Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Task Manager Menunjukkan Penggunaan CPU yang Salah di Windows 10/11

 


Jika Task Manager anda menunjukkan persentase penggunaan CPU yang salah pada Windows 10 atau Windows 11 anda, maka anda harus bertindak cepat. Pengguna telah melaporkan masalah ini setelah mengupdate program yang bermasalah. Ketika Task Manager menunjukkan persentase penggunaan CPU yang salah, maka ini dapat menyebabkan masalah yang tidak perlu bagi sebagian besar pengguna Windows karena angka tersebut dapat menyesatkan anda. Masalahnya menjadi tidak meluas, tetapi pengguna telah melaporkan banyak kasus yang terjadi pada Windows 11 yang berjalan pada prosesor AMD. Dalam kasus apapun, jika itu terjadi pada anda, maka anda harus memperbaiki persentase penggunaan CPU yang salah ini di Task Manager.



Memperbaiki Task Manager Menunjukkan Penggunaan CPU yang Salah


Jika Task Manager anda menampilkan persentase penggunaan CPU yang salah di Windows 10 atau Windows 11, maka ikuti beberapa solusi berikut ini untuk memperbaiki masalah ini.


Namun, sebelum mencoba metode apapun, pastikan PC anda memenuhi persyaratan siystem untuk Windows 10 atau Windows 11 yang berjalan di komputer anda. Juga, pastikan anda menonaktifkan antivirus anda untuk sementara dan mengupdate system operasi anda ke versi terbaru.



1. Ubah Pengaturan Power


Anda dapat men-tweak pengaturan power pada PC Windows anda dan memperbaiki masalahnya. Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk mengubah pengaturan power anda.


Di Windows 10:

  • Buka Settings Windows dengan menekan tombol Win + I dan pilih System di jendela Settings.
  • Di halaman berikutnya, klik Power & battery di panel kiri.
  • Selajutnya, ubah Power mode ke Best performance.
  • Setelah itu, restart komputer anda.



Di Windows 11:

  • Tekan tombol Win + I untuk membuka Settings Windows.
  • Di jendela Settings, klik System di panel kiri dan klik Power & battery di panel kanan.
  • Di halaman berikutnya, ubah Power mode ke Best performance.
  • Setelah itu, restart komputer anda.




2. Nonaktifkan C-state Efficient Mode


Menonaktifkan C-state efficient mode dapat memecahkan masalah Task Manager yang menunjukkan penggunaan CPU yang salah. Ini bisa menjadi perbaikan yang baik untuk pengguna dengan prosesor AMD. Untuk melakukan metode ini, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Restart komputer anda dan masuk ke BIOS anda. Anda dapat menekan tombol DEL, F2, F12, atau tombol lainnya tergantung produsen komputer anda secara berulang untuk mengakses pengaturan UEFI/BIOS anda.
  • Di BIOS, arahkan ke System Utilities atau terkadang Advanced CPU Settings.
  • Selanjutnya, pilih Platform Configuration atau sesuatu seperti System Configuration.
  • Kemudian, temukan Power and Performance atau opsi serupa.
  • Selanjutnya, anda perlu menemukan opsi C-state efficient mode atau sesuatu seperti Global C-state Control.
  • Kemudian nonaktifkan opsi tersebut.
  • Setelah itu, simpan perubahan dan restart komputer anda.




3. Jalankan Memory Diagnostic Tool


Anomali memory internal dapat menyebabkan Task Manager melaporkan persentase penggunaan CPU yang salah. Untuk menjalankan tes memory, anda harus menggunakan Windows Memory Diagnostic Tool. Tool ini berjalan melalui infrastruktur memory dan melaporkan kembali kepada anda.


Untuk itu, jalankan Windows Memory Diagnostic Tool pada PC Windows 10 atau Windows 11 anda. Jika masalah disebabkan oleh kerusakan fisik pada hardware seperti RAM, anda harus menggantinya dengan komponen baru.




4. Pecahkan Masalah di Clean Boot


Jika Task Manager menunjukkan penggunaan CPU yang salah karena program pihak ketiga, maka melakukan Clean Boot dapat segera menyelesaikan masalah anda. Clean Boot juga membantu menyelesaikan masalah lain yang terjadi di background yang mungkin tidak terlalu mempengaruhi performa/kinerja PC anda secara besar-besaran.


Untuk melakukan pemecahan masalah Clean Boot, anda harus melakukan sejumlah tindakan, kemudian restart komputer setelah setiap tindakan. Anda mungkin perlu menonaktifkan satu per satu item secara manual untuk mencoba dan menentukan item yang menyebabkan masalah. Setelah anda mengidentifikasi pelaku, anda dapat mempertimbangkan untuk menghapus atau menonaktifkannya.




5. Update BIOS


Mengupdate BIOS telah membantu beberapa orang menyelesaikan masalah ini. Semua pabrikan OEM memiliki utilitas yang membantu anda mengupdate BIOS, firmware dan driver dengan mudah. Jadi, temukan milik anda dan download update BIOS hanya dari website resmi. Ini adalah cara teraman untuk mengupdate BIOS anda.

  • Jika anda memiliki laptop Dell, anda dapat mengunjungi Dell.com atau menggunakan Dell Update Utility.
  • Pengguna ACER dapat pergi kesini. Kemudian masukkan Serial Number/SNID anda atau cari produk anda berdasarkan Model, pilih BIOS/Firmware dan klik link Download untuk file yang ingin anda download.




6. Gunakan Opsi Reset PC


Mereset PC anda dapat menyelesaikan masalah. Ini terutama berhasil jika anda baru saja mengupgrade ke versi Windows yang lebih baru. Berikut cara mereset Windows 10 atau Windows 11 di komputer anda.


Di Windows 10:

  • Buka Settings Windows dengan menekan Win + I dan pilih Update & Security.
  • Di halaman berikutnya, klik Recovery di panel kiri.
  • Kemudian di panel kanan, klik Get started pada opsi Reset this PC.
  • Ikuti petunjuk di layar untuk menyelesaikan proses, namun ingatlah selalu untuk memilih opsi Keep my files saat proses reset.



Di Windows 11:

  • Buka Settings Windows dengan menekan Win + I.
  • Di jendela Settings, klik System di panel kiri dan klik Recovery di panel kanan.
  • Di halaman berikutnya, klik Reset PC di sebelah opsi Reset this PC.
  • Kemudian, ikuti petunjuk di layar untuk menyelesaikan proses. Pastikan untuk memilih opsi Keep my files saat proses reset.




Beritahu saya jika ada yang membantu anda.


Sekian artikel saya kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki Task Manager menunjukkan penggunaan CPU yang salah di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Memperbaiki Task Manager Menunjukkan Penggunaan CPU yang Salah di Windows 10/11"