Memperbaiki Administrator Account Hilang Setelah Update di Windows 10/11
Beberapa pengguna PC telah melaporkan bahwa setelah menyelesaikan update system, mereka menyadari bahwa mereka telah kehilangan hak administrator atau Administrator account hilang di komputer Windows 10 atau Windows 11 mereka. Jika 1nda menghadapi masalah serupa, maka artikel ini dimaksudkan untuk membantu anda dengan beberapa solusi yang dapat anda coba untuk menyelesaikan masalah ini di perangkat anda.
Memperbaiki Administrator Account Hilang Setelah Update
Jika setelah anda mengupdate PC Windows 10 atau Windows 11 anda ke versi/build terbaru dan Administrator account anda hilang, maka anda dapat mencoba solusi yang saya rekomendasikan dibawah ini tanpa urutan tertentu dan melihat apakah itu membantu anda menyelesaikan masalah ini pada system anda.
1. Restart PC
Jika Administrator account anda hilang setelah menginstall update terbaru pada PC Windows 10 atau Windows 11 anda, itu bisa menjadi masalah login dengan Temporary Profile, terutama ketika anda melihat file dan folder menghilang dari desktop dan wallpaper desktop atau background adalah default.
Temporary Profile dapat terjadi karena berbagai alasan, tetapi kekurangannya adalah Windows tidak dapat memuat profil reguler anda. Alih-alih mengunci anda dari PC sepenuhnya, itu akan membuat anda login dengan Temporary Profile. Setiap perubahan yang dibuat pada Temporary Profile akan hilang saat anda keluar, mirip dengan jendela browser Incognito atau InPrivate. 9 dari 10 kali, me-reboot PC anda sudah cukup untuk memperbaiki masalah karena apapun yang mengganggu proses pertama kali tidak mungkin terjadi lagi. Jika itu terjadi lagi, anda perlu membuat user account baru di PC anda dan memigrasikan data anda account yang baru.
2. Ubah Standard Account menjadi Administrator Account
Masalah ini juga dapat terjadi karena user account administrator telah dinonaktifkan di komputer anda. Namun, akun yang dinonaktifkan dapat diaktifkan, tetapi berbeda dengan menghapus akun yang tidak dapat dipulihkan.
Solusi ini mengharuskan anda untuk mengubah Standard account menjadi Administrator account. Tetapi karena anda memerlukan hak administrator untuk melakukannya, maka anda harus terlebih dahulu mengaktifkan Super Administrator account bawaan dan kemudian melakukan perubahan di dalam akun tersebut. Ingatlah untuk menonaktifkan Super Administrator account bawaan setelah anda menyelesaikan tugas.
Untuk mengaktifkan Super Administrator account bawaan dan mengubah type akun, ikuti langkah-langkah berikut ini.
- Langkah pertama, tentunya anda harus mengaktifkan Super Administrator account bawaan di system anda.
- Selanjutnya, log out dari Standard user account saat ini.
- Kemudian, login ke Super Administrator account bawaan.
- Setelah itu, anda dapat mengubah Standard account ke Administrator account.
Jika anda ingin menggunakan user account lainnya sebagai Administrator account anda yang baru, maka anda perlu membuat user account baru dan kemudian mengubah type akun anda.
Sekali lagi, jangan lupa untuk menonaktifkan Super Administrator account bawaan setelah menyelesaikan proses.
3. Buat Administrator Account Baru
Solusi ini mengharuskan anda membuat Administrator Account baru di perangkat Windows 10 atau Windows 11 anda melaui Command Prompt. Untuk melakukan tugas ini, ikuti langkah-langkah berikut dibawah ini.
- Buka Command Prompt dengan hak administrator.
- Di jendela command prompt, masukan perintah berikut dibawah ini dan tekan Enter. Jangan lupa ganti UserName dengan nama yang sebenarnya dari local account baru anda.
- Selanjutnya, masih di command prompt, masukan perintah berikut ini dan tekan Enter untuk menambahkan akun baru ke Administrator group.
- Setelah itu, keluar dari command prompt.
- Buka Settings Windows dengan menekan tombol Win + I dan pilih Update & Security di jendela Settings.
- Di halaman berikutnya, klik Windows Update di panel kiri dan klik View update history.
- Selanjutnya klik Uninstall updates untuk melihat daftar update yang baru anda lakukan di system anda.
- Jendela Uninstalled Updates akan terbuka.
- Cukup pilih update yang ingin anda uninstall dan klik Uninstall.
- Setelah proses uninstall selesai, restart PC anda.
- Tekan tombol Win + I untuk membuka Settings Windows.
- Di jendela Settings, klik Windows Update di panel kiri dan di panel kanan klik Update history.
- Di halaman berikutnya, klik Uninstall update untuk melihat daftar update.
- Selanjutnya jendela Uninstalled Updates akan terbuka.
- Anda cukup mengklik update yang ingin anda uninstall dan Uninstall.
- Restart PC anda setelah proses uninstall selesai.
Post a Comment for "Memperbaiki Administrator Account Hilang Setelah Update di Windows 10/11"