Widget HTML Atas

Cara Memperbaiki Bluetooth Connections di Windows 10/11


Biasanya, ketika ada masalah setelah update Windows, itu adalah masalah yang tidak terduga yang kemudian diperbaiki. Ini sebenarnya persoalan baru, persoalan ini terlihat sejak pembaruan Oktober yang menyebabkan penundaan hingga November 2018 lalu.

Berlanjut ke update 21 Mei 2019 Versi 1903 Build 18362.175, bahwa beberapa update yang dirilis menambal kerentanan keamanan Bluetooth dan dengan sengaja mencegah koneksi antara Windows dan perangkat Bluetooth yang tidak aman dan menggunakan kunci terkenal untuk mengenkripsi koneksi, termasuk Security FOB.

Jika anda memperbarui perangkat Windows anda dan memperhatikan bahwa beberapa perangkat Bluetooth anda telah berhenti berfungsi, ini karena keputusan yang disengaja oleh pihak Microsoft demi keamanan OS mereka.



Mengapa ini Dilakukan?

Alasan di balik ini adalah karena orang menggunakan perangkat Bluetooth yang "tidak aman" di komputer mereka. Perangkat ini menggunakan kunci yang dikenal di kalangan peretas, dan karenanya, dapat dengan mudah dibobol. Windows kemudian mencoba untuk menghalangi serangan ini dengan memutus dukungan untuk perangkat.

Ini bukan pertama kalinya perusahaan melakukan pembersihan seperti ini. Misalnya, Chrome mulai memerangi kerentanan Flash dengan melarangnya berjalan secara otomatis.

Meskipun demikian, pengguna dapat secara manual mengaktifkan Flash di Chrome jika mereka mau. Namun untuk Bluetooth ini, belum ada cara untuk mengizinkan perangkat Bluetooth jika diblokir.


Cara Memeriksa Apakah Windows Menghentikan Perangkat Saya

Ini bukan berarti bahwa anda tidak dapat mengetahui apakah Windows sengaja memblokir perangkat anda atau apakah itu telah berhenti berfungsi sama sekali. Untungnya, ada metode untuk memeriksa ulang apakah kebijakan Window mulai berjalan di PC anda.

1. Untuk melakukan ini, tekan tombol Start, lalu ketik  Event Viewer dan buka.

2. Klik panah kecil di Windows Logs untuk memperluasnya, dan klik System.

3. Sekarang anda berada di log. Pada bagian tengah cari:
  • Event Source: BTHUSB atau BTHMINI
  • Event ID: 22
  • Name: BTHPORT_DEBUG_LINK_KEY_NOT_ALLOWED
  • Level: Error
  • Event Message Text: Your Bluetooth device attempted to establish a debug connection. The Windows Bluetooth stack does not allow debug connection while it is not in the debug mode.


Jika anda melihat pesan ini muncul, itu berarti Windows memblokir perangkat Bluetooth agar tidak terhubung. Jika ada perangkat anda yang berhenti berfungsi, anda sekarang tahu itu Windows, bukan perangkat itu sendiri yang bertindak.


Cara Memperbaiki Masalah ini


Cara terbaik untuk memperbaikinya adalah dengan mengunjungi situs web produsen perangkat Bluetooth anda yang terputus dan melihat apakah mereka memiliki update. Jika mereka layak mendapatkannya, mereka seharusnya merespons update ini dengan mengeluarkan driver baru yang mempercepat perangkat anda.

Jika tidak, anda mungkin perlu mempertimbangkan untuk mendapatkan perangkat baru yang kompatibel dengan keamanan Windows. Dapatkan perangkat yang dibuat oleh perusahaan terkemuka yang dikeluarkan baru-baru ini untuk memastikan pembelian baru anda tidak akan diblokir.

Atau, anda dapat mengambil rute lain dan menyingkirkan update itu sendiri. Kembalikan ke update sebelumnya dan gunakan itu sebagai gantinya. Sayangnya, ini berarti anda tidak dapat mengupdate system operasi anda sama sekali, yang dapat menyebabkan beberapa masalah keamanan yang signifikan.

OK. Jika mesin Windows 10 anda tiba-tiba berhenti pairing dengan perangkat Bluetooth anda, sekarang anda tahu mengapa dan bagaimana cara memperbaikinya. Anda juga dapat membaca artikel saya tentang cara memperbaiki bluetooth not working di Windows 10/11 atau cara mengembalikan icon bluetooth dan membuat shortcutnya di Windows 10/11.

Apakah komputer anda terkena dampak dengan update ini? Dan apakah anda mendapatkan update perangkat bluetooth dan memperbaiki masalah ini? Beritahu saya di kolom komentar dibawah ini. Terimakasih dan GBU.

No comments for "Cara Memperbaiki Bluetooth Connections di Windows 10/11"