Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Tab File Explorer Hilang di Windows 11

 


Fitur Tab di File Explorer adalah bagian dari Windows 11. Anda dapat menggunakan fitur Tab di File Explorer di Windows 11, dimana itu memudahkan anda membuka banyak folder dalam satu jendela. Anda tidak perlu lagi menggunakan aplikasi pihak ketiga atau membuat jendela baru setiap kali ingin membuka folder baru. Beberapa pengguna mendapatkan fitur ini setelah mengupdate Windows 11 ke versi Windows 11 22H2, sementara pengguna yang lain melaporkan bahwa Tab File Explorer hilang di komputer mereka.


Tab File Explorer mungkin tidak ada pada PC Windows 11 anda karena beberapa alasan seperti update terbaru Windows yang tidak diinstall, ketidakcocokan system atau masalah saat menginstall update Windows 11 22H2.


Untungnya, ada perbaikan dan solusi yang tersedia yang dapat anda terapkan untuk memperbaiki Tab File Explorer yang hilang di Windows 11 anda dan saya akan membantu anda mengatasinya dengan beberapa solis di bagian selanjutnya dari artikel ini.



Memperbaiki Tab File Explorer Hilang di Windows 11


Jika Tab File Explorer hilang di Windows 11 22H2 atau di versi Windows yang lebih baru, maka berikut adalah beberapa solusi dan perbaikan untuk membantu anda menampilkannya kembali.



1. Periksa dan Install Update Windows Terbaru


Seperti yang dinyatakan sebelumnya, Tab File Explorer hadir dengan update Windows 11 22H2 (OS Build 22621.675). Oleh karena itu, jika anda belum menginstall versi terbaru dari OS Windows 11 ini di komputer anda, maka anda tidak akan mendapatkan Tab di File Explorer anda. Jadi, hal pertama yang harus anda lakukan jika anda menghadapi masalah ini adalah memeriksa dan menginstall update Windows terbaru dengan mengikuti langkah-langkah berikut dibawah ini.
  • Tekan tombol Win + I untuk membuka Settings Windows di komputer anda.
  • Di jendela Settings, klik Windows Update di bagian atas jendela atau klik Windows Update di panel kiri.
  • Di halaman Windows Update di panel kanan, anda akan melihat apakah ada update yang tersedia. Atau anda dapat mengklik Check for updates untuk memeriksa update terbaru untuk komputer anda.
  • Jika tersedia, maka klik Download & install untuk mengupdate system anda.
  • Setelah selesai, restart komputer anda.


Anda akan mendapatkan Tab di File Explorer setelah booting berikutnya. Namun jika anda mendapatkan kegagalan saat update Windows, ikuti metode berikutnya.


2. Download dan Install Update Windows Secara Manual

Terkadang, mendownload dan menginstall update Windows secara otomatis melalui Windows Update di jendela Settings mengalami kegagalan atau mungkin tidak berfungsi. Oleh karena itu, saya menyarankan anda untuk mendownload update Windows secara manual dengan mengikuti salah satu metode yang ditautkan di bawah ini.


Salah satu metode diatas akan berhasil menginstall update terbaru di komputer anda dan itu akan menampilkan Tab File Explorer di Windows 11 anda.


3. Pecahkan Masalah di Clean Boot

Jika dengan menginstall semua update yang diperlukan, anda tetap tidak melihat Tab di File Explorer Windows 11 anda, maka anda perlu melakukan Clean Boot untuk melihat apakah ada proses pihak ketiga yang memblokirnya. Terkadang, beberapa aplikasi atau service yang berjalan pada PC anda dapat menyebabkan File Explorer untuk berhenti berfungsi dengan benar. Jadi lakukan itu dan jika anda menemukannya, anda wajib menguninstall pelakunya dari system anda.



4. Gunakan ViveTool di Windows 11 22H2

Jika komputer Windows anda tidak memiliki fitur tab File Explorer atau mungkin seseorang sudah menonaktifkan Tab File Explorer di Windows 11 anda, maka anda dapat mengaktifkannya kembali menggunakan tool open-source dari GitHub bernama ViveTool. Pendekatan ini dapat anda gunakan namun setelah anda mengupdate Windows 11 anda ke versi Windows 11 22H2 dan Tab File Explorer masih hilang.



5. Perbaiki atau Reset OS Windows 11

Jika semua metode diatas masih tidak membantu anda, maka anda mungkin perlu mengikuti saran berikut ini sebagai opsi terakhir untuk memperbaiki atau mengatur ulang file system di Windows 11 anda.

Anda perlu memperbaiki system image yang rusak dengan menjalankan Deployment Image Servicing and Management (DISM) dan kemudian jalankan System File Checker (SFC) untuk memperbaiki file system anda.


Setelah anda menjalankan keduanya, restart komputer anda dan periksa kembali apakah Tab di File Explorer muncul kembali. Jika tidak, maka anda perlu menggunakan opsi Reset this PC untuk mereset komputer anda ke default pengaturan pabrik. Pastikan anda memilih opsi Keep my files saat melakukan reset untuk menyimpan file anda.



Sekian artikel saya kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki Tab File Explorer hilang di Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Jika anda menemukan solusi lainnya yang tidak disebutkan diatas, maka jangan lupa untuk berbagi. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Memperbaiki Tab File Explorer Hilang di Windows 11"