Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Reset Nomor Urut Screenshot dari Awal di Windows 10/11


Ketika anda mengambil screenshot di Windows 10 dan Windows 11 dengan menggunakan tombol Win + PrtScn, maka secara otomatis gambar-gambar tersebut akan tersimpan dengan nama Screenshot (1), Screenshot (2) dan seterusnya. Nomor urut yang mengikuti nama Screenshot akan terus berlanjut bahkan akan terus berlanjut walaupun anda telah menghapus screenshot pada folder tempat anda menyimpannya.

Apakah anda pernah membayangkan jika suatu saat nomor urut tersebut mencapai 10000 atau mungkin 100000 atau mungkin 1000000? Memang itu tidak menjadi masalah yang serius, lagian itu agar menghindari file duplikat jika anda menyimpannya di folder tertentu. Namun, bagaimana jika anda tidak nyaman dengan nama yang panjang dan membingungkan saat mencari file? Jalan satu-satunya cara adalah dengan mengganti nama file dan dalam kasus ini kita akan mengubah nomor urut screenshot dari awal sehingga mudah di ingat dan tidak membingungkan.

Untuk melakukan hal ini, anda dapat menggunakan Registry Editor untuk mereset nomor urut screenshot dari awal. Kapanpun anda mau, anda bisa melakukannya. Jadi ikuti langkah-langkah dibawah ini.

Saya telah menulis cara mengambil screenshot di Windows 10/11. Untuk artikel ini, saya fokuskan pada screenshot menggunakan tombol Win + PrtScn, bukan dengan snipping tool atau tombol Alt + PrtScn karena itu akan menghasilkan nama yang berbeda. Pada penggunaan tombol Win + PrtScn untuk  mengambil screenshot, secara otomatis file tersebut akan disimpan di folder seperti dibawah ini.

C:\Users\user_name\OneDrive\Pictures\Screenshots



Jika anda sering melakukan screenshot maka di folder ini anda dapat melihat nama dengan nomor urutnya yang mungkin sudah mencapai ribuan.


Cara Mereset Nomor Urut Screenshot dari Awal

Catatan: Kesalahan dalam pengeditan registry Windows dapat membuat system anda menjadi tidak stabil atau bahkan tidak bisa dioperasikan. Jadi jangan lupa untuk membuat restore point atau backup registry anda sebelum melakukan pengeditan registry.
  • Untuk memulai, buka Registry Editor dengan Win + R  kemudian ketik regedit dan tekan Enter.

  • Di Registry Editor navigasi ke jalur berikut dibawah ini. Untuk Windows 10 atau Windows 11, anda dapat copy jalur dibawah kemudian pastekan ke address bar Registry Editor dan tekan Enter. Anda akan langsung menuju ke jalur tersebut.
HKEY_CURRENT_USER\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer
  • Selanjutnya di panel kanan, temukan dan klik dobel pada ScreenshotIndex. Jika anda perhatikan pada kolom Data, anda dapat melihat nomor screenshot terakhir (dalam tanda kurung) yang anda ambil.

  • Di jendela Edit DWORD, ganti Value data ke 1 (atau ke nomor berapapun yang anda mau memulainya) dan klik OK.



Anda tidak perlu merestart PC anda. Perubahan nomor urut screenshot akan mulai diterapkan dari sekarang. Jika anda masih memiliki beberapa file screenshot di folder default, jangan khawatir karena Windows akan menyesuaikan nama dan akan melewati angka apapun yang sudah ada.


Ini adalah pengeditan sederhana, jadi jika anda mengedit key yang sebenarnya seperti pada tutorial ini maka jangan terlalu khawatir dengan peringatan di atas. Semoga berhasil.

Apakah anda mempunyai cara lain yang lebih sederhana? Bagikan dengan saya dan lainnya di kolom komentar dibawah ini. Terimakasih dan GBU.

Post a Comment for "Cara Reset Nomor Urut Screenshot dari Awal di Windows 10/11"