Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengubah Lokasi Default File Event Log di Windows 10/11

 


Jika anda ingin mengubah lokasi default file Event Log di Windows 10 dan Windows 11, maka artikel ini akan berguna untuk anda. Sebelumnya anda mungkin telah membaca artikel saya tentang apa itu Custom Views di Windows Event Viewer dan cara membuatnya. Disana sudah dijelaskan bagaimana anda membuat Event Viewer anda sendiri, namun bagaimana jika anda ingin mengubah lokasi default file lognya? Anda tidak akan menemukan opsi di jendela Event Viewer untuk mengubah pengaturan tersebut.


Jangan khawatir, anda dapat mengubah lokasi file log yang telah ditentukan sebelumnya menggunakan Local Group Policy Editor dan Registry Editor. Namun, lokasi harus dapat ditulis oleh service Event Log dan dapat diakses oleh administrator.



1. Ubah Lokasi Default File Event Log Menggunakan Local Group Policy Editor


Untuk mengubah lokasi file Log Peristiwa default menggunakan Local Group Policy Editor, ikuti langkah-langkah berikut dibawah ini. Untuk Windows versi Home, gunakan metode Registry Editor. Jika anda ingin menggunