Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Error 0x8004def5 Sorry, there is a problem with the OneDrive servers

 


Apakah anda mengalami masalah pada OneDrive dengan Error Code 0x8004def5 di Windows 10 atau Windows 11 anda? Beberapa pengguna Windows melaporkan bahwa mereka telah mendapatkan error code ini saat menggunakan OneDrive di komputer mereka. Ketika error ini terjadi, pengguna akan melihat pesan error seperti berikut ini.

Microsoft OneDrive

Sorry, there is a problem with the OneDrive servers

Try again in a few minutes. (Error Code: 0x8004def5)



Ada beberapa kemungkinan penyebab dari error ini dimana itu akan bervariasi untuk setiap individu. Salah satu kemungkinan penyebab utamanya adalah jika server OneDrive saat ini mengalami gangguan atau downtime. Jika itu terjadi, maka kemungkinan besar akan menyebabkan munculnya error ini. Selain itu, koneksi internet yang buruk juga dapat menjadi penyebab anda mendapatkan error code 0x8004def5 ini di OneDrive. Beberapa kemungkinan penyebab lainnya antara lain firewall yang memblok, cache yang rusak dan penyesuaian atau pengaturan yang rusak pada komputer pengguna.


Jika anda mengalami error yang sama, maka anda telah menemukan tempat yang tepat. Dalam artikel ini, saya akan memberikan panduan perbaikan untuk mengatasi masalah OneDrive dengan error code 0x8004def5 di Windows 10 atau Windows 11 anda. Mari kita lihat solusinya.



Memperbaiki Error 0x8004def5 Sorry, there is a problem with the OneDrive servers


Berikut adalah metode yang dapat anda gunakan untuk memperbaiki pesan error Sorry, there is a problem with the OneDrive servers dengan error code 0x8004def5 saat menggunakan OneDrive di Windows 10 atau Windows 11.



1. Periksa Status Server OneDrive


Seperti yang telah di jelaskan sebelumnya, karena error ini menunjukkan adanya masalah dengan server OneDrive, maka anda perlu memastikan server OneDrive tidak down saat ini. Mungkin server OneDrive sedang menjalani pemeliharaan atau mereka mungkin menghadapi beberapa masalah server lain yang menyebabkan anda menerima error ini. Oleh karena itu, periksa status server OneDrive saat ini dan pastikan layanannya aktif dan berjalan. Jika tidak, tunggu masalah server diperbaiki dan coba gunakan kembali OneDrive beberapa saat kemudian.



Jika anda mendapati status server OneDrive tidak down, maka anda dapat melanjutkan ke perbaikan berikutnya untuk mengatasi error code 0x8004def5 ini.



2. Uji Koneksi Internet Anda


Untuk mengatasi pesan error Sorry, there is a problem with the OneDrive servers, anda perlu memastikan bahwa koneksi internet anda aktif dan stabil. Koneksi internet yang lemah atau tidak stabil dapat menyebabkan masalah saat terhubung ke server OneDrive dan menyinkronkan data, karena OneDrive membutuhkan koneksi internet aktif. Anda dapat menggunakan NetSpeedMonitor atau Network Speed Test memeriksa kecepatan internet anda.


Error code 0x8004def5 mungkin disebabkan oleh masalah koneksi internet anda. Jika demikian, sebaiknya perbaiki masalah WiFi atau ethernet anda terlebih dahulu sebelum mencoba menggunakan OneDrive kembali. Anda dapat mencoba menghubungkan ke jaringan yang berbeda untuk melihat apakah masalahnya teratasi. Namun, jika koneksi internet berfungsi dengan baik, anda dapat mencoba solusi lain untuk memperbaiki error ini.



3. Hapus Log Telemetry


Beberapa pengguna telah berhasil memperbaiki error ini dengan menghapus log Telemetry yang terhubung dengan Microsoft OneDrive. Anda juga dapat mencoba solusi yang sama dengan cara menghapus log tersebut. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat anda lakukan.

  • Tekan tombol Win + R dan masukkan AppData dan tekan Enter.
  • Di lokasi yang terbuka di File Explorer, arahkan ke jalur berikut ini.
C:\Users\user_name\AppData\Local\Microsoft\OneDrive\setup\logs
  • Di lokasi, hapus dua file log Telemetry berikut ini.
UserTelemetryCache.otc
UserTelemetryCache.otc.session
  • Setelah menghapusnya, restart komputer anda.


Setelah itu buka kembali OneDrive untuk memeriksa apakah error sudah diperbaiki atau belum.


4. Reset Cache OneDrive

Ada beberapa hal lain yang dapat anda lakukan untuk memperbaiki error Sorry, there is a problem with the OneDrive servers ini dan salah satunya adalah dengan mereset cache terkait dengan OneDrive dan aplikasi ke keadaan default. Masalah koneksi dengan server OneDrive dapat disebabkan oleh cache atau pengaturan yang rusak.

Jika anda mengalami masalah seperti ini, maka anda dapat mencoba untuk menghapus cache OneDrive untuk memperbaiki masalah tersebut. Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini untuk melakukannya.
  • Tekan tombol Win + R, kemudian masukan perintah dibawah ini dan tekan Enter.
%localappdata%\Microsoft\OneDrive\onedrive.exe /reset


  • Jika anda mendapatkan pesan error Windows cannot find…, maka gunakan perintah berikut ini.
C:\Program Files\Microsoft OneDrive\onedrive.exe /reset
C:\Program Files (x86)\Microsoft OneDrive\onedrive.exe /reset
  • Perintah tersebut akan mereset aplikasi OneDrive anda.

Setelah selesai, anda dapat memulai ulang aplikasi dan memeriksa apakah error sudah diperbaiki atau belum. Jika error masih muncul, anda dapat melanjutkan ke perbaikan berikutnya.


5. Izinkan OneDrive Melalui Firewall

Jika anda mengalami error Sorry, there is a problem with the OneDrive servers saat menggunakan OneDrive, salah satu kemungkinan penyebabnya adalah adanya gangguan dari firewall. Untuk memastikan apakah firewall anda adalah alasan mengapa anda mendapatkan error ini, maka anda dapat mencoba menonaktifkan firewall untuk sementara dan melihat apakah error telah diperbaiki.


Jika memang firewall yang menyebabkan error tersebut, maka langkah selanjutnya adalah mengizinkan OneDrive melalui firewall anda. Dengan demikian, error OneDrive dengan error code 0x8004def5 dapat diperbaiki secara permanen.


Demikian pula, anda juga dapat memeriksa apakah antivirus anda menyebabkan error dengan menonaktifkan antivirus untuk sementara. Jika ini yang menyebabkan masalah, maka tambahkan aplikasi OneDrive ke daftar exception atau exclusion. Berikut ini adalah cara menambahkan OneDrive ke daftar Exception di dua antivirus.


Jalur path OneDrive (jangan lupa mengganti user_name dengan milik anda):
C:\Users\user_name\AppData\Local\Microsoft\OneDrive\OneDrive.exe

Untuk Avast, ikuti langkah-langkah berikut.
  • Luncurkan Avast Antivirus di PC anda.
  • Kemudian klik Menu di kanan atas dan pilih Settings.
  • Di Settings, klik Exception.
  • Selanjutnya, klik ADD EXCEPTION dan kemudian klik BROWSE.
  • Buka jalur path diatas dan klik OK untuk menambahkan aplikasi.
  • Kemudian klik OK.
  • Sekarang, tutup Avast Antivirus dan restart komputer anda.

Untuk AVG, ikuti langkah-langkah berikut ini.
  • Buka AntiVirus AVG di komputer anda.
  • Selanjutnya, klik menu tiga garis horisontal di kanan atas dan pilih Settings.
  • Di jendela Settings, pilih General di bagian paling kanan dan kemudian klik Exception di bagian tengahnya.
  • Selanjutnya, klik klik ADD EXCEPTION dan klik BROWSE.
  • Anda kemudian dapat menambahkan jalur path diatas.
  • Setelah menambahkan aplikasi, tutup AVG dan restart komputer anda.

Perbaikan diatas harus menyelesaikan error untuk anda.


Sekian tutorial saya kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki error 0x8004def5 Sorry, there is a problem with the OneDrive servers di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Memperbaiki Error 0x8004def5 Sorry, there is a problem with the OneDrive servers"