Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Error Deployment failed with HRESULT: 0x80073CF6, Package could not be registered

 


Microsoft Store adalah platform digital tempat pengguna Windows dapat mendownload dan menginstall aplikasi dan game di perangkat Windows mereka. Platform ini memiliki game dan aplikasi gratis dan berbayar. Saat menginstall aplikasi dan game dari Microsoft Store, beberapa pengguna mengalami error 0x80073cf6. Error ini mencegah pengguna menginstall game dan aplikasi di perangkat Windows mereka. Beberapa pengguna menemukan error code yang sama dengan pesan error yang berbeda saat menguninstall aplikasi melalui Windows PowerShell. Pada artikel ini, kita akan berbicara tentang kedua skenario ini.


Saat anda mengalami masalah ini, anda akan melihat pesan error lengkap seperti berikut ini.

Deployment failed with HRESULT: 0x80073CF6, Package could not be registered. (Exception from HRESULT: 0x80073CF6)




Memperbaiki Error Deployment failed with HRESULT: 0x80073CF6, Package could not be registered


Jika Anda melihat kode kesalahan 0x80073CF6 saat menginstal aplikasi atau game dari Microsoft Store atau saat menghapus instalasi aplikasi atau game melalui Windows PowerShell, Anda dapat mencoba saran berikut untuk menghilangkan masalah ini.



1. Jalankan Windows Store Apps Troubleshooter


Troubleshooter adalah tool otomatis yang dikembangkan oleh Microsoft untuk memperbaiki beberapa masalah umum yang dihadapi pengguna di perangkat Windows mereka. Windows telah mendedikasikan troubleshooter untuk menangani berbagai masalah. Karena anda mengalami error dengan Microsoft Store, maka menjalankan Windows Store Apps Troubleshooter dapat memperbaiki masalah ini. Ikuti langkah-langkah dibawah ini untuk menjalankannya.


Di Windows 10:

  • Tekan tombol Win + I untuk membuka Settings dan pilih Update & Security di jendela Settings.
  • Di halaman berikutnya klik Troubleshoot di panel kiri dan  klik Additional Troubleshooters di panel kanan.
  • Selanjutnya, klik Windows Store Apps dan lanjutkan dengan mengklik Run the troubleshooter untuk menjalankan troubleshooter.
  • Di jendela Windows Store Apps Troubleshooter, ikuti petunjuk yang di tampilkan.



Di Windows 11:

  • Tekan tombol Win + I untuk membuka Settings Windows.
  • Kemudian di jendela Settings, klik System di panel kiri dan klik Troubleshoot di panel kanan.
  • Di halaman berikutnya klik Other troubleshooters di panel kanan.
  • Selanjutnya, gulir kebawah ke Windows Store Apps dan klik Run yang ada di sampingnya.
  • Jendela troubleshooter akan muncul dan mulai menscan. Jika di temukan masalah, maka ia akan memperbaikinya.




2. Periksa Windows Update


Terkadang masalah terjadi karena bug. Pengembang software secara teratur selalu merilis update untuk software mereka. Update ini berisi perbaikan untuk bug yang dilaporkan oleh pengguna. Jika demikian halnya dengan anda, maka update Windows akan memperbaiki masalah. Buka halaman Windows Update di jendela Settings Windows 10 atau Windows 11 dan periksa update yang tersedia. Jika ada update yang tersedia, maka download dan install. Setelah menginstall update Windows terbaru, periksa apakah masalah tetap ada atau terselesaikan.




3. Ubah Nama File


Saat menguninstall aplikasi dari Windows PowerShell, anda mungkin menerima error code 0x80073CF6 dengan pesan error Package could not be registered. Jika anda membaca pesan error secara lengkap dengan cermat, maka ada informasi tambahan yang tersedia. Anda diminta untuk mencari Event ID tertentu di Event Log atau menggunakan command line. Pesan error juga akan ditampilkan dalam Command line. Untuk itu, gunakan perintah berikut ini di PowerShell.


Get-AppxLog -ActivityID <event id>



Copy perintah dari Windows PowerShell, kemudian paste dan jalankan. Lihat informasi apa yang anda dapatkan. Baca log error lengkap yang ditampilkan oleh Windows PowerShell. Jika itu menunjukkan pesan error The system cannot find the file specified, maka itu juga akan menampilkan jalur untuk file yang hilang. Dalam kasus seperti itu, anda harus mengubah nama file. Ikuti petunjuk di bawah ini untuk melakukannya.

