Widget HTML Atas

Cara Memperbaiki Bluetooth Not Working di Windows 10/11


Windows 10 dan Windows 11 memberi kita beberapa fitur baru yang menarik dan juga peningkatan pada fitur yang ada. Hal itu juga membawa beberapa masalah umum dengannya. Salah satunya adalah Bluetooth tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Jika anda menghadapi beberapa masalah Bluetooth, maka berikut adalah beberapa solusi yang dapat anda coba agar berfungsi dengan baik.


1. Lihat Jika Bluetooth Service Sedang Berjalan

Salah satu alasan paling umum mengapa Bluetooth tidak berfungsi sebagaimana mestinya adalah karena Bluetooth Support Service atau Layanan Dukungan Bluetooth tidak berjalan di latar belakang. Untuk memeriksanya, tekan Win + R, ketik services.msc dan kemudian tekan tombol Enter di keyboard anda.

Tindakan di atas akan membuka alat Layanan Windows. Disini, cari service/layanan Bluetooth Support Service dan lihat apakah sedang berjalan. Jika ya, anda akan melihat teks Running di bawah kategori status.


Jika service tidak berjalan, klik kanan padanya lalu pilih opsi Start.


Jika mau, anda juga dapat membuat service mulai secara otomatis di setiap startup Windows. Untuk melakukan itu, klik kanan pada service dan kemudian pilih opsi Properties.

Di jendela Properties pilih opsi Automatic dari menu drop-down Startup Type, dan kemudian klik tombol OK untuk menyimpan perubahan.



2. Cobalah Menghapus dan Menambahkan Ulang Perangkat

Jika anda dapat mengaktifkan Bluetooth tetapi tidak dapat terhubung ke perangkat target, maka anda harus mencoba memasangkan (pairing) kembali perangkat tersebut. Sering kali, memasangkan kembali perangkat akan memecahkan banyak masalah.

Untuk melakukan itu buka Control Panel dengan mencarinya di Start Menu.

Setelah Control Panel dibuka, temukan dan klik opsi Devices and Printers.

Tindakan di atas akan mencantumkan semua perangkat yang terpasang. Temukan perangkat Bluetooth target, klik kanan padanya dan kemudian pilih opsi Remove Device.


Setelah mengeluarkan perangkat, pasangkan perangkat dengan mengklik opsi Add a device yang muncul di bar navigasi atas. Cukup ikuti petunjuk di layar, dan anda harus mendapatkannya.


Langkah yang sama dapat anda lakukan melalui menu Settings di Windows 10. Buka Settings, kemudian pilih Devices. Di halaman Devices, untuk menghapus perangkat, klik pada perangkat yang bermasalah dan klik Remove device.


Untuk menambahkan dan memasangkan perangkat klik Add Bluetooth or other device dibagian paling atas halaman. Anda tinggal menunggu verifikasi kode pairing dan klik Yes di komputer dan perangkat lain untuk menyambungkan device.


Catatan: Cara menerima file di Windows 10 atau Windows 11 yang dikirim lewat Bluetooth, anda terlebih dahulu membuka opsi Bluetooth File Transfer dengan mengklik kanan Bluetooth pada taskbar dan pilih Receive a File. Setelah itu baru anda dapat mengirim file dari perangkat lain. Jika tidak, pengiriman file akan selalu gagal.



3. Izinkan Perangkat Bluetooth untuk Menemukan PC Anda

Terkadang, bahkan ketika fitur Bluetooth berfungsi dengan baik di PC atau notebook anda, anda mungkin tidak dapat menemukannya ketika anda menscan/memindai di perangkat lain. Ini karena anda harus secara manual mengizinkan perangkat Bluetooth untuk menemukan PC anda.

Untuk melakukan itu, temukan PC Anda di jendela Devices and Printers, klik kanan padanya dan pilih opsi Bluetooth Settings.


Setelah jendela Settings Bluetooth dibuka, beri ceklist pada kotak centang Allow Bluetooth devices to find this PC, lalu klik tombol OK untuk menyimpan perubahan.



4. Update, Rollback atau Reinstall Driver Bluetooth

Lebih sering daripada tidak, penyebab utama di balik Bluetooth tidak berfungsi adalah driver Bluetooth yang diupdate atau rusak. Itu selalu merupakan ide yang baik untuk mengupdate, rollback/mengembalikan atau bahkan reinstall/menginstal ulang driver Bluetooth yang didownload langsung dari situs web produsen.

Anda dapat dengan mudah mengupdate, mengembalikan atau bahkan menghapus instalan driver dari Device Manager. Untuk memulai, cari Device Manager di Start Menu dan kemudian buka.

Disini, klik kanan pada perangkat Bluetooth anda dan kemudian pilih opsi Properties.


Di jendela properti, navigasikan ke tab Driver. Dari sini, anda dapat dengan mudah menguninstall, mengembalikan, atau mengupdate driver dengan mengklik tombol yang sesuai dan mengikuti petunjuk di layar.


5. Coba Hardware Troubleshooter Windows

Jika tidak ada solusi yang dibahas di atas yang berfungsi untuk anda, maka sebagai upaya terakhir anda dapat mencoba Hardware Troubleshooter Windows bawaan. Untuk melakukan itu, cari Troubleshooter di Start Menu dan kemudian buka.

Sekarang dipanel kanan klik tautan Bluetooth.

Disini, pilih opsi Run the troubleshooter dan ikuti instruksi di layar.


Jika masalahnya kecil, maka Windows dapat mencoba memperbaikinya untuk anda, tetapi jika tidak, anda mungkin ingin memeriksa log yang disediakan oleh troubleshooter untuk memperbaikinya sendiri.

Jika belum juga berhasil mengatasinya anda mungkin perlu mambaca artikel saya yang lainnya tentang Cara Memperbaiki Bluetooth Connections di Windows 10/11. Ini berhubungan dengan keamanan Windows 10 atau Windows 11 terbaru.

Sekian. Semoga bermanfaat dan dapat membantu memecahkan persoalan anda. Berikan komentar di bawah ini untuk membagikan pemikiran dan pengalaman anda tentang penggunaan metode di atas untuk memperbaiki masalah Bluetooth di Windows 10 atau Windows 11. Terimakasih dan GBU.

No comments for "Cara Memperbaiki Bluetooth Not Working di Windows 10/11"