Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Clipchamp Tidak Dapat Dibuka atau Berfungsi atau Project Tidak Dapat Dimuat atau Diekspor

 


Anda mungkin mengalami masalah dimana ekstensi Clipchamp di browser anda atau antarmuka web atau aplikasi Clipchamp yang diinstall di komputer Windows 10 atau Windows 11 anda tidak dapat dibuka atau berfungsi atau project (berisi file video, audio dan gambar) tidak dapat dimuat atau diekspor. Dalam artikel ini, saya akan memberikan beberapa saran dan solusi yang paling cocok dan dapat diterapkan untuk mengatasi masalah ini.


Dalam beberapa kasus, seperti yang dilaporkan di support forum online, anda mungkin mendapatkan error code 0x80070002 dengan pesan error The system cannot find the file specified saat anda mencoba meluncurkan atau membuka aplikasi di komputer anda. Dalam kasus lain, saat anda mencoba masuk ke Clipchamp, anda mungkin melihat versi dari pesan berikut ini.

We’ve detected that your hardware is currently not supported by Clipchamp. For the best possible experience, try updating your operating system or internet browser to the latest versions.



Memperbaiki Clipchamp Tidak Dapat Dibuka atau Berfungsi atau Project Tidak Dapat Dimuat atau Diekspor


Jika Clipchamp tidak dapat dibuka atau berfungsi atau file video, audio dan gambar yang telah anda tambahkan ke project anda tidak dapat dimuat atau diekspor baik di browser web atau aplikasi yang terinstall di komputer Windows 10 atau Windows 11 anda, maka saran dan solusinya yang saya berikan dibawah ini dapat membantu anda menyelesaikan masalah pada system anda.



1. Jalankan Windows Store Apps Troubleshooter


Jika aplikasi Clipchamp tidak berfungsi, membuka, freezing atau crash saat startup di PC Windows 10 Aatau Windows 11 anda, maka anda dapat menjalankan Windows Store Apps Troubleshooter dan melihat apakah itu membantu memperbaiki masalah anda.


Di Windows 10:

  • Buka Settings Windows dengan menekan tombol Win + I dan pilih Update & Security di jendela Settings.
  • Selanjutnya, pilih Troubleshoot di panel kiri dan kemudian klik Additional Troubleshooters di panel kanan.
  • Di halaman berikutnya, klik pada Windows Store Apps dan kemudian klik Run the troubleshooter.
  • Ini akan membuka jendela troubleshooter.
  • Di jendela troubleshooter, ikuti petunjuk yang di tampilkan untuk menyelesaikan proses.



Di Windows 11:

  • Tekan tombol Win + I untuk membuka Settings Windows.
  • Di jendela Settings yang terbuka, klik System di panel kiri dan klik Troubleshoot di panel kanan.
  • Selanjutnya klik Other troubleshooters di panel kanan.
  • Di halaman berikutnya, klik Run yang ada di sebelah Windows Store Apps di panel kanan untuk membuka troubleshooter.
  • Jendela troubleshooter akan muncul. Anda perlu mengikuti petunjuk yang di tampilkan.
  • Troubleshooter akan menscan untuk menemukan masalah dan ia akan memperbaikinya secara otomatis.




2. Jalankan Scan SFC


Dalam kasus dimana beberapa pengguna PC yang terpengaruh menginstall editor video Clipchamp di PC Windows mereka, tetapi setelah menginstall versi Windows terbaru, mereka tidak dapat membuka aplikasi di komputer mereka dengan error code 0x80070002. Menurut pengguna, mereka berhasil memperbaiki masalah ini dengan menjalankan scan System File Checker (SFC). Jadi, anda harus mencobanya dan melihat apakah itu memperbaiki masalah ini di komputer anda. Dalam skenario ini, anda dapat menguninstall update yang baru saja anda install atau melakukan system restore untuk mengembalikan system anda ke titik waktu sebelumnya ketika aplikasi masih berfungsi dengan baik di PC anda sebelum anda menginstall update.




