Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Epic Games Error Code: AS-1041, Sign in failed di PC Windows 10/11

 


Beberapa gamer tidak dapat memainkan game Fortnite atau game lainnya karena setiap kali mencoba login pada launcher Epic Games, itu menampilkan error code AS-1041 saat mencoba memainkan game Fortnite. Masalah ini sebagian besar terkait dengan masalah server, tetapi ada juga beberapa penyebab lokal yang mungkin memicu error code ini, seperti masalah server yang sedang berlangsung, inkonsistensi jaringan dan masalah latensi.


Saat anda mengalami masalah ini, anda akan melihat pesan error lengkap seperti berikut ini.

Sign in Failed

Sign in failed, if the problem persists please visit our online support.

Error Code: AS-10341



Jika anda juga menghadapi masalah yang sama, maka artikel ini akan membahas masalah ini secara rinci dan mencari cara untuk mengatasinya. Mari kita lihat metode perbaikan yang dapat anda gunakan untuk memperbaiki masalah ini secara terperinci.



Memperbaiki Epic Games Error Code: AS-10341, Sign in failed di PC Windows 10/11


Jika anda mengalami error Epic Games dengan error code AS-1041 di Fortnite atau game lain apapun di PC Windows 10 atau Windows 11 anda, maka gunakan solusi yang disebutkan dibawah ini untuk memperbaikinya.



1. Periksa Status Server Fortnite


Seperti yang sudah di jelaskan diatas, error Epic Games dengan error code AS-1041 pada PC Windows 10 atau Windows 11 anda ini terjadi karena masalah server. Pada umumnya error ini terjadi segera setelah anda mencoba masuk ke lobby atau login ke Fortnite melalui launcher Epic Games. Alasan di balik masalah ini cukup jelas, apakah anda memiliki koneksi internet yang lambat atau ada gangguan server. Jika karena ada gangguan server, maka anda harus memeriksa status server Fortnite di halaman status.epicgames atau pergi ke salah satu website pendeteksi status server seperti DownDetector, DownForEveryoneOrJustMe, DownOrIsItJustMe dan lainnya. Jika status server dari Fortnite sedang down, anda tidak dapat melanjutkan perbaikan apapun. Anda hanya bisa menunggu hingga Epic Games mengatasi masalah tersebut.




2. Jalankan Internet Connections Troubleshooter


Dalam solusi ini, kita akan menjalankan Internet Connections Troubleshooter. Troubleshooter ini dapat membantu anda mendeteksi masalah yang terkait dengan jaringan anda dan memperbaikinya secara otomatis jika memungkinkan. Untuk menjalankannya, ikuti langkah-langkah berikut ini.


Di Windows 10:

  • Buka Settings Windows dengan menekan tombol Win + I dan pilih Update & Security di jendela Settings.
  • Di halaman berikutnya, pilih Troubleshoot di panel kiri dan klik Additional troubleshooters di panel kanan.
  • Selanjutnya, klik Internet Connections dan kemudian klik Run the troubleshooter.
  • Jendela troubleshooter akan terbuka dan ikuti petunjuk yang di tampilkan.
  • Biarkan troubleshooter meyelesaikan pekerjaannya untuk memperbaiki masalah.



Di Windows 11:

  • Buka Settings Windows dengan menekan tombol Win + I.
  • Di jendela Settings, klik System di panel kiri dan klik Troubleshoot di panel kanan.
  • Di halaman berikutnya, klik Other troubleshooters.
  • Selanjtnya,  klik Run di sebelah opsi Internet Connections di panel kanan.
  • Jendela troubleshooter akan terbuka dan anda perlu mengikuti petunjuk yang di tampilkan.
  • Setelah itu, biarkan troubleshooter berjalan hingga selesai.




