Widget HTML Atas

Cara Mengatur dan Mengelola Perangkat Bluetooth di Windows 10/11


Bluetooth dengan cepat menjadi salah satu teknologi veteran yang mungkin berperan di beberapa area seperti transfer file, namun berkembang lebih banyak dan lebih jauh lagi dalam hal yang lainnya seperti wireless controllers, headphone dan perangkat lainnya. Dengan Bluetooth 5 yang baru saja diluncurkan, dan dengan lebih banyak perangkat yang pernah terpasang ke PC Windows 10 anda secara bersamaan, saya disini untuk membantu anda mengelola peningkatan wireless traffic dengan menunjukkan cara mengelola koleksi perangkat Bluetooth anda.


Mengatur Bluetooth di Windows 10/11

Menyiapkan Bluetooth di Windows 10 atau Windows 11 seharusnya mudah. Jika anda sudah memiliki Bluetooth di dalam PC anda, maka itu hanya sebuah kasus untuk pergi ke Settings - Devices, lalu mengklik Bluetooth & other devices di panel sebelah kiri. Atau, anda mungkin sudah memiliki ikon Bluetooth kecil di area notifikasi anda di sudut kanan bawah desktop anda. Demikian juga, jika anda memiliki dongle USB Bluetooth, itu harus dideteksi oleh Windows 10 atau Windows 11 dan dipasang secara otomatis.

Setelah berada di layar Bluetooth & other devices, itu seharusnya hanya kasus mengklik slider Bluetooth ke On untuk mengaktifkannya.


Jika anda tidak dapat mengaktifkan Bluetooth karena alasan apapun, buka Device Manager, lalu klik tombol dropdown Bluetooth dalam daftar dan cari ikon yang memperlihatkan tanda seru pada driver Bluetooth anda. Jika ada, klik kanan dan kemudian coba Update Driver, atau nonaktifkan kemudian aktifkan kembali driver yang bermasalah.


Sebagai gambaran umum, berikut ini adalah driver perangkat Bluetooth utama yang harus anda daftarkan di Device Manager. Ini tidak termasuk perangkat Bluetooth apapun yang terpasang di PC anda, yang akan bervariasi dari PC ke PC.



Bluetooth Radio / Wireless Bluetooth / Yang Serupa

Ini adalah penerima/radio Bluetooth yang anda miliki di PC anda - apakah terpasang ke motherboard atau melalui dongle USB. Jika radio Bluetooth anda mati, maka sangat mungkin satu-satunya hal yang akan anda lihat di bawah dropdown Bluetooth adalah ini. Ini harus diaktifkan untuk Bluetooth bahkan muncul di jendela Settings anda dan untuk driver perangkat Bluetooth di bawah ini menjadi terlihat.


Layanan Identification Service

Ini selalu berjalan di latar belakang selama anda memiliki radio Bluetooth aktif dan bertanggung jawab untuk mengidentifikasi setiap perangkat Bluetooth anda, memastikan mereka berfungsi sebagaimana mestinya dan (semoga) tidak bertentangan satu sama lain.


Microsoft Bluetooth Enumerator

Layanan ini dijalankan ketika anda memasang radio Bluetooth tanpa driver (misalnya, USB yang umum), dan Microsoft secara efektif "mengambil kendali" dari driver itu.


Layanan Discovery Service

Ini akan mencari layanan berbeda yang terkait dengan perangkat Bluetooth anda dan pada dasarnya berkoordinasi membantu perangkat Bluetooth anda. Agak seperti Identification Service, ini sangat penting untuk menjalankan perangkat Bluetooth anda.


Instal dan Kelola Bluetooth Device Anda

Setelah radio Bluetooth anda yang sebenarnya dan layanan terkaitnya sesuai, saatnya untuk mengelola perangkat Bluetooth anda: semua periferal mewah yang ingin anda sambungkan secara nirkabel ke PC anda.

Untuk menambahkan perangkat Bluetooth, anda harus mengaktifkan Scanning / Pairing Mode. Cara melakukan hal ini bervariasi antar perangkat, tetapi pada umumnya untuk mengaktifkannya  anda cukup menekan tombol di device anda selama beberapa detik sebelum lampu mulai menyala atau pemberitahuan pada anda itu adalah pairing (pemasangan).

Setelah perangkat anda dalam pairing mode, di Windows 10 silahkan pergi ke pengaturan Bluetooth lagi (Settings - Devices - Bluetooth & other devices), lalu klik Add Bluetooth or other device - Bluetooth, dan itu akan muncul dalam daftar. Klik untuk memasangkannya. Windows kemudian dapat menanyakan kode PIN device anda, yang biasanya adalah 0000 secara default.


Kadang-kadang, jika anda memasangkan perangkat tertentu dengan komputer lain kemudian ingin menghubungkannya kembali dengan perangkat yang anda gunakan saat ini, anda harus menghapus perangkat, kemudian memasangkan kembali seperti anda memulai dari awal. Untuk menghapus perangkat, cukup pilih di daftar perangkat Bluetooth anda dan klik Remove device. Untuk memasangkan kembali, ikuti petunjuk pemasangan di atas paragraf ini.


Bluetooth melibatkan banyak pemasangan, pemasangan kembali, menghubungkan dan menghubungkan kembali. Itu adalah sesuatu yang harus anda jalani, jadi belajar melakukannya dengan cepat dan efisien sangatlah bermanfaat. Ingat bahwa mendaftar perangkat Bluetooth di Device Manager dan Settings pada dasarnya adalah hal yang sama tetapi sedikit berbeda.

Sebagai aturan umum, untuk instalasi cepat dan memasangkan perangkat Bluetooth, gunakan Settings, dan untuk mengatasi masalah dan mengupdate driver Bluetooth anda yang sebenarnya, gunakan Device Manager. Atau anda juga dapat membaca artikel saya lainnya tentang cara mengembalikan icon bluetooth dan membuat shortcutnya di Windows 10/11.

Sekian tutorial kali ini, semoga dapat membantu anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pengalaman dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU.

No comments for "Cara Mengatur dan Mengelola Perangkat Bluetooth di Windows 10/11"