Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Error 0×80030001: Unable to perform requested operation Saat Copy File

 


Saat anda mengcopy file, anda mungkin mendapatkan Error 0x80030001: Unable to perform requested operation. Error ini terjadi saat anda mencoba mentransfer atau mengimpor media dari perangkat eksternal yang terhubung ke PC Windows. Pesan error lengkap akan terlihat seperti berikut ini.

An unexpected error is keeping you from copying the file. If you continue to receive this error, you can use the error code to search for help with this problem.

Error 0×80030001: Unable to perform requested operation.




Penyebab Error 0x80030001: Unable to perform requested operation


Error 0x80030001: Unable to perform requested operation ini terjadi di perangkat Windows 10 dan Windows 11 saat anda mentransfer data dari perangkat ponsel atau penyimpanan eksternal ke PC anda. Error ini dapat terjadi karena disk yang rusak, masala akses file atau masalah permission/izin. Konflik dari aplikasi pihak ketiga atau ruang disk tidak mencukupi juga dapat menjadi penyebab terjadinya error ini.


Masalah ini juga dapat terjadi jika anda mencari file kemudian mencoba mencopy dan mepaste dari hasil pencarian. Hal yang dapat anda lakukan adalah mengklik kanan pada file tersebut dan klik Open file location, kemudian menyalin file tersebut.



Memperbaiki Error 0×80030001: Unable to perform requested operation Saat Copy File


Untuk memperbaiki error 0x80030001 saat mentransfer file dari perangkat eksternal ke PC anda, anda dapat memulainya dengan merestart perangkat anda dan hubungkan kembali perangkat penyimpanan eksternal. Jika itu tidak membantu, anda dapat mengikuti beberapa solusi berikut ini.



1. Jalankan ChkDsk untuk Hard Disk Komputer Anda


Salah satu alasan anda mendapatkan error ini adalah kemungkinan disk anda rusak atau bermasalah. Untuk itu, anda perlu memeriksa kesehatan disk anda dan untuk memeriksa dan memperbaiki bad sector pada disk anda dengan menjalankan Disk Error Checking (ChkDsk). Untuk melakukan itu, anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Di jendela Command Prompt, masukan perintah berikut ini dan tekan Enter.
chkdsk C: /r
  • Setelah itu, jika anda diminta untuk me-restart komputer anda, maka lakukan.



2. Coba Salin File Satu per Satu

Selanjutnya, anda dapat mencoba untuk menyalin satu file dalam satu waktu. Langkah ini telah membantu beberapa pengguna dalam memecahkan error 0×80030001 ini di komputer mereka. Begini cara melakukannya.
  • Tekan tombol Win + E untuk membuka File Explorer dan klik This PC di panel kiri.
  • Selanjutnya, klik pada perangkat ponsel anda atau perangkat lain yang tersedia.
  • Setelah itu, temukan file yang ingin anda salin menggunakan fitur Search, kemudian klik kanan padanya dan pilih Copy.
  • Kemudian buka lokasi tempat anda ingin menyimpan file dan tekan Ctrl + V untuk mempaste file yang anda copy tadi ke lokasi tersebut.


3. Salin File Langsung dari Folder

Error 0x80030001 ini juga dapat terjadi jika anda mencoba mengcopy file menggunakan fitur Search. Jika demikian, coba salin file langsung dari folder. Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk melakukannya.
  • Buka lokasi tempat anda ingin mengcopy file.
  • Kemudian pilih file yang ingin anda copy dan tekan tombol Ctrl + C untuk mengcopy file.
  • Sekarang, buka lokasi tempat anda ingin menyimpan file dan tekan Ctrl + V untuk mempaste file yang anda copy.


4. Kosongkan Ruang Menggunakan Disk Cleanup

Anda mungkin tidak dapat melakukan operasi yang diminta jika ruang penyimpanan di perangkat anda tidak cukup. Menggunakan Disk Cleanup dapat membantu mengosongkan ruang disk di perangkat anda. Atau anda dapat menggunakan Cleanup Recommendations jika anda menggunakan Windows 11.

Untuk mengosongkan ruang disk system anda menggunakan Disk Cleanup, ikuti langkah-langkah berikut dibawah ini.
  • Buka Disk Cleanup di komputer anda.
  • Selanjutnya, klik Clean up system files untuk menampilkan lebih banyak opsi.
  • Setelah itu, pilih file yang ingin anda hapus dan klik OK.
  • Disk Cleanup sekarang akan meminta konfirmasi. Untuk itu, klik Delete Files untuk melanjutkan.


Dengan menggunakan opsi ini, anda dapat menghapus semuanya kecuali system restore point terbaru, Windows Update Cleanup, instalasi Previous Windows dan lainnya.

Sekarang anda dapat melakukan proses copy-paste kembali untuk melihat apakah error kembali untul atau diperbaiki.


5. Lakukan Operasi Copy-Paste dalam Clean Boot

Solusi terakhir yang dapat anda lakukan adalah melakukan Clean Boot dan kemudian melakukan operasi copy-paste. Dengan melakukan Clean Boot, ini akan menghilangkan kemungkinan gangguan dari aplikasi pihak ketiga dan driver perangkat.

Jika langkah ini berhasil, maka anda perlu menemukan pelaku yang menyebabkan masalah ini dengan mengaktifkan satu persatu proses atau service sambil merestart komputer anda. Setelah anda menemukannya, anda dapat menonaktifkan atau menguninstall aplikasi tersebut dari komputer anda.



Semoga membantu anda!

Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki Error 0×80030001: Unable to perform requested operation Saat Copy File di Windows 10 atau Windows 11. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Memperbaiki Error 0×80030001: Unable to perform requested operation Saat Copy File"