Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengaktifkan Remote Desktop Menggunakan Command Prompt atau PowerShell

 


Jika anda ingin menggunakan fitur Remote Desktop (RDP) tanpa harus membuka Settings Windows, anda dapat mengaktifkan Remote Desktop menggunakan Command Prompt atau Windows PowerShell. Jika anda memiliki client remote desktop di ponsel atau komputer lain, anda akan dapat menghubungkannya dan menggunakan PC anda dari jarak jauh.


Remote Desktop adalah fasilitas terkenal dari komputer Windows yang memungkinkan anda menghubungkan dua komputer atau ponsel sehingga seseorang dapat mengakses komputer lain dari jarak jauh. Anda dapat memperbaiki beberapa masalah pada komputer melalui perangkat ponsel atau melakukan pekerjaan lain sesuai dengan kebutuhan anda. Anda memerlukan client Remote Desktop seperti Microsoft Remote Desktop atau lebih di ponsel anda untuk menghubungkan dua perangkat.


Anda dapat mengaktifkan dan menonaktifkan Remote Desktop dari Control Panel atau dari Settings Windows. Anda harus menuju ke System - Remote Desktop untuk mengakses opsi. Namun, anggap saja aplikasi Settings Windows tidak dapat dibuka karena beberapa alasan dan anda perlu mengaktifkan fitur Remote Desktop maka anda dapat menggunakan metode ini untuk memulai Remote Desktop menggunakan command line.



Aktifkan Remote Desktop Menggunakan Command Line


Untuk mengaktifkan Remote Desktop menggunakan Command Prompt dan Windows PowerShell, ikuti langkah-langkah berikut dibawah ini. Perintahnya tidak sama antara Command Prompt dan Windows PowerShell.



1. Aktifkan Firewall Remote Desktop Menggunakan Command Prompt


  • Untuk memulai, buka Command Prompt dengan hak admin. Tekan tombol Win + R, kemudian ketik cmd dan tekan Ctrl + Shift + Enter.
  • Setelah jendela command prompt terbuka, masukkan perintah berikut dibawah ini dan tekan Enter.
reg add "HKLM\SYSTEM\CurrentControlSet\Control\Terminal Server" /v fDenyTSConnections /t REG_DWORD /d 0 /f
  • Secara default, value fDenyTSConnections diatur ke 1. Jadi anda harus mengubah valuenya menjadi 0 (nol). Jadi, jalankan perintah berikut dibawah ini.
netsh advfirewall firewall set rule group="remote desktop" new enable=yes

Perintah ini akan menambah dan memperbarui tiga aturan di Firewall sehingga anda dapat mulai menggunakan Remote Desktop.


2. Aktifkan Remote Desktop Menggunakan Windows PowerShell


  • Anda perlu membuka Windows PowerShell dengan hak admin dengan menekan tombol Win + X dan pilih Windows PowerShell (Admin) dari daftar.
  • Setelah terbuka, masukkan perintah berikut dibawah ini dan tekan Enter.
Set-ItemProperty -Path 'HKLM:\System\CurrentControlSet\Control\Terminal Server'-name "fDenyTSConnections" -Value 0
  • Perintah diatas juga telah mengubah value fDenyTSConnections menjadi 0 (nol). Sekarang, anda perlu menjalankan perintah berikut dibawah ini untuk menambahkan aturan di Firewall.
Enable-NetFirewallRule -DisplayGroup "Remote Desktop"

Setelah itu, anda akan dapat menggunakan Remote Desktop di Windows 10 atau Windows 11.

Setelah anda menggunakan Remote Desktop dan memperbaiki komputer client, anda juga dapat menonaktifkan Remote Desktop menggunakan Command Prompt dan Windows PowerShell. Lakukan langkah-langkah dibawah ini untuk menonaktifkannya.


Nonaktifkan Desktop Menggunakan Command Prompt atau PowerShell

Untuk menonaktifkan Remote Desktop menggunakan Command Prompt dan Windows PowerShell, ikuti langkah-langkah berikut dibawah ini.


1. Nonaktifkan Remote Desktop Menggunakan Command Prompt

Anda perlu mengatur value default fDenyTSConnections menjadi 1. Untuk itu, gunakan perintah dibawah ini.

reg add "HKLM\SYSTEM\CurrentControlSet\Control\Terminal Server" /v fDenyTSConnections /t REG_DWORD /d 1 /f

Setelah sukses menjalankan perintah diatas, sekarang anda perlu menghapus aturan dari Firewall. Untuk itu, gunakan perintah dibawah ini.

netsh advfirewall firewall set rule group="remote desktop" new enable=No

2. Nonaktifkan Remote Desktop Menggunakan PowerShell

Anda perlu mengubah value fDenyTSConnections menjadi 1. Anda dapat melakukannya dengan menggunakan perintah dibawah ini.

Set-ItemProperty -Path 'HKLM:\System\CurrentControlSet\Control\Terminal Server'-name "fDenyTSConnections" -Value 1

Perintah selanjutnya dibawah ini akan membiarkan anda menghapus aturan dari Firewall.

Disable-NetFirewallRule -DisplayGroup "Remote Desktop"


Itu saja! Selanjutnya anda wajib membaca artikel saya lainnya tentang cara mengamankan Remote Desktop dengan Remote Credential Guard di Windows 10/11. Dan jika anda menemukan error dengan remote desktop maka baca tutorial saya tentang cara memperbaiki masalah umun koneksi Remote Desktop di Windows 10/11.

Saya harap tutorial sederhana ini akan membantu anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pengalaman dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Cara Mengaktifkan Remote Desktop Menggunakan Command Prompt atau PowerShell"