Widget HTML Atas

Cara Mengembalikan Icon Bluetooth dan Membuat Shortcutnya di Windows 10/11

 


Biasanya, untuk mengakses fitur Bluetooth pada perangkat Windows 10 atau Windows 11 anda, anda perlu mengklik ikon pada system tray atau area notifikasi di sebelah kanan taskbar. Ini melakukan banyak fungsi seperti memungkinkan pengguna untuk bergabung dengan personal area network, menambahkan perangkat Bluetooth baru, mengirim atau menerima file dan masih banyak lagi. Namun, klik yang tidak disengaja pada Remove icon dari opsi klik kanan Bluetooth dapat menyebabkan anda kehilangan ikon tersebut. Anda mungkin akan kesulitan untuk mendapatkan ikon dalam keadaan seperti itu.


Namun demikian, berikut adalah beberapa langkah yang dapat anda coba untuk memulihkan ikon Bluetooth yang hilang di Windows 10 atau Windows 11 anda dan membuat shortcut Bluetooth yang menyediakan akses langsung ke fungsi mengirim dan menerima file melalui Bluetooth.



Mengembalikan Ikon Bluetooth yang Hilang


Ketika ikon Bluetooth hilang dari system tray Windows anda, anda mungkin mengalami kesulitan dalam mengirim ataupun menerima file. Untuk mengembalikan ikon yang hilang tersebut anda dapat mengikuti langkah-langkah dibawah ini.

Catatan: Langkah dibawah ini menggunakan Windows 10. Jika anda menggunakan Windows 11, anda hanya perlu menyesuaikan opsi di jendela Settings.

  • Buka Settings Windows anda dengan menekan tombol Win + I atau membukanya dari Start menu.
  • Di jendela Settings, Devices dan klik Bluetooth & other devices di panel kiri. Di panel kanan, pastikan Bluetooth diaktifkan.
  • Kemudian gulir ke bawah ke bagian Related settings dan klik More Bluetooth options untuk membuka Bluetooth Settings.


  • Di jendela Bluetooth Settings, di bawah tab Options, pastikan bahwa Show the Bluetooth icon in the notification area diberi ceklist.


  • Setelah itu, klik Apply dan OK.


Untuk pengguna Windows 7/8, anda dapat membuka Control Panel. Selanjutnya, ketik Bluetooth di Search Control Panel dan klik Change Bluetooth settings. Jendela Bluetooth Settings akan terbuka dan lakukan hal yang sama seperti di atas.




Jika metode ini tidak membantu anda, maka ada hal lain yang perlu anda lakukan. Anda harus memeriksa apakah Bluetooth Support Service berjalan di komputer anda atau tidak.

  • Untuk melakukannya, tekan tombol Win + R, kemudian ketik services.msc dan tekan Enter untuk membuka Windows Services Manager.
  • Dalam daftar temukan dan klik dobel pada Bluetooth Support Service.


  • Pastikan bahwa Startup type diatur ke Manual dan Service status dalam keadaan Running.



Bluetooth Service mendukung discovery dan association remote perangkat Bluetooth. Menghentikan atau menonaktifkan service ini dapat menyebabkan perangkat Bluetooth yang sudah terpasang gagal beroperasi dengan benar dan mencegah perangkat baru ditemukan atau dikaitkan.


Setelah melakukan serangkaian langkah diatas, sekarang periksa ikon Bluetooth di area Notifikasi Windows anda. Semoga ikonnya telah kembali.



Membuat Shortcut Bluetooth di Windows 10/11


Setelah anda mengembalikan ikon dalam Bluetooth dengan beberapa langkah sederhana, saatnya membuat shortcut Bluetooth untuk kemudahan dalam mengaksesnya. Lakukan langkah-langkah berikut dibawah ini.

  • Tekan tombol Win + E untuk membuka File Explorer dan arahkan ke jalur direktori C:\Windows\System32.
  • Di lokasi ini, temukan file bernama fsquirt dan Copy file tersebut.


  • Arahkan ke folder Desktop Windows 10 atau Windows 11 dan Paste file tersebut.



Sekarang anda memiliki Bluetooth di desktop. Anda dapat membuatnya lebih mudah untuk diingat dengan mengklik kanan file fsquirt, pilih Rename dari menu konteks dan beri nama dengan Bluetooth.


Itu dia! Kita telah berhasil membuat shortcut Bluetooth di desktop Windows 10 atau Windows 11. Untuk menggunakannya untuk mengirim dan menerima file, cukup klik dobel pada shortcut Bluetooth dan Bluetooth File Transfer akan langsung muncul.




Sekarang anda tahu bagaimana mengembalikan ikon Bluetooth yang hilang dan juga membuat shortcutnya untuk kemudahan akses anda. Anda kemudian dapat melanjutkan membaca artikel saya tentang cara mengatur dan mengelola perangkat Bluetooth di Windows 10/11 atau cara memperbaiki Bluetooth Not Working di Windows 10/11.


Sekian tutorial kali ini, semoga dapat membantu anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pengalaman dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

No comments for "Cara Mengembalikan Icon Bluetooth dan Membuat Shortcutnya di Windows 10/11"