Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Error You’ve entered an incorrect PIN too many times di Windows 10/11

 


Saat anda terus-menerus memasukkan PIN yang salah pada Windows 10 atau Windows 11, pada satu titik anda akan mendapatkan pesan error You’ve entered an incorrect PIN too many times. Pesan error yang muncul tersebut menyatakan bahwa anda telah memasukkan PIN yang salah berkali-kali. Pesan error lengkapnya akan terlihat seperti berikut ini.


Change your PIN

You’ve entered an incorrect PIN too many times

To try again, restart your device.

The dictionary attack mitigation is triggered and the provided authorization was ignored by the provider.



Pesan error ini juga dapat terjadi saat anda terus mencoba mereset PIN anda di Sign-in options dan itu terus meminta PIN saat mencoba untuk meresetnya. Anda akan melihat pesan error seperti berikut ini.


Making sure it's you

We need to verify your identity <user_ID>

Change your PIN

You’ve entered an incorrect PIN too many times

To try again, restart your device.

The dictionary attack mitigation is triggered and the provided authorization was ignored by the provider.



Kedua pesan error tersebut muncul di Windows ketika pengguna mencoba memasukkan PIN yang salah berkali-kali saat mencoba login ke user account Windows mereka. Ini merupakan fitur keamanan Windows yang bertujuan untuk melindungi perangkat anda dari akses yang tidak sah. Namun terkadang, pesan error ini juga dapat muncul karena kerusakan pada file system yang terkait dengan fitur tersebut.


Jika anda juga mengalami masalah ini di komputer Windows 10 atau Windows 11 anda, maka artikel ini akan memberikan beberapa solusi terbaik untuk membantu anda memperbaiki masalah ini



Memperbaiki Error You’ve entered an incorrect PIN too many times di Windows 10/11


Untuk memperbaiki error You’ve entered an incorrect PIN too many times saat berulang kali salah memasukan PIN di Windows 10 atau Windows 11 anda, anda dapat mengikuti beberpa solusi berikut ini.


Catatan: Anda mungkin mengalami masalah yang sama saat anda ingin mereset PIN login Windows anda. Jadi jika itu terjadi, maka solusi berikut menjadi pilihan anda.



1. Sign-in dengan Microsoft Account Anda Sebagai Gantinya


Windows memungkinkan pengguna untuk sign in ke user account mereka melalui password Microsoft Account mereka. Saat anda berada di login screen, anda dapat memilih Sign-in options lain menggunakan Password. Disini, anda dapat login dengan memasukkan passwordi Microsoft Account anda dan itu akan berhasil. Namun jika anda tidak memiliki opsi ini, maka lanjut ke solusi berikutnya.



2. Hapus PIN dan Buat yang Baru


Setelah anda login ke Windows anda menggunakan Microsoft Account anda, anda perlu menghapus fitur login dengan PIN, kemudian merestart komputer anda dan mengatur ulang PIN anda. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Tekan tombol Win + I untuk membuka Settings Windows.
  • Di jendela Settings, pilih Accounts dan klik Sign-in Options.
  • Setelah itu, perluas opsi PIN (Windows Hello) dan klik Remove.
  • Sekarang, masukkan password Microsoft Account anda untuk mengkonfirmasi prosesnya.
  • Terakhir, restart komputer anda dan atur PIN baru.



Catatan: Jika anda menemukan opsi Remove berwarna abu-abu sehingga anda tidak dapat menghapus PIN, maka anda harus menonaktifkan terlebih dahulu opsi For improved security, only allow Windows Hello sign-in for Microsoft accounts on this device pada bagian Additional settings.



3. Clear TPM dan Tambahkan PIN Baru


Metode lain yang dapat anda coba adalah Clear TPM perangkat anda dan kemudian menambahkan PIN baru. Melakukannya akan mereset TPM ke keadaan default dan menghapus authorization value dan key pemilik yang disimpan. Anda dapat melakukannya melalui Windows Security, menggunakan perintah di PowerShell, melalui TPM Management atau melalui BIOS. Tiga metode pertama mengharuskan anda harus login ke Windows anda terlbih dahulu, namun jika anda tidak dapat login ke Windows, maka anda harus melakukannya dari BIOS. Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk melakukannya dari BIOS.

  • Masuk ke BIOS anda. Untuk itu anda perlu melihat buku panduan perangkat anda atau mengunjungi website resmi perangkat anda untuk mendapatkan petunjuk.
  • Di BIOS, navigasikan ke tab Security dan klik opsi Clear TPM.


  • Setelah melakukan itu, simpan perubahan dan restart komputer.
  • Setelah perangkat anda direstart, tambahkan PIN baru menggunakan Windows Hello.


Sebelum anda meng-clear TPM anda, nonaktifkan BitLocker untuk semua drive anda atau anda dapat menyimpan key enkripsi di suatu tempat. Anda perlu melakukan itu untuk menghindari kehilangan key enkripsi untuk drive anda karena akan dibutuhkan di restart berikutnya. Jika tidak maka drive tidak akan dapat dibaca kembali.



4. Pecahkan Masalah dengan Super Administrator Account Menggunakan Command Prompt


Error ini dapat terjadi jika user account yang entah bagaimana rusak. Jika demikian, maka anda dapat mengaktifkan Super Administrator Account menggunakan Command Prompt untuk memecahkan masalah. Selain itu, data anda dapat diambil kembali menggunakan Super Administrator Account. Berikut adalah cara anda melakukannya.

  • Tekan dan tahan tombol Shift di login screen Windows, kemudian klik Power di kanan bawah dan pilih Restart.
  • Di jendela Advanced Boot Options, pilih Troubleshoot - Advanced Options dan kemudian pilih Command Prompt.
  • Di jendela Command Prompt, masukan perintah berikut ini dan tekan Enter.
net user administrator /active:yes


  • Setelah itu, tutup Command Prompt dan restart perangkat anda.
  • Anda akan menemukan Super Administrator Account di login screen. Gunakan akun tersebut untuk login ke Windows.
  • Sekarang, buka Control Panel dengan menekan tombol Win + R, kemudian ketik control dan tekan Enter.
  • Di jendela Control Panel, pilih User Accounts dan klik Manage another accounts.
  • Selanjutnya, klik Add a new user in PC settings .




  • Setelah anda membuat akun baru,  buka File Explorer dan navigasikan ke C:\Users\old_user_name. C adalah drive system dimana OS Windows diinstall, dan old_user_name adalah profil akun lama anda.
  • Di lokasi, copy semua file dan folder yang ada didalamnya.
  • Setelah selesai, navigasikan ke C:\Users\new_user_name. New_user_name adalah nama profil yang baru anda buat.
  • Di lokasi, paste semua file dan folder yang anda copy tadi.
  • Setelah itu, tutup File Explorer dan restart komputer anda.
  • Setelah restart, login menggunakan user account baru.

Anda kemudian dapat mengatur opsi untuk login menggunakan PIN jika anda belum mengaturnya. Pastikan juga untuk menonaktifkan kembali Super Administrator Account anda.

Jika anda mengalami masalah saat mengaktifkan Administrator account yang menyebabkan anda tidak menemukan akun baru di login screen, maka anda dapat mengikuti artikel ini untuk membuat Local Administrator Account.


5. Lakukan System Restore

Error You’ve entered an incorrect PIN too many times ini dapat terjadi karena kegagalan instalasi atau data yang korup atau rusak. Jadi melakukan system restore menjadi pilihan terbaik untuk membuat perangkat anda kembali ke kondisi kerja sebelumnya tanpa harus menginstall ulang system operasi anda. Melakukan hal itu akan memperbaiki lingkungan Windows dengan menginstall file dan pengaturan yang disimpan di restore point. Perhatikan bahwa ini dapat dilakukan hanya jika anda telah membuat system restore point sebelum masalah ini terjadi. Jadi jika anda belum melakukannya, maka lewati langkah ini. Anda dapat melanjutkan dengan mereset Windows anda, atau harus menginstall ulang Windows anda.



Semoga ini membantu anda!

Sekian artikel saya kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki error You’ve entered an incorrect PIN too many times di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Memperbaiki Error You’ve entered an incorrect PIN too many times di Windows 10/11"