3. Pemecahan Masalah Umum untuk Performa Lambat Clipchamp, Crash, Freezing, Tidak Memuat atau Mengekspor


  • Refresh halaman browser jika project anda terlalu lama dimuat. Clipchamp membutuhkan koneksi internet aktif untuk berfungsi dan untuk menyimpan progres pengeditan anda. Jadi, untuk performa terbaik dan untuk menghindari hilangnya perubahan pada video anda, pastikan anda memiliki koneksi internet yang stabil saat menggunakan Clipchamp.
  • Buka kembali project dengan kembali ke Projects Page anda dan klik logo Clipchamp Create di kiri atas layar, kemudian buka kembali projects.
  • Pastikan anda tidak mengakses Clipchamp dalam Incognito/InPrivate Mode di browser anda.
  • Logout dari akun Clipchamp anda, kemudian bersihkan cache browser (pastikan untuk memilih All time di menu Clear browsing data dan pilih opsi Cached images and files), kemudian restart Chrome/Edge.
  • Bebaskan resource pemrosesan di komputer anda untuk memastikan tersedia lebih banyak memory dan power GPU untuk memproses project pengeditan anda. Untuk melakukan ini, tutup tab browser lain dan biarkan Clipchamp hanya terbuka di satu tab browser dan di latar depan. Kemudian, pastikan juga untuk menutup aplikasi lain yang berjalan di komputer anda.
  • Saat pertama kali mengerjakan video di Clipchamp, anda mungkin melihat popup yang menyatakan app.clipchamp.com ingin menyimpan file di perangkat ini. Anda perlu mengklik tombol Allow di popup ini agar editor video berfungsi dengan baik.
  • Gunakan file media input yang lebih kecil dan lebih sedikit untuk mengurangi waktu loading karena file yang lebih besar dan lebih lama membutuhkan lebih banyak waktu untuk diproses sebelum tersedia untuk digunakan. Misalnya, jika sedang digunakan, Anda dapat mengompres klip 4K menjadi 1080p terlebih dahulu dengan Handbrake sebelum menggunakannya dalam video Clipchamp. Perlu diingat bahwa menambahkan beberapa file media sekaligus juga dapat meningkatkan waktu pemrosesan.
  • Nonaktifkan ekstensi browser yang bermasalah seperti Ghostery atau Adblock Plus yang dikenal dan dapat mencegah alur kerja fungsional Clipchamp. Selain itu, nonaktifkan ekstensi Google Translate atau VidIQ yang diketahui menyebabkan masalah saat mengimpor media atau mengekspor video yang telah selesai.
  • Pastikan untuk tidak menghapus file sumber dari komputer anda karena ada kasus dimana Clipchamp mungkin meminta anda untuk menautkan kembali file video, audio dan gambar yang anda gunakan dalam sebuah proyek. Jadi, jika anda menghapus, mengganti nama atau memindahkan file sumber ini di komputer anda, ini dapat menyebabkan masalah saat anda membuka kembali video di perangkat anda.



4. Periksa Pengaturan Keamanan Browser Web Anda


Jika anda mengakses Clipchamp di Edge, maka periksa address bar untuk melihat apakah Added security diaktifkan untuk app.clipchamp.com. Fitur keamanan ini dapat digunakan di beberapa website; namun, itu juga dapat memblokir teknologi web yang sah yang dibutuhkan editor Clipchamp untuk berfungsi dengan benar. Dalam hal ini, anda perlu menambahkan app.clipchamp.com ke daftar Tracking Prevention Exceptions agar Clipchamp berfungsi di Edge.

  • Klik menu tiga titik dan pilih Settings.
  • Di halaman Settings, klik Privacy, search, and services di panel kiri dan klik Exceptions di panel kanan.
  • Selanjutnya, klik Add a site.
  • Kemudian masukan https://app.clipchamp.com/ dan klik Add untuk menambahkannya.



Jika anda mengakses Clipchamp di browser Brave (yang seharusnya berfungsi karena berbasis Chromium seperti Chrome dan Edge), anda mungkin mengalami masalah karena fitur anti-fingerprinting di Brave Shields. Dalam hal ini, anda dapat mengklik ikon singa di sebelah kanan address bar dan untuk sementara mengizinkan fingerprinting di Clipchamp.