3. Beralih ke DNS Lain


Internet Service Provider (ISP) anda adalah penyedia DNS, namun DNS ini dapat menjadi alasan mengapa anda menghadapi masalah ini. Ada koneksi yang terputus atau memblokir koneksi Fortnite. Jadi, anda dapat mengubah server DNS anda ke salah satu server DNS lain seperti Google atau Cloudflare. Ikuti langkah-langkah berikut dibawah ini untuk melakukan hal yang sama untuk DNS Google.

  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik ncpa.cpl dan tekan Enter untuk membuka Network Connections.
  • Kemudian, klik kanan pada network yang anda gunakan saat ini dan pilih opsi Properties.
  • Di jendela properties, pilih opsi Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4) dan klik Properties.
  • Di jendela properties IPv4 yang muncul, pilih opsi Use the following DNS server addresses dan kemudian ketik address berikut di bidang masing-masing.
    • Preferred DNS server: 8.8.8.8
    • Alternate DNS server: 8.8.4.4
  • Setelah itu klik OK untuk menyimpan pengaturan anda.


  • Sekarang, di jendela properties network anda, pilih Internet Protocol Version 6 (TCP/IPv6) dan klik Properties.
  • Di jendela properties IPv6, pilih opsi Use the following DNS server addresses dan masukkan address dibawah ini di bidangnya masing-masing.
    • Preferred DNS server: 2001:4860:4860::8888
    • Alternate DNS server: 2001:4860:4860::8844
  • Setelah itu, klik OK untuk beralih ke server DNS Google.



Anda juga dapat mengikuti langkah-langkah di artikel yang saya sematkan diatas. Disana, saya juga telah menjelaskan bagaimana anda dapat memilih server DNS yang lebih cepat untuk digunakan.


Setelah mengubah server DNS, buka launcher Epic Games dan coba masuk ke lobby atau login untuk melihat apakah masalah teratasi.



4. Reset Network Protocol


Seperti yang telah dibahas sebelumnya, internet yang buruk adalah penyebab di balik error ini dan mengganti DNS tidak berhasil. Dalam kasus seperti itu, anda perlu memastikan bahwa tidak ada gangguan network yang terjadi. Mereset Network Protocol anda akan menghapus semua cache. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik cmd dan tekan Ctrl + Shift + Enter untuk membuka Command Prompt dengan hak administrator. Anda juga dapat membuka Windows Terminal dengan hak admin dan pilih Command Prompt.
  • Di jendela Command Prompt, masukan perintah berikut dibawah ini satu per satu sambil menekan Enter.

ipconfig /release
ipconfig /flushdns
ipconfig /renew
netsh int ip reset
netsh winsock
  • Setelah semua perintah di jalankan, tutup Command Prompt dan restart komputer anda.


Setelah itu, buka launcher Epic Games, kemudian coba mainkan game untuk memeriksa apakah masalah teratasi atau belum. Anda juga dapat memperbaiki masalah network dan koneksi internet di Windows 10 atau Windows 11 anda.


5. Restart Router Anda

Jika tidak ada solusi yang disebutkan di atas yang menyelesaikan masalah ini, maka matikan saja perangkat dan router anda. Terkadang, merestart router serta perangkat anda dapat menghilangkan gangguan apapun yang dapat menyebabkan masalah tersebut. Cabut semua kabel, tunggu sebentar, pasang dan hidupkan router. Sekarang, restart perangkat dan hubungkan ke jaringan. Semoga kali ini anda bisa masuk ke Fortnite.


Banyak gamer bahkan tidak dapat masuk dengan kredensial akun mereka di Epic Games dan dikembalikan ke halaman login. Jika anda berada masalah yang sama dengan mereka, jangan khawatir, cukup hapus semua cache browser karena bisa rusak. Sekarang, coba lagi untuk login ke akun Epic Games anda.

Sekian tutorial saya kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki Epic Games Error Code: AS-1041, Sign in failed di PC Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Memperbaiki Epic Games Error Code: AS-1041, Sign in failed di PC Windows 10/11"