Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengambil Screenshot di Windows 10/11 Tanpa Aplikasi Pihak Ketiga


Apakah anda ingin berbagi sesuatu di layar komputer anda dengan orang atau sedang menyusun sebuah artikel tentang cara-cara dengan menambahkan gambar dari layar komputer? Mengambil screenshot komputer anda bisa sangat berguna. Untungnya, ada sejumlah cara berbeda untuk menangkap screenshot di Windows 10 atau Windows 11.


1. Snipping Tool

Saya akan mulai dengan salah satu dari sekian banyak yang mungkin anda kenal yaitu Snipping Tool. Tools ini sudah ada sejak diluncurkannya Windows Vista dan ini menjadi sesuatu yang bagus. Tools ini mudah digunakan. Untuk membuka aplikasi, buka Start - All Programs - Windows Accessories - Snipping Tool. Anda juga bisa mencarinya di pencarian Cortana

Dengan aplikasi terbuka, klik New untuk memulai proses screenshot. Ini secara otomatis akan menumpulkan layar anda, tetapi jangan khawatir. Ini hanya berarti bahwa tools ini siap untuk snip pada area yang ditunjuk dari layar anda.


Cukup klik mouse anda dan seret untuk memotong layar anda, termasuk area yang diinginkan yang ingin anda tangkap. Melepaskan tombol mouse secara otomatis akan menghasilkan pratinjau dari screenshot yang baru anda buat. Jika anda ingin menyimpannya, klik ikon floppy disk di bagian kiri atas jendela Snipping Tool. Jika anda keluar dari program tanpa menyimpan maka screenshot akan dibuang.


Ketahuilah bahwa jenis snip default adalah kotak persegi panjang. Jika anda mengklik tanda panah di samping tombol New di Snipping Tool, sebuah kotak drop-down akan muncul, memungkinkan anda untuk mengubah jenis snip menjadi bentuk bebas, jendela atau layar penuh.


Satu hal yang perlu anda ketahui bahwa Snipping Tool ada di Windows 10 namun tidak lagi mendapatkan update di Windows 10 dan tools ini digantikan dengan tools lain bernama Snip & Sketch. Jadi anda akan menemukan dua tools ini di Windows 10 dan cara penggunanya pun sama. Yang membedakannya adalah pada pengeditannya.



2. Snip & Sketch

Selama bertahun-tahun, Windows Snipping Tool terintegrasi telah melayani kita dengan baik, tetapi untuk kepentingan modernisasi, Microsoft telah merilis tool screenshot baru yang bernama Snip & Sketch yang pada akhirnya akan sepenuhnya menggantikan Snipping Tool. Jika anda ingin menjadi yang terdepan, maka anda harus menggunakan ini sebagai gantinya.

Anda dapat membuka Snip & Sketch, dari Start Menu atau dengan mencarinya melalui Search Windows.

Di jendela Snip & Sketch, anda dapat langsung masuk ke snip dengan mengklik New di pojok kiri atas. Anda dapat mengatur waktu untuk screenshot dengan mengklik panah di sebelahnya.




Setelah anda mengklik New, anda akan melihat ikon untuk empat opsi yaitu Rectangular Snip, Freeform snip, Window snip dan Fullscreen Snip di bagian atas layar anda. Klik yang anda inginkan dan buat screenshot.


Setelah anda membuat screenshot, anda dapat melakukan pengeditan dasar, menyimpannya, atau bahkan membagikannya dengan orang tertentu atau online (opsi di sudut kanan atas).


3. Tombol PrtScn

Anda dapat menangkap seluruh layar dengan cepat hanya dengan menekan tombol Print Screen. Tombol ini dapat diberi label PrtScn, PrtSc atau yang serupa. Ketahuilah bahwa pada beberapa keyboard laptop anda mungkin harus menekan tombol Fungsi Fn secara bersamaan dengan tombol Print Screen untuk mengaktifkan fitur tersebut.


Menekan tombol Print Screen tampaknya tidak melakukan apa-apa. Namun, itu memang menangkap layar anda. Alih-alih menyimpan screenshot anda sebagai file, tombol Print Screen hanya menyalinnya ke clipboard. Untuk menyimpan screenshot, anda harus menempelkannya dari clipboard ke program lain. Setelah anda menyalin screenshot ke dalam Paint, Word, atau program lain, anda dapat menyimpannya ke lokasi pilihan anda.


4. Tombol Windows + PrtScn

Menyalin screenshot ke program lain berguna jika anda ingin melakukan pengeditan, tetapi bagaimana jika anda hanya ingin layar anda seperti itu? Untungnya ada cara cepat dan mudah untuk melakukannya. Yang harus anda lakukan adalah menekan tombol Windows dan tombol Print Screen secara bersamaan.


Menekan tombol Windows dan Print Screen akan menyebabkan layar anda menjadi redup sesaat. Ini menunjukkan bahwa tangkapan layar anda berhasil. Screenshot akan muncul di folder tepat berjudul Screenshots. Folder ini dapat ditemukan di dalam folder Pictures anda.

Catatan: beberapa laptop mungkin memerlukan tombol Fn untuk mengaktifkan tombol Print Screen. Dalam hal ini anda harus menekan tombol Windows, Fn dan Print Screen secara bersamaan.


5. Screenshot Hanya Satu Jendela

Dalam beberapa kasus anda mungkin tidak perlu mengambil seluruh layar anda. Untungnya, jika anda hanya ingin men-screenshot jendela tertentu, ada pintasan keyboard untuk itu. Cukup klik pada title bar jendela yang ingin anda ambil dan secara bersamaan tekan Alt + PrtScn. Melakukannya akan menangkap jendela aktif sebagai tangkapan layar dan menyalinnya ke clipboard. Untuk menyimpan atau mengedit, anda harus menempelkan gambar ke dalam program pilihan anda seperti Paint.



6. Screenshot Hanya Bagian Layar Anda

Jika anda hanya ingin menangkap jendela tertentu sebagai lawan dari keseluruhan layar, anda beruntung. Menekan tombol Windows + Shift + S secara bersamaan akan menyebabkan layar anda redup dan kursor mouse anda berubah. Jika ini terdengar akrab, itu karena tampilannya dan fungsinya persis seperti Snipping Tool yang disebutkan sebelumnya.


Klik dan seret pada layar anda untuk memilih bagian layar anda yang ingin anda tangkap. Setelah melepaskan mouse, anda akan melihat perbedaan utama antara pintasan ini dan Snipping Tool. Berbeda dengan Snipping Tool, pintasan ini tidak secara otomatis memberi anda pratinjau dari screenshot anda. Sebaliknya, hanya menyalin screenshot ke clipboard, yang berarti anda harus menempelkannya ke program pengeditan (Word, Paint, dll) sebelum anda dapat menyimpannya.

Itulah beberapa cara mengambil screenshot di komputer Windows 10 atau Windows 11 anda. Anda juga dapat mengambil screenshot Login Screen Windows atau pada jendela bergulir. Dan jika anda ingin mereset nomor urut screenshot dari awal, maka anda juga dapat melakukannya.

Bagaimana menurut anda cara mengambil screenshot di Windows 10 atau Windows 11? Metode mana yang anda sukai? Apakah ada cara lain untuk mengambil screenshot yang telah saya lupakan? Beri tahu saya di kolom komentar dibawah ini!

Post a Comment for "Cara Mengambil Screenshot di Windows 10/11 Tanpa Aplikasi Pihak Ketiga"