Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengambil Screenshot Login Screen di Windows 10/11


Anda mungkin telah mengubah wallpaper pada login screen Windows 10 atau Windows 11 anda dan ingin memamerkannya kepada sahabat anda, namun apa yang terjadi? Anda tidak dapat melakukan screenshot hanya dengan menekan tombol Print Screen pada keyboard anda. Memang ada banyak cara untuk mengambil screenshot di system Windows anda, tetapi tidak berlaku pada login screen Windows anda.

Pertanyaan kemudian muncul di kepala anda adalah kenapa tidak bisa? Windows mempunyai alasan tersendiri untuk hal ini. Login screen Windows berjalan pada Winlogon Desktop. Ini merupakan area yang aman yang tentunya terisolir dari gangguan apapun, dan oleh karena itu system operasi Windows membatasi apa yang dapat anda lakukan di area ini.

Dengan penjelasan singkat diatas, tentu kita tidak akan menemukan cara apapun yang disediakan oleh Windows sendiri untuk melakukan tugas sederhana ini. Dan untuk mengambil screenshot pada login screen, dengan berat hati kita akan membutuhkan sebuah trik tersendiri dan dengan bantuan aplikasi pihak ketiga. Anda dapat mengikuti langkah-langkah dibawah ini jika anda sangat menginginkan screenshot pada login screen anda. Jadi tanpa berbasa-basi lagi, mari kita lihat cara mengambil screenshot login screen Windows 10 atau Windows 11.

Catatan: Cara ini dapat anda terapkan di Windows 8.


Mengambil Screenshot Login Screen Windows 10/11

Untuk mengambil screenshot login screen Windows 10 atau Windows 11, kita harus memiliki program yang dapat menjalankan screenshot di Winlogon Desktop.

1. Untuk itu, kita akan membutuhkan PsExec yang merupakan bagian dari Sysinternals suite. Setelah anda mendownload PsExec, cukup ekstrak aplikasi PsExec.exe dan tempatkan itu dalam direktori C:\Windows\System32.


2. Berikutnya kita harus mendownload software screenshot portabel gratis untuk mengambil screenshot login screen Windows kita. Silakan download versi portabel FastStone Capture. Software ini memiliki semua fungsi dasar seperti biasanya. Ingat download yang portabel.


3. Setelah anda mendownload FastStone Capture, ekstrak dan letakkan di lokasi yang dapat diakses. Saya meletakkannya di drive C: untuk mempermudah.


4. Buka command prompt dengan hak admin. Untuk melakukan itu, ketik cmd di Search dan klik Run as administrator atau anda juga dapat mengaksesnya dengan menekan tombol Win + X dan pilih command prompt (admin) dari daftar.


5. Sekarang masukkan perintah berikut dibawah ini dan tekan tombol Enter. Jangan lupa mengganti jalur ke FastStone Capture.

psexec -xs PathToFSCapture

Sebagai contoh, karena saya meletakan FastStone Capture di drive seperti diatas maka perintahnya akan terlihat seperti dibawah ini:

psexec -xs C:\FSCapture.exe


Perintah di atas berfungsi untuk memberitahu FastStone Capture agar meluncurkan programnya pada local Winlogon desktop (-x) dan meluncurkannya sebagai akun pengguna system (-s).

6. Sekarang Lock Windows desktop anda menggunakan tombol Win + L atau Start - Klik kanan account - klik Lock.


7. Sekarang untuk mempraktekkannya tekan tombol Alt + Tab untuk membuka jendela FastStone Capture. Di Login Screen pertama kali anda mungkin bingung. Karena kita menggunakan versi trial dari aplikasi selama 30 hari jadi hal pertama yang anda lakukan adalah menekan tombol Alt kemudian Tab hingga logo FastStone Capture yang ada di tengah layar di sorot kemudian tekan Enter. Kemudian ada jendela peringatan dari aplikasi, disini pilih Continue Trial. Sekarang baru anda dapat menggunakannya.


8. Cukup klik tombol full screen screenshot untuk mengambil screenshot Windows login anda. Setelah anda mengambil screenshot, FastStone Capture akan menampilkan screenshot itu di editornya tempat anda dapat menyimpan file.


Catatan : Di versi trial ini saat menyimpan hasil screenshot pilih drive C: karena selama percobaan jika memilih foldel default maka ketika dicari gambarnya tidak akan ditemukan atau jika memilih drive lain maka akan muncul peringatan error file tidak dapat disimpan.

9. Setelah anda selesai menyimpan file, tutup FSCapture dan login Windows anda untuk berbagi layar Windows login yang mengagumkan.


Hanya itu yang harus anda lakukan. Semoga ini bisa membantu. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pengalaman dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU.

Post a Comment for "Cara Mengambil Screenshot Login Screen di Windows 10/11"