Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menambahkan Local dan Microsoft Account ke Group Administrator Menggunakan PowerShell

 


Jika anda ingin menambah atau menghapus Local dan Microsoft Account ke group Administrator di Windows 10 atau Windows 11, anda dapat melakukannya dengan bantuan Windows PowerShell. Berikut adalah panduan terperinci yang perlu anda ikuti untuk menyelesaikannya.


Ada beberapa group user account yang tersedia di Windows 10 dan Windows 11. Untuk itu, anda dapat menemukan Administrator, Backup Operator, Event Log Reader, Device Owner, Replicator, Power User, User dan lainnya. Dari semua jenis itu, group Administrator memegang posisi tertinggi di komputer anda. Jika user account dikaitkan dengan group tertentu, pengguna terkait tidak memerlukan hak administrator lain untuk menginstall aplikasi atau mengubah pengaturan.


Saat anda membuat user account di Windows 10 atau Windows 11, anda mungkin tidak selalu membuat akun administrator. Jika anda membuat akun sebelumnya dan ingin menambahkannya ke group Administrator sekarang, anda dapat menggunakan panduan ini untuk menyelesaikan pekerjaan. Karena Windows PowerShell terlibat untuk tujuan ini, anda tidak perlu melalui pengaturan atau opsi yang rumit.



Cara Menambahkan Local dan Microsoft Account ke Group Administrator Menggunakan PowerShell


Pertama, anda perlu membuka Windows PowerShell dengan hak administrator. Di Windows 10, anda dapat menekan tombol Win + X dan memelih  Windows PowerShell (Admin), sementara diWindows 11, gunakan Search untuk menemukannya, kemudian klik kanan padanya dan pilih Run as administrator. Anda juga dapat menggunakan instance Windows PowerShell di Terminal Windows dengan hak admin. Di Windows 11, tekan tombol Win + X dan pilih Windows Terminal (Admin), sementara anda perlu menginstall Windows Terminal di Windows 10 agar dapat menggunakannya. 


Setelah anda membuka Windows Terminal dengan hak admin dan memilih PowerShell, masukkan perintah berikut dan tekan Enter untuk menambahkan user account baru ke group Administrator. Anda harus mengganti user_name dengan nama pengguna sebenarnya dari user account.


Add-LocalGroupMember -Group "Administrators" -Member "user_name"

Jika ini adalah Microsoft account, maka anda harus memasukkan perintah dibawah ini dan tekan Enter. Perhatikan bahawa, anda harus mengg

Add-LocalGroupMember -Group "Administrators" -Member "MicrosoftAccount\your_name@outlook.com"


Di sisi lain, jika anda ingin menghapus pengguna dari group Administrator, maka anda perlu menggunakan parameter remove. Misalnya, jika anda memiliki pengguna bernama abcd, maka anda harus memasukkan perintah berikut ini dan tekan Enter.

Remove-LocalGroupMember -Group "Administrators" -Member "abcd"


Jika anda ingin menambahkan akun Azure Active Directory ke group Administrator, maka masukkan perintah berikut ini dan tekan Enter.

Add-LocalGroupMember -Group "Administrators" -Member "AzureAD\yourname@outlook.com"

Namun, jika anda ingin menambahkan akun Active Directory ke group Administrators menggunakan Windows PowerShell, maka masukan perintah berikut dan tekan Enter.

Add-LocalGroupMember -Group "Administrators" -Member "domain\user"


Anda dapat menggunakan cmdlet Add-LocalGroupMember untuk menambahkan pengguna local ke group local. Cmdlet ini cukup berguna dan digunakan untuk tujuan yang berbeda pada komputer Windows 10 dan Windows 11. Baik anda ingin menerapkannya di local komputer atau remote computer, keduanya bisa dilakukan. Demikian pula, anda dapat menggunakan parameter remove untuk menghapus user account dari group local.


Untuk menambahkan pengguna ke group di PowerShell pada Windows 10 atau Windows 11, anda perlu menggunakan cmdlet Add-LocalGroupMember. Apakah anda ingin menetapkan akun ke group Local atau Administrator, anda dapat melakukan keduanya menggunakan cmdlet yang sama. Disisi lain, cmdlet Remove-LocalGroupMember membantu anda menghapus akun dari group yang dipilih pada Windows 10 atau Windows 11. Untuk informasi anda, dimungkinkan untuk menggunakan perintah ini di komputer Host dan Remote.



Sekian artikel saya kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam menambahkan Local dan Microsoft Account ke Group Administrator menggunakan PowerShell di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Jika anda menemukan solusi lainnya yang tidak disebutkan diatas, maka jangan lupa untuk berbagi. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Cara Menambahkan Local dan Microsoft Account ke Group Administrator Menggunakan PowerShell"