Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Error 1200, Something went wrong Saat Sign in ke Layanan Microsoft

 


Saat anda mencoba Sign in ke OneDrive, Teams atau layanan Microsoft lainnya menggunakan Microsoft Account anda, anda mungkin mendapatkan pesan error Something went wrong dengan error code 1200. Jika anda juga mendapatkan pesan error umum ini, maka artikel ini akan dapat membantu anda menyelesaikannya. Dalam artikel ini, saya akan membahas metode yang paling sesuai dan mudah untuk memperbaiki error ini.


Error code 1200 biasanya muncul saat pengguna mencoba Sign in ke OneDrive, Teams atau layanan Microsoft lainnya. Ini adalah pesan error umum dan dapat terjadi karena berbagai alasan. Beberapa penyebab error ini antara lain karena kredensial akun yang salah, cache dan cookie browser rusak, akun yang ditangguhkan atau diblokir dan juga koneksi internet anda yang tidak stabil.




Memperbaiki Error 1200, Something went wrong Saat Sign in ke Layanan Microsoft


Error sign ini Microsoft dengan error code 1200 biasanya terjadi karena detail akun yang salah atau user account anda diblokir. Namun, terkadang menghapus cookie dan cache browser dapat membantu anda menyelesaikan masalah ini. Berikut adalah beberapa metode perbaikan lyang dapat anda terapkan untuk memperbaiki masalah ini.



1. Hapus Cookie dan Cache Browser


Sebelum memulai dengan berbagai metode pemecahan masalah lainnya, coba hapus  cache dan cookie browser anda. Data cache mungkin rusak dan itu dapat menyebabkan masalah ini. Selain itu, dengan menghapus  cache dan cookie browser, akan membantu mempercepat browser web anda. Berikut cara anda melakukannya.


Di Google Chrome:

  • Buka broser Chrome.
  • Kemudian, klik menu tiga titik, kemudian arahkan ke More tools dan pilih Clear browsing data.
  • Di jendela yang muncul, pilih All time pada opsi Time range.
  • Selanjutnya, beri ceklist pada Cookies and other site data dan Cached Images and Files. Anda juga dapat memberi ceklist pada opsi lainnya.
  • Kemudian klik Clear data.
  • Terakhir, restart browser Chrome.



Di Microsoft Edge:

  • Buka browser Edge.
  • Kemudian, klik menu tiga titik dan pilih Settings.
  • Di halaman Settings, klik Privacy, search and services di panel kiri.
  • Di panel kanan, klik Choose what to clear di samping opsi Clear browsing data.
  • Selanjutnya, beri ceklist pada opsi Cookies and other site data dan Cached images and files. Anda juga dapat memilih opsi lainnya.
  • Kemudian klik Clear now.
  • Setelah itu restart browser anda.



Di Firefox:

  • Buka browser Firefox.
  • Selanjutnya, klik menu tiga garis dan pilih Settings.
  • Di halaman Settings, pilih Privacy & Security di panel kiri.
  • Di panel kanan, gulir ke bagian Cookies and Site Data dan klik Clear Data.
  • Di jendela popup yang muncul, beri ceklist pada opsi Cookies and Site Data dan Cached Web Content.
  • Kemudian klik Clear.
  • Setelah itu, restart browser Firefox anda.




2. Verifikasi Kredensial Akun


Periksa apakah anda memasukkan kredensial akun yang benar, yaitu ID pengguna dan password anda. Coba masukkan password lama anda dan periksa apakah berhasil. Namun, jika tidak berhasil, klik Forgot password dan ikuti langkah-langkah untuk memulihkan password anda. Jika anda baru saja membuat akun, maka anda mungkin perlu membuka email anda dan mengklik link yang disediakan untuk memverifikasi akun anda terlebih dahulu.



3. Hapus Folder Credentials


Semua kredensial disimpan oleh Windows dalam folder khusus. Terkadang kredensial ini bisa rusak dan menyebabkan error yang berbeda. Jadi, hapus semua kredensial dan lihat apakah itu membantu memperbaiki error ini. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Tekan tombol Win + R untuk membuka Run.
  • Kemudian, ketik perintah berikut ini dan tekan Enter atau klik OK.
%localappdata%
  • Di lokasi, klik dobel pada folder Microsoft untuk membukanya.
  • Kemudian, klik kanan pada folder Credentials dan pilih Delete untuk menghapusnya.
  • Setelah itu, restart komputer anda dan periksa apakah anda dapat sign in ke Microsoft Account anda.



4. Periksa Status Server

Server mungkin sedang dalam pemeliharaan atau menghadapi downtime sehingga anda mendapatkan masalah ini. Oleh karena itu, anda perlu memeriksa status server Microsoft. Anda juga dapat mengikuti @MSFT365Status di Twitter untuk memeriksa apakah mereka memposting tentang pemeliharaan yang sedang berlangsung. Jika banyak orang memiliki masalah yang sama, server mungkin menghadapi downtime. Ini adalah kejadian sangat jarang terjadi, namun tidak ada salahnya anda memeriksanya.



5. Pecahkan Masalah di Clean Boot

Aplikasi pihak ketiga yang terinstall di perangkat anda juga dapat menjadi penyebab mengapa anda tidak dapat sign in ke Microsoft Account anda. Jadi, lakukan Clean Boot pada PC anda untuk membatasi semua aplikasi pihak ketiga dan coba sign in kembali dalam Clean Boot.

Jika error tidak muncul di Clean Boot, maka anda mungkin perlu mengaktifkan satu per satu proses dan service secara manual untuk mengetahui siapa pelakunya. Setelah anda mengidentifikasinya, anda perlu menonaktifkan atau pertimbangkan untuk menguinstall software yang menggunakan proses atau service yang menyebabkan error ini.



Semoga salah satu metode diatas bekerja untuk anda!

Sekian tutorial kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki error 1200, Something went wrong saat Sign in ke layanan Microsoft. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Memperbaiki Error 1200, Something went wrong Saat Sign in ke Layanan Microsoft"