Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Error SystemSettingsAdminFlows di Windows 10/11

 


Artikel ini akan membahas tentang SystemSettingsAdminFlows yang dikaitkan dengan hak administrator di komputer Windows. SystemSettingsAdminFlows merupakan sebuah file yang dapat dieksekusi yang biasanya ada di setiap komputer Windows secara default. Ketika pengguna mencoba membuka file dengan hak administrator, terkadang muncul pesan error yang terkait dengan SystemSettingsAdminFlows.


Saat masalah ini terjadi pada anda, anda akan melihat pesan error lengkap seperti berikut ini.

SystemSettingsAdminFlows.exe – Bad Image

CAWINDOWS\SYSTEM32\msauserextdilis either not designed to run on Windows or it contains an error. Try installing the program again using the original installation media or contact your system administrator or the software vendor for support, Error status 0xc000012f.

atau

C:\Windows\system32\SystemSettingsAdminFlows.exe

Windows cannot access the specified device, path, or file. You may not have the appropriate permissions to access the item.



SystemSettingsAdminFlows.exe adalah file yang bertanggungjawab untuk memberikan hak administrator kepada pengguna. File ini digunakan saat meluncurkan file atau program dengan hak administrator. SystemSettingsAdminFlows.exe adalah file penting dan biasanya beroperasi di background sehingga seringkali tidak diperhatikan oleh pengguna karena fungsinya yang tersembunyi.


Penyebab Error SystemSettingsAdminFlows.exe

Ketika kebijakan User Account Control (UAC) di Group Policy Editor salah dikonfigurasi, SystemSettingsAdminFlows dapat menampilkan pesan error. Selain itu, pesan error ini juga dapat muncul jika beberapa file system hilang, rusak atau jika system operasi mengalami beberapa bug.


Dalam artikel ini, saya akan membahas cara mengatasi masalah ini dan memberikan panduan tentang langkah-langkah yang perlu diambil jika anda menghadapi error SystemSettingsAdminFlows di komputer Windows anda.



Memperbaiki Error SystemSettingsAdminFlows di Windows 10/11


Jika anda mengalami masalah ini di Windows 10 atau Windows 11 anda, maka saya merekomendasikan anda mengikuti beberapa solusi berikut ini sesuai urutan yang disajikan.



1. Konfigurasikan Kebijakan


Anda dapat menggunakan kebijakan User Account Control: Admin Approval Mode for the Built-in Administrator account di Local Group Policy Editor Windows anda untuk memecahkan masalah yang anda hadapi. Untuk mengaktifkan kebijakan ini, ikuti langkah-langkah berikut ini. Metode ini hanya untuk pengguna Windows edisi Pro dan Enterprise. Jika anda pengguna Windows edisi Home namun ingin menggunaka metode ini, maka anda perlu mengaktifkan Group Policy Editor terlebih dahulu.

  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik gpedit.msc dan tekan Enter untuk membuka Group Policy Editor.
  • Di jendela Local Group Policy Editor, telusuri jalur berikut dibawah ini.
Computer Configuration - Windows Settings - Security Settings - Local Policies - Security Options
  • Di lokasi, klik dobel pada kebijakan User Account Control: Admin Approval Mode for the Built-in Administrator account di panel kanan.
  • Selanjutnya di jendela pengaturan kebijakan, pilih Enabled.
  • Kemudian klik Apply dan OK untuk menyimpan pengaturan anda.
  • Setelah itu, restart komputer anda dan periksa apakah masalah telah teratasi atau tidak.



