaru dari sana dan kemudian install driver secara manual di komputer anda.




Semoga membantu anda!


Sekian artikel saya kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki garis kuning yang mengelilingi jendela aplikasi di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Memperbaiki Garis Kuning yang Mengelilingi Jendela Aplikasi di Windows 10/11"