Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Kernel-PnP Error Event ID 411 di Windows 10/11

 


Kernel Plug and Play (PnP) adalah kombinasi teknologi software dan hardware yang memungkinkan komputer Windows mendeteksi dan mengenali saat sebuah perangkat terhubung dengan komputer dan memastikan bahwa perangkat tersebut diinstall dan dikonfigurasi dengan benar. Error yang dialami Kernel PnP dapat menyebabkan masalah dengan hardware atau komponen hardware system, seperti port USB yang tidak berfungsi atau munculnya error blue screen.


Dalam artikel ini, saya akan membahas cara memperbaiki error Kernel-PnP dengan Event ID 411 di Windows 10 atau Windows 11 anda. Event ID 411 adalah pesan error yang muncul ketika system mengalami masalah dalam memuat driver hardware yang terhubung ke komputer. Ini dapat menyebabkan kerusakan system yang serius, oleh karena itu, sangat penting untuk memperbaikinya sesegera mungkin.




Memperbaiki Kernel-PnP Error Event ID 411 di Windows 10/11


Jika anda mengalami masalah pada PC Windows dan mencari penyebabnya di Event Viewer, anda mungkin menemukan pesan error dengan nama log Microsoft-Windows-Kernel-PnP dan kode Event ID 411. Untuk memperbaiki masalah ini di Windows 10 dan Windows 11, gunakan beberapa solusi dibawah ini  untuk memperbaikinya.



1. Hubungkan Perangkat USB Lainnya


Pengguna melaporkan bahwa perangkat USB mereka tidak berfungsi dan setelah melakukan penyelidikan di Event Viewer, mereka menemukan pesan error yang mengindikasikan masalah Kernel-PnP yang biasanya terjadi karena masalah hardware. Disarankan untuk mencoba menghubungkan perangkat USB lain ke port USB yang sama atau mencoba menghubungkan perangkat USB yang sama ke port USB lain. Jika perangkat USB berfungsi setelah dicoba di port USB lain, kemungkinan masalahnya terkait dengan port USB yang digunakan sebelumnya.


Apabila perangkat lain berfungsi dengan baik setelah dihubungkan ke port USB yang sama, maka kemungkinan besar masalah terletak pada perangkat USB yang digunakan. Disarankan untuk menginstall ulang driver perangkat USB tersebut di system anda dan periksa apakah tindakan ini dapat membantu mengatasi masalah tersebut.



2. Install Ulang USB Root Hub driver


Beberapa pengguna melaporkan bahwa port USB mereka berhenti berfungsi setelah mereka mencabutnya dan menhubungkan kembali perangkat USB di PC mereka. Apabila semua port USB mengalami masalah yang sama, kemungkinan masalah terletak pada driver USB Root Hub. Disarankan untuk membuka Device Manager dan memeriksa apakah terdapat tanda peringatan pada driver USB Root Hub.

  • Tekan tombol Win + X dan pilih Device Manager.
  • Di jendela Device Manager, perluas Universal Serial Bus controllers.
  • Kemudian, klik dobel pada USB Root Hub untuk membuka Properties-nya.
  • Lihat apakah ada pesan error yang ditampilkan di Device status dibawah tab General.
  • Jika ya, maka uninstal driver USB Root Hub dengan mengklik kanan pada USB Root Hub dan pilih Uninstall device.
  • Kemudian klik Uninstall pada jendela konfirmasi.
  • Setelah proses uninstall driver selesai, restart komputer anda.



Setelah me-restart komputer anda, hubungkan kembali perangkat USB anda dan system akan menginstall kembali driver secara otomatis. Sekarang, periksa apakah masalah tetap ada atau tidak.



3. Update Driver Graphics Card


Beberapa pengguna selalu mengalami crash pada game mereka. Dalam kasus seperti itu, masalahnya mungkin terkait dengan driver graphics card. Jadi, pastikan bahwa driver GPU anda telah di update. Versi driver GPU yang sudah out of date dapat menyebabkan beberapa masalah. Upayakan untuk mengupdate driver GPU anda guna memperbaiki masalah tersebut. Anda dapat menggunakan salah satu metode berikut untuk mengupdate driver graphics card anda.

  • Update driver graphics melalui halaman Optional Updates di Windows Update.
  • Update driver graphics melalui Device Manager.



Namun, pada beberapa kasus, pengguna berhasil memperbaiki masalah dengan menginstall driver GPU versi yang lebih lama. Jika opsi ini tersedia, maka anda dapat mencoba me-roll back driver melalui jendela properties driver graphics card anda dibawah tab Driver di jendela Device Manager.



4. Install Ulang Driver GPU


Jika mengupdate driver GPU tidak membantu anda, maka anda perlu melakukan clean install driver graphics card anda. Untuk itu, anda harus menghapus sepenuhnya driver dengan menggunakan DDU kemudian menginstall ulang driver driver graphics. Sebelum menguninstall driver GPU anda, download versi terbaru driver graphics anda dari website resmi perangkat GPU anda.




5. Apakah Anda mengalami masalah konektivitas internet?


Beberapa pengguna mengalami masalah konektivitas internet akibat error Kernel-PnP dengan Event ID 411. Pengguna yang mengalami masalah konektivitas internet pada PC mereka karena error ini menyadari bahwa masalah ini terletak pada WiFi atau network card mereka. Beberapa pengguna berhasil menyelesaikan masalah ini dengan cara mengganti network card yang digunakan.


Apabila network card mengalami kegagalan, maka komputer tidak dapat terhubung dengan jaringan WiFi manapun. Untuk memeriksa apakah terdapat error pada Network Adapter anda, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Tekan tombol Win + X dan pilih Device Manager.
  • Di jendela Device Manager, perluas Network adapters dan klik dobel pada driver network adapter anda.
  • Di jendela properties network adapter, pastikan anda berada di tab General.
  • Sekarang, lihat pada bagian Device status.




Jika anda melihat This device is working properly maka driver network anda baik-baik saja. Namun jika menemukan pesan error, maka anda dapat menghubungi teknisi komputer untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut mengenai kondisi network card anda.



6. Nonaktifkan Fast Startup


Menonaktifkan Fast Startup membantu banyak pengguna yang terpengaruh. Anda juga dapat mencoba metode ini. Anda perlu memeriksa apakah Fast Startup diaktifkan di system anda. Jika ya, maka nonaktifkan itu dan lihat apakah itu membantu mengatasi masalah ini.




7. Update BIOS dan Driver Chipset


Jika masalah masih berlanjut atau jika anda mengalami error blue screen, maka sebaiknya anda perlu mengupdate BIOS system dan juga driver chipset anda. Cara terbaik dan teraman adalah menggunakan utilitas yang mungkin telah terinstall di perangkat anda. Ini akan memperbaiki berbagai masalah yang terkait dengan driver perangkat. Namun pastikan anda paham cara mengupdate BIOS anda. Jika anda belum pernah melakukan ini, sebaiknya anda meminta bantuan pada orang yang paham tentang ini. Segala bentuk kegagalan dalam mengupdate BIOS, dapat menyebabkan komputer anda tidak dapat berfungsi kembali!!




8. Lakukan Upgrade Menggunakan Media Creation Tool


Jika tidak ada solusi di atas yang berhasil untuk anda, lakukan upgrade menggunakan Media Creation Tool. Melakukan ini akan memperbaiki OS Windows tanpa menguninstall OS yang ada. Selama proses ini, data anda tidak akan terhapus tetapi dari sudut pandang keamanan, saya sarankan anda untuk membackup data penting anda.




Semoga membantu!


Sekian tutorial saya kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki Kernel-PnP error Event ID 411 di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Memperbaiki Kernel-PnP Error Event ID 411 di Windows 10/11"