2. Update System Operasi

Error ini mungkin disebabkan oleh beberapa jenis bug yang ada dalam versi Windows yang sedang anda gunakan. Pengguna yang menjalankan Build 10061 juga mengalami masalah serupa. Oleh karena itu, saya menyarankan anda untuk mengupdate Windows anda ke versi terbaru agar dapat memperbaiki masalah tersebut. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat anda lakukan untuk memeriksa dan menginstall update Windows.
  • Buka Settings Windows dengan menekan tombol Win + I.
  • Di jendela Settings, klik Windows Update di bagian atas jendela.
  • Itu akan secra otomatis memeriksa update untuk PC anda. Jika tidak, anda dapat mengklik Check for updates.
  • Jika ada update yang tersedia untuk system Windows anda, maka silahkan klik Download & install untuk memulai prises update system Windows anda.
  • Setelah selesai, restart komputer anda.


Setelah anda memengupdate system, periksa apakah masalah telah teratasi atau tidak. Mudah-mudahan, ini akan melakukan trik untuk anda.


3. Jalankan SFC dan DISM

Jika update tidak tersedia atau tidak memperbaiki masalah, kemungkin file system anda rusak. Untuk menghilangkan korup pada file system anda, anda perlu menjalankan System File Checker (SFC). Jika itu tidak menyelesaikan masalah, mungkin system image anda rusak. Oleh karena itu anda perlu menjalankan Deployment Image Servicing and Management (DISM) untuk memperbaikinya dan kemudian jalankan kembali SFC.

Untuk itu, ikuti langkah-langkah berikut ini untuk menjalankan kedua tool diatas.
  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik cmd dan tekan Ctrl + Shift + Enter untuk membuka Command Prompt dengan hak administrator. Anda juga dapat membuka Windows Terminal dengan hak admin dan memilih Command Prompt.
Catatan: Jika anda tidak dapat meluncurkan Command Prompt atau Terminal dengan hak admin, maka lewati solusi ini dan lanjutkan ke yang solusi berikutnya.
  • Di jendela Command Prompt, masukan perintah berikut dan tekan Enter.
sfc /scannow
  • Setelah selesai, restart komputer anda dan periksa kembali.


  • Jika System File Checker gagal melakukan tugasnya, maka masukan perintah DISM berikut ini satu per satu sambil menekan Enter untuk menscan dan memperbaiki system image. Anda dapat melihat video tutorial cara menjalankan perintah DISM pada normal mode dan menggunakan media instalasi sebagai sumber perbaikan disini.
Dism /Online /Cleanup-Image /ScanHealth
Dism /Online /Cleanup-Image /ScanHealth
Dism /Online /Cleanup-Image /RestoreHealth

  • Setelah semua perintah di jalankan, anda dapat merestart komputer anda.
  • Selanjutnya, jalankan kembali System File Checker.
  • Kemudian, restart kembali PC anda dan periksa apakah itu memperbaiki masalah pada komputer anda.


4. Perbaiki Windows menggunakan Media Instalasi

Jika semua solusi sebelumnya tidak berhasil untuk anda, maka kemungkinan system anda mengalami kerusakan yang parah dan tidak dapat diperbaiki secara normal. Dalam situasi seperti ini, anda perlu menggunakan salinan baru dari system operasi untuk memperbaiki instalasi Windows yang ada. Jadi, lanjutkan untuk memperbaiki Windows menggunakan media instalasi dan selesaikan masalahnya.



5. Install Ulang Aplikasi yang Bermasalah

Jika anda mengalami error SystemSettingsAdminFlows ini saat meluncurkan aplikasi tertentu, maka solusi yang disarankan adalah melakukan install ulang aplikasi tersebut. Menginstall ulang aplikasi dapat membantu jika ada beberapa file yang diperlukan yang tidak diinstall dengan benar selama proses penginstalan awal. Jadi, uninstall aplikasi tersebut secara komplit dari system anda. Untuk melakukan tugas ini dan mempermudah anda, anda dapat menggunakan bantuan dari software uninstaller pihak ketiga. Setelah itu, install kembali aplikasi yang bermasalah dengan menggunakan file installer baru yang anda dapatkan dari website resminya.



Saya harap salah satu solusi diatas menyelesaikan masalah anda.

Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki error SystemSettingsAdminFlows di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Memperbaiki Error SystemSettingsAdminFlows di Windows 10/11"