Widget HTML Atas

Cara Meningkatkan atau Memperluas Jangkauan Sinyal Bluetooth pada Windows 10/11

 


Jika anda mencari cara untuk memperluas atau meningkatkan jangkauan sinyal Bluetooth pada Windows 10 atau Windows 11, maka artikel ini akan membantu anda. Bluetooth telah menjadi bagian dari kehidupan teknologi kita. Di masa komunikasi dan koneksi wireless ini, Bluetooth sangat penting dalam menghubungkan perangkat keyboard, mouse dan audio.


Ada batasan untuk semuanya dan sinyal atau konektivitas Bluetooth hanya berfungsi di antara 10 meter tanpa dislokasi atau gangguan di antaranya. Terkadang jarak 10 meter juga sulit didapat. Disini, saya memiliki beberapa tips untuk memperluas jangkauan sinyal Bluetooth untuk anda. Mari kita lihat apa itu dan bagaimana mereka bekerja.



Meningkatkan atau Memperluas Jangkauan Sinyal Bluetooth


Berikut adalah cara yang dapat anda lakukan untuk meningkatkan atau memperluas jangkauan sinyal Bluetooth pada Windows 10 atau Windows 11 anda.


1. Update Driver Bluetooth

Selalu update driver Bluetooth ke versi terbaru. Versi terbaru membuatnya bekerja lebih baik dengan perubahan fungsinya. Driver yang out of date memang membuat Bluetooth masih bisa berfungsi namun itu mungkin menghalangi jangkauan sinyal.


2. Hilangkan Gangguan Diantaranya

Seharusnya tidak ada gangguan antara PC anda dan perangkat yang terhubung melalui Bluetooth. Perangkat terhubung melalui Bluetooth menggunakan frekuensi radio 2,4 GHz. Begitu juga dengan koneksi WiFi. Jadi anda perlu agak jauh dari router agar sinyal Bluetooth bekerja lebih baik.


3. Dapatkan Transmitter Bluetooth Jarak Jauh

Ada banyak perangkat yang tersedia di pasaran dengan teknologi Bluetooth terbaru untuk mentransmisikan frekuensi dalam jarak jauh. Mereka pergi ke jarak yang tidak dapat dicapai oleh transmitter Bluetooth bawaan PC anda. Mereka dapat membantu anda memperluas jangkauan sinyal Bluetooth dan tetap terhubung.




Mengapa jangkauan Bluetooth sangat pendek?

Bluetooth menggunakan frekuensi radio 2,4 GHz yang sama dengan WiFi. Bluetooth dirancang untuk terhubung dengan perangkat dalam jarak dekat dan paket data yang berubah di antara mereka lambat. Daya yang digunakan Bluetooth dan WiFi juga tidak sama. Bluetooth mengkonsumsi daya jauh lebih sedikit jika dibandingkan dengan WiFi. Dengan semua keterbatasan ini, jangkauan Bluetooth sangat pendek.


Berapa banyak perangkat yang dapat terhubung ke satu Bluetooth?

Jumlah perangkat yang dapat dihubungkan ke Bluetooth berubah dari versinya. Versi Bluetooth 4.1 dan 5 terbaru memungkinkan anda menghubungkan hingga 7 perangkat berbeda. Tetapi hanya dapat menggunakan satu perangkat dalam satu waktu.


Mengapa saya tidak dapat mengaktifkan Bluetooth di Windows?

Mungkin ada banyak alasan mengapa anda tidak dapat mengaktifkan Bluetooth di Windows 10 atau Windows 11. Mungkin karena driver yang rusak atau driver yang tidak didukung dan juga alasan lainnya.


Anda dapat memperbaiki masalah koneksi Bluetooth di PC Windows anda dengan beberapa trik.


Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda. Anda kemudian dapat membaca artikel saya lainnya tentang cara memperbaiki Bluetooth Not Working di Windows 10 atau cara mengatur dan mengelola perangkat Bluetooth di Windows 10.


Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam meningkatkan atau memperluas jangkauan sinyal Bluetooth di Windows 10 atau Windows 11. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

No comments for "Cara Meningkatkan atau Memperluas Jangkauan Sinyal Bluetooth pada Windows 10/11"