Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Error 0xE0070150, No compatible graphics hardware was found

 


Game seperti Overwatch di komputer Windows yang didukung oleh GPU NVIDIA, AMD atau Intel GPU dapat mengalami masalah saat diluncurkan atau saat mencoba mengakses main menu. Dalam artikel ini, saya akan membahas masalah tersebut dan melihat solusi yang dapat anda coba jika anda mengalami error 0xE0070150 atau 0xE0070160 dengan pesan error No compatible graphics hardware was found di komputer Windows 10 atau Windows 11 anda.




Memperbaiki Error 0xE0070150, No compatible graphics hardware was found


Jika anda mendapatkan error No compatible graphics hardware was found di komputer anda dan anda mendapatkan Error code 0xE0070150 atau 0xE0070160, maka ikuti solusi yang disebutkan dibawah ini untuk mengatasi masalah tersebut.



1. Periksa Apakah Komputer Anda Kompatibel


Seperti yang disebutkan dalam pesan error, anda memerlukan Graphics Cards yang kompatibel untuk menjalankan game. Jika anda tidak memiliki GPU yang tepat, kemungkinan besar game tersebut akan gagal diluncurkan di komputer anda. Anda dapat mengunjungi website resmi game yang ingin anda mainkan untuk mengetahui persyaratan system dan memastikan bahwa anda setidaknya memenuhi persyaratan minimum.


Anda juga dapat membuka systemrequirementslab.com untuk menggunakan layanan bernama Can You Run It. Masukkan nama game yang tidak dapat anda jalankan. Misalnya, dalam hal ini, saya akan menulis Overwatch karena itu adalah game yang tidak dapat dijalankan oleh sebagian besar pengguna. Sekarang, klik tombol Can You Run It. Ini akan menunjukkan kepada anda persyaratan system minimum dan yang disarankan. Untuk mengetahui apakah komputer Anda dapat menjalankan game atau tidak, klik tombol Can You Run It. Anda akan diminta untuk mendownload dan menjalankan tool. Lakukan itu dan periksa apakah komputer anda mampu menjalankan game. Jika game tidak kompatibel, tambahkan hardware yang diperlukan untuk menjalankan game.




2. Aktifkan GPU Scaling di AMD Radeon


Ketika AMD GPU Scaling diaktifkan, konten beresolusi lebih tinggi dirender oleh GPU dan kemudian diturunkan agar sesuai dengan resolusi asli layar yang sedang diputar. Jika anda adalah pengguna AMD, pastikan untuk mengaktifkannya jika Overwatch menunjukkan hardware yang tidak kompatibel. Untuk melakukan hal yang sama, ikuti langkah-langkah yang diberikan dibawah ini.

  • Luncurkan AMD Radeon dari Start Menu.
  • Kemudian, pilih tab Display.
  • Sekarang, gulir ke bawah dan aktifkan GPU Scaling ke Enabled.
  • Tunggu beberapa detik.
  • Terakhir, tutup jendela untuk menyimpan opsi.



Setelah selesai, periksa apakah masalah telah teratasi.



3. Ubah Resolusi Display Secara Manual


Ini bukanlah solusi, namun hanya sebagai trik yang harus anda lakukan sebelum meluncurkan game. Anda perlu mengubah resolusi layar monitor anda ke selain yang sudah dipilih, misalnya 1024 x 768. Setelah selesai, luncurkan game dan mainkan. Setelah anda selesai memainkan game, kembali dan ubah resolusi ke yang dipilih sebelumnya. Untuk mengubah resolusi layar di Windows 10 atau Windows 11, ikuti langkah-langkah berikut dbawah ini.


Di Windows 10:

  • Luncurkan Settings Windows dengan menekan tombol Win + I.
  • Di jendela Settings, pilih System.
  • Di halaman berikutnya, pilih Display di panel kiri.
  • Kemudian di panel kanan, ubah Display resolution anda dari menu drop-down.



Di Windows 11:

  • Buka Settings Windows dengan menekan tombol Win + I.
  • Di jendela Settings, klik System di panel kiri dan di panel kanan klik Display.
  • Di halaman berikutnya ubah Display resolution anda.




4. Update Driver Graphics


Jika anda memiliki graphics card yang kompatibel tetapi tidak dapat menerimanya, maka kemungkinan drivernya sudah out of date. Dalam hal ini, anda perlu mengupdate driver graphics anda untuk mengatasi masalah tersebut.


Anda dapat mengikuti salah satu metode berikut ini untuk mengupdate driver graphics anda.

  • Anda dapat memeriksanya dari Driver and Optional Updates di WindowsUpdate. Atau anda dapat mengupdate driver dari Device Manager.




5. Install Ulang Driver Graphics


Driver graphics yang out of date bukan satu-satunya alasan yang dapat menyebabkan masalah pada game. Salah satu alasan lain anda menghadapi masalah yang sama jika driver rusak atau mengalami gangguan. Dalam hal ini, anda cukup melakukan clean install driver graphics card anda untuk mengatasi masalah ini.




Saya harap anda dapat menyelesaikan masalah dengan menggunakan salah satu solusi yang disebutkan dalam artikel ini. Anda juga dapat meningkatkan performa dalam bermain game dengan mengoptimalkan NVIDIA Control Panel atau pengaturan AMD Radeon Settings.


Sekian tutorial saya kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki error 0xE0070150, No compatible graphics hardware was found di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Memperbaiki Error 0xE0070150, No compatible graphics hardware was found"