Jika masalah berlanjut, mungkin karena browser anda secara otomatis menonaktifkan beberapa driver graphics card yang membuatnya tidak stabil. Misalnya, Chrome tidak mengizinkan beberapa Intel HD graphics integrated untuk menginisialisasi WebGL, yang merupakan persyaratan untuk menggunakan Clipchamp. Dalam hal ini, untuk mengatasinya, anda dapat mencoba mengaktifkan flag #ignore-gpu-blacklist di Chrome/Edge, yang akan memungkinkan semua driver graphics (GPU) digunakan. Perlu diingat bahwa, tergantung pada masalah driver, mengubah pengaturan ini dapat menyebabkan browser anda crash atau berperilaku tidak normal.



5. Perbaiki/Reset/Install Ulang Clipchamp


Jika anda mengalami masalah dengan aplikasi Clipchamp yang terinstal di Windows 10 atau Windows 11, maka anda dapat mengatasi masalah tersebut dengan mencoba memperbaiki aplikasi terlebih dahulu. Jika itu tidak membantu, maka anda dapat mereset aplikasi dan jika masalah berlanjut, maka anda dapat menguninstall aplikasi dan kemudian menginstall ulang aplikasi melalui Microsoft Store di perangkat anda. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut ini.


Di Windows 10:

  • Buka Settings Windows dengan menekan tombol Win + I dan kemudian pilih Apps di jendela Settings.
  • Selanjutnya klik Apps & features di panel kiri.
  • Di panel kanan, klik Clipchamp dan diikuti dengan mengklik Advanced options.
  • Dihalaman berikutnya, gulir kebawah ke bagian Reset dan jalankan Repair terlebih dahulu.
  • Jika tidak memperbaiki masalah, maka klik Reset untuk mereset aplikasi Clipchamp.
  • Jika masih tidak membantu, jalankan Uninstall.
  • Setelah itu, restart komputer anda dan install aplikasi dari Microsoft Store.



Di Windows 11:

  • Buka Settings Windows dengan menekan tombol Win + I.
  • Di jendela Settings, klik Apps di panel kiri dan di panel kanan klik Installed Apps.
  • Di halaman berikutnya,  klik menu tiga titik yang ada di samping Clipchamp dan pilih Advanced options.
  • Selanjutnya, dibawah bagian Reset, klik Repair untuk memperbaiki aplikasi Clipchamp.
  • Tunggu hingga proses selesai.
  • Setelah itu, periksa apakah itu memperbaiki masalah. Jika tidak, maka jalankan Reset untuk mereset aplikasi Clipchamp.
  • Terakhir, jalankan Uninstall jika dua opsi sebelumnya tidak membantu.
  • Setelah itu, restart komputer anda dan install kembali aplikasi dari Microsoft Store.




6. Periksa Persyaratan Hardware


Jika sampai saat ini tidak ada yang berhasil untuk anda, mungkin komputer anda tidak memenuhi persyaratan hardware untuk memastikan Clipchamp berfungsi seperti yang diharapkan. Persyaratan minimum mencakup setidaknya 8 GB (sebaiknya 16 GB) RAM yang tersedia PC Windows 10 atau Windows 11 anda harus menjalankan OS 64-bit dan Chrome/Edge versi 64-bit. Selain itu, pastikan komputer anda memiliki cukup ruang disk yang diperlukan untuk file proyek sementara dan ruang selama fase pemrosesan dan ekspor video. Ruang kosong yang tersedia harus lebih besar dari ukuran file media yang anda gunakan di project anda. Jika perlu, anda dapat menjalankan Disk Cleanup untuk membebaskan dan menambah ruang hard disk di komputer Windows 10 atau Windows 11 anda.



Saya harap artikel ini bermanfaat!


Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki Clipchamp tidak dapat dibuka atau berfungsi atau Project tidak dapat dimuat atau diekspor di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Memperbaiki Clipchamp Tidak Dapat Dibuka atau Berfungsi atau Project Tidak Dapat Dimuat atau Diekspor"