Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Error 0x8007043C – 0x90017 Saat Menjalankan Media Creation Tool di Windows 10/11

 


Media Creation Tool digunakan untuk mengupgrade system operasi Windows atau membuat media instalasi yang sama. Setelah membuat media instalasi, anda dapat menggunakannya untuk menginstall system operasi Windows di komputer yang sama atau di komputer lain. Anda dapat mendownload Media Creation Tool dari website resmi Microsoft.


Namun, saat mencoba menjalankan Media Creation Tool, beberapa pengguna mengalami error 0x8007043C – 0x90017 di komputer Windows 10 atau Windows 11 mereka. Error ini mencegah pengguna mengupgrade system di komputer Windows mereka atau membuat media instalasi system operasi Windows. Jika anda juga mengalami masalah yang sama, maka artikel ini mencantumkan beberapa solusi untuk mengatasi error ini.



Memperbaiki Error 0x8007043C – 0x90017 Saat Menjalankan Media Creation Tool


Jika anda mendapatkan error 0x8007043C – 0x90017 saat mencoba menjalankan Media Creation Tool di komputer anda, maka gunakan beberapa solusi berikut ini untuk menyelesaikan masalah ini.



1. Nonaktifkan Sementara Antivirus


Terkadang antivirus mencegah Windows menginstall update. Oleh karena itu, ada kemungkinan antivirus anda mengganggu Media Creation Tool dan menyebabkan upgrade atau instalasi Windows gagal. Saya menyarankan anda menonaktifkan antivirus anda untuk sementara dan lihat apakah itu membantu. Cara termudah menonaktifkan antivirus pihak ketiga adalah, mengklik kanan pada ikon antivirus anda di system tray di sebelah kanan Taskbar anda dan memilih opsi untuk menonaktifkannya.



Namun dalam beberapa kasus, menonaktifkan antivirus tidak berfungsi. Oleh karena itu, jika anda telah menyimpan product/activation key antivirus anda, maka anda dapat menguninstall antivirus anda dan memeriksa apakah masalahnya masih ada. Jika ya, maka anda dapat menginstall ulang antivirus tersebut dan gunakan product/activation key yang sama untuk mengaktifkan antivirus anda.



2. Perbaiki File System Image


Salah satu kemungkinan penyebab masalah ini adalah file system image yang rusak. Jika file system image anda rusak, maka anda juga akan mengalami berbagai jenis masalah pada system anda. Oleh karena itu, lakukan scan SFC dan DISM di komputer anda. System File Checker (SFC) merupakan tool hebat yang dikembangkan oleh Microsoft yang membantu pengguna memperbaiki file system yang rusak. Jadi, menjalankan scan SFC dapat menyelesaikan masalah anda. Namun jika itu tidak membantu anda, maka anda dapat menjalankan Deployment Image Servicing and Management (DISM) untuk memperbaiki system image dan kompnen Windows yang rusak. Semoga ini melakukan pekerjaan untuk anda.




3. Edit Permission Media Creation Tool


Error code 0x8007043C – 0x90017 yang terjadi saat anda menggunakan Media Creation Tool berarti Media Creation Tool tidak memiliki permission/izin yang diperlukan. Jadi, pastikan anda login ke system Windows anda dengan akun administrator. Pertama, jalankan Media Creation Tool sebagai administrator. Jika tidak berhasil, maka anda perlu edit properties dari Media Creation Tool. Untuk itu, ikuti langkah-langkah berikut ini untuk mengedit properties dari Media Creation Tool dan memberikan permission yang diperlukan untuk menjalankan tool.

  • Klik kanan pada file .exe Media Creation Tool dan pilih Properties.
  • Di jendela properties Media Creation Tool, pilih tab General.
  • Sekarang, beri ceklist pada Unblock.
  • Setelah itu, klik Apply dan OK untuk menyimpan pengaturan anda.



Setelah melakukan langkah-langkah diatas, jalankan kembali Media Creation Tool. Error yang sama seharusnya tidak terjadi lagi saat ini.



4. Install atau Upgrade Windows Menggunakan Media Instalasi


Anda juga dapat mengupgrade system anda dengan mendownload file ISO Windows 10 atau Windows 11 dari website resminya dan kemudian menginstallnya di system anda. Jika masalah masih berlanjut, maka saya sarankan anda menginstall ulang Windows 10 atau Windows 11 dengan membuat USB drive USB bootable dengan system operasi Windows 10 atau Windows 11. Setelah mendownload file ISO Windows 10 atau Windows 11, hubungkan USB drive anda ke komputer anda dan buat USB drive bootable. Anda dapat menggunakan software gratis seperti Rufus untuk membuat USB drive bootable anda. Setelah selesai membuatnya, lakukan clean install Windows di komputer anda.




Sekian artikel saya kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki error 0x8007043C – 0x90017 saat menjalankan Media Creation Tool di Windows 10 atau Windows 11. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Memperbaiki Error 0x8007043C – 0x90017 Saat Menjalankan Media Creation Tool di Windows 10/11"