Direktori AppRepository berisi file aplikasi Microsoft Store yang diinstall pada system anda. Saat anda menguninstall aplikasi Microsoft Store, Windows mengambil informasinya dari file di dalam direktori ini. Jika file tidak tersedia di direktori ini, maka Windows menunjukkan error The system can’t find the file specified. Jadi, buka File Explorer dan pergi ke jalur berikut ini. Pastikan anda menampilkan file dan folder tersembunyi di Explorer.

C:\ProgramData\Microsoft\Windows\AppRepository



Secara default, permission folder AppRepository diberikan kepada TrustedInstaller. Anda tidak akan dapat membuka folder ini. Oleh karena itu, anda harus mengambil alih kepemilikan folder AppRepository. Setelah mengambil kepemilikan folder AppRepository, anda akan dapat masuk ke direktori AppRepository. Setelah membuka folder, cari file yang namanya ditampilkan di log. Anda tidak akan menemukan file karena hilang karena anda menerima error The system can’t find the file specified. Sekarang, yang harus anda lakukan adalah, cari file dengan nama yang mirip dan buat salinan file tersebut. Sekarang, ubah nama file yang disalin ke nama yang ditampilkan di log.

Setelah selesai, ubah kepemilikan folder AppRepository kembali ke TrustedInstaller. Sekarang, jalankan perintah uninstall di Windows PowerShell. Perintah harus dijalankan dengan sukses kali ini.


4. Reset Microsoft Store

Jika masalah masih berlanjut, maka reset Microsoft Store. Mereset Microsoft Store sangat membantu jika anda mengalami beberapa masalah seperti Microsoft Store crash, aplikasi tidak diinstall dan lainnya. Setelah mereset Microsoft Store, masalahnya akan diperbaiki. Ikuti langkah-langkah dibawah ini untuk mereset Microsoft Store.

Di Windows 10:
  • Buka Settings Windows dengan menekan tombol Win + I dan pilih Apps di jendela Settings.
  • Di halaman berikutnya, klik Apps & features di panel kiri.
  • Di panel kanan, klik Microsoft Store dan kemudian klik Advanced options.
  • Selanjutnya dibawah bagiab Reset, klik Reset dan klik kembali Reset.


Di Windows 11:
  • Tekan tombl Win + I untuk membuka Settings Windows.
  • Di jendela Settings, klik Apps di panel kiri dan di panel kanan klik Apps & features.
  • Di halaman berikutnya, klik menu tiga titik di samping Microsoft Store dan klik Advanced options.
  • Selanjutnya, klik Reset dan klik kembali Reset.



5. Pecahkan Masalah dalam Clean Boot

Mungkin ada aplikasi background yang mengganggu Microsoft Store sehingga anda tidak dapat menginstall aplikasi atau game tersebut. Anda dapat memeriksa ini dengan me-restart system anda di Clean Boot. Dalam Clean Boot, Windows dimulai dengan hanya aplikasi dan service background selektif. Semua aplikasi dan service lain tetap dinonaktifkan dalam Clean Boot. Setelah merestart system anda dalam Clean Boot, luncurkan Windows PowerShell dan jalankan perintah untuk menguninstall aplikasi. Jika perintah berhasil dijalankan, maka anda akan dapat menguninstall aplikasi. Setelah menguninstall aplikasi, anda dapat merestart system anda dalam mode normal.


Jika anda mendapatkan error code 0x80073cf6 saat menginstall aplikasi atau game dari Microsoft Store, install dalam Clean Boot. Jika anda tidak menerima error, aplikasi background bertentangan dengan Microsoft Store. Sekarang, anda harus mengidentifikasi aplikasi tersebut. Setelah menemukan aplikasi tersebut, pertimbangkan untuk menguninstall program itu.


6. Lakukan Upgrade Menggunakan Media Creation Tool

Jika tidak ada perbaikan di atas yang menyelesaikan masalah Anda, lakukan upgrade menggunakan Media Creation Tool. Upgrade menggunakan Media Creation Tool akan memperbaiki system anda dengan menginstall kembali Windows tanpa menghapus OS Windows yang saat ini diinstall. Meskipun langkah ini tidak menghapus data anda, namun saya tetap menyarankan anda untuk membackup semua data anda sebelum melakukan upgrade menggunakan Media Creation Tool. Anda dapat mengikuti langkah-langkahnya di artikel ini untuk melakukannya.



Semoga masalah anda diperbaiki. Anda kemudian dapat membaca artikel saya lainnya tentang cara aktifkan atau nonaktifkan update otomatis aplikasi Microsoft Store atau cara install aplikasi Microsoft Store di Windows 10/11 dari jarak jauh.

Sekian artikel saya kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki error Deployment failed with HRESULT: 0x80073CF6, Package could not be registered di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Memperbaiki Error Deployment failed with HRESULT: 0x80073CF6, Package could not be registered"