Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Tidak Dapat Install atau Uninstall Program di Windows 10/11

 


Jika anda mengalami kesulitan dalam menginstall atau menguninstall program, software atau aplikasi di Windows 10 atau Windows 11 anda, maka artikel ini dapat memberikan beberapa saran yang dapat membantu anda. Beberapa kemungkinan penyebab masalah ini antara lain file atau konfigurasi system operasi yang rusak atau gangguan oleh software pihak ketiga. Jika anda mengalami masalah ini, teruslah membaca untuk mendapatkan solusinya.



Memperbaiki Tidak Dapat Install atau Uninstall Program


Apabila anda kesulitan dalam menginstall atau menguninstall program pada komputer dengan system operasi Windows 10 atau Windows 11, silakan mencoba saran yang saya berikan dan periksa apakah ada yang dapat membantu anda.



1. Restart PC dan Coba Lagi


Anda dapat mencoba untuk merestart komputer dengan system operasi Windows anda dan periksa apakah anda dapat melakukan operasi yang diinginkan. Dengan merestart komputer, error sementara yang menyebabkan masalah ini dapat diperbaiki. Langkah sederhana ini telah terbukti membantu dalam banyak kasus.



2. Periksa Apakah Akun Anda Memiliki Hak Admin


Pastikan bahwa anda telah login menggunakan akun administrator dan memiliki hak akses administrator untuk menginstall atau menguninstall software serta aplikasi pada system operasi Windows anda. Jika anda menggunakan Local Account untuk menguninstall software atau program dan mendapatkan masalah ini, maka anda dapat meminta Administrator anda (atau jika anda memiliki akun administrator) untuk menambahkan Local Account tersebut ke Group Administrator. Dengan cara ini, maka Local Account tersebut juga dapat memiliki hak yang sama untuk menginstall atau menguninstall program.



3. Jalankan Program Install and Uninstall Troubleshooter


Microsoft memiliki tool Program Install and Uninstall Troubleshooter yang dapat secara otomatis mendiagnosis masalah yang mungkin terjadi saat menginstall atau menguninstall program atau software di system operasi Windows 11/10/8/7. Troubleshooter ini akan membantu anda memperbaiki masalah yang menghambat penginstalan atau uninstall program. Jadi, jika anda tidak dapat menginstall atau menguninstall program pada Windows 10 atau Windows 11 anda, anda dapat menggunakan troubleshooter ini, bahkan jika anda tidak dapat menguninstall program melalui Control Panel.


Untuk menjalankan Program Install and Uninstall Troubleshooter di Windows 10 atau Windows 11 atau Windows yang lebih lama, ikuti langkah-langkah berikut dibawah ini.

  • Download Program Install and Uninstall Troubleshooter dari website Microsoft.
  • Kemudian, jalankan troubleshooter dengan mengklik dobel pada file yang di download.
  • Selanjutnya klik Next dan pilih Installing atau Uninstalling (Sesuai kasus yang anda alami).
  • Troubleshooter akan menscan system anda dan akan mendeteksi program anda.
  • Daftar program akan muncul sekarang. Pilih program yang bermasalah dengan anda.
  • Setelah itu, klik Next untuk memulai pemecahan masalah.



Program Install and Uninstall Troubleshooter ini akan membantu memperbaiki hal berikut ini.

  • Key registry rusak pada system operasi 64-bit.
  • Key registry rusak yang mengontrol data update.
  • Masalah yang mencegah penginstalan program baru.
  • Masalah yang mencegah program yang ada diuninstall sepenuhnya atau diupdate.
  • Masalah yang menghalangi anda menguninstall program melalui Add or Remove Programs (atau Programs and Features) di Control Panel.


Anda juga dapat mencoba memperbaiki masalah secara manual dengan membersihkan key registry yang rusak dengan menggunakan aplikasi registry cleaner yang terpercaya.



4. Install atau Uninstall dalam Clean Boot atau Safe Mode


Anda dapat mempertimbangkan untuk melakukan Clean Boot dan kemudian mencoba menginstall program atau menguninstall program yang telah terinstal. Atau anda juga dapat memboot Windows anda dalam Safe Mode dan mencoba untuk menginstall atau menguninstall program tersebut dari sana. Langkah ini akan menghilangkan segala kemungkinan program atau aplikasi pihak ketiga yang mengganggu proses instalasi atau uninstall anda.




5. Periksa Apakah Windows Installer Engine Berfungsi


Windows Installer (sebelumnya dikenal sebagai Microsoft Installer atau msiexec.exe) yang merupakan sebuah komponen software dan Application Programming Interface (API) yang dikembangkan oleh Microsoft untuk digunakan dalam instalasi, pemeliharaan dan uninstall software pada system operasi Windows. Jika ini tidak berfungsi, maka anda mungkin mengalami masalah saat menginstall atau uninstall prgram.


Untuk memeriksanya, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Di jendela Command Prompt, masukan perintah berikut ini dan tekan Enter.
MSIExec


Jika MSI engine berfungsi, maka anda akan melihat popup Windows Installer; jika tidak, maka anda akan melihat pesan error.


6. Periksa Status Service Windows Installer

Jika service Windows Installer tidak berjalan atau di nonaktifkan pada system operasi Windows anda, maka anda juga akan mengalami masalah saat menginstall atau menguninstall program. Untuk itu, periksa, apakah service Windows Installer di aktifkan dan berjalan di system anda.

Untuk memeriksanya, ikuti langkah-langkah berikut ini.
  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik services.msc dan tekan Enter untuk membuka Services Windows.
  • Di jendela Services, klik dobel pada service Windows Installer di panel kanan.
  • Di jendela properties service yang terbuka, jika Startup type-nya di atur ke Disabled, maka ubah ke Manual.
  • Setelah itu, klik Start pada bagian Service status untuk menjalankan service Windows Installer.


Setelah melakukan itu, tutup jendela Services dan coba install atau uninstall kembali program tersebut.


7. Daftarkan Ulang Windows Installer Engine

Jika masalah masih berlanjut, anda juga dapat mencoba untuk mendaftarkan ulang Windows installer engine pada Windows anda. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut ini.
  • Buka Command Prompt dengan hak admin seperti langkah diatas.
  • Di jendela Command Prompt, masukan perintah berikut satu per satu sambil menekan Enter.
MSIExec /unregister
MSIExec /regserver

Perintah diatas akan mendaftarkan ulang Windows installer engine di Windows anda. Anda kemudian dapat menco menginstall atau menguninstall kembali aplikasi yang bermasalah.


8. Uninstall Program Melalui Registry

Jika entri program tidak ada di Control Panel, Settings atau Uninstaller tidak tersedia atau cara ini tidak berfungsi karena alasan tertentu, maka anda juga dapat menguninstall program melalui Registry Editor. Artikel ini akan menunjukkan cara menguninstall program menggunakan Registry Editor di semua edisi Windows.


9. Periksa File Log

Anda dapat menggunakan tool Wilogutl.exe untuk menganalisis file log dari instalasi Windows Installer. Tool ini mungkin menyarankan solusi untuk error yang ditemukan di file log. Ini tersedia di Windows Software Development Kit terbaru. Anda dapat mengaktifkan Windows Installer logging dan kemudian membaca file verbose .msi untuk mendapatkan saran tentang cara mengatasi masalah tersebut.

Untuk mengaktifkan Windows Installer logging, ikuti langkah-langkah berikut ini.
  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik regedit dan tekan Enter untuk membuka Registry Editor.
  • Di jendela Registry Editor, telusuri jalur berikut ini.
HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Policies\Microsoft\Windows\Installer
  • Jika anda tidak melihat keyreg Installer, maka klik kanan pada keyreg Windows di panel kanan, kemudian pilih New - Key dan beri nama dengan Installer.


  • Anda kemudian dapat membuat string baru. Untuk itu, klik kanan ruang kosong di panel kanan, kemudian pilih New - String Value dan beri nama dengan Logging.


  • Setelah itu, klik dobel pada Logging, kemudian ubah Value datanya menjadi voicewarmupx dan klik OK.



10. Gunakan Software Uninstaller Pihak Ketiga

Jika tidak ada yang membantu, maka anda dapat menggunakan software uninstaller gratis pihak ketiga untuk Windows.


Jika anda masalah ini terjadi saat anda menguninstall aplikasi bloatware atau aplikasi bawaan Windows, maka anda dapat menggunakan PowerShell untuk menguninstall aplikasi tersebut.

Semoga membantu anda!
Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki tidak dapat install atau uninstall program di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!

Post a Comment for "Memperbaiki Tidak Dapat Install atau Uninstall Program di Windows 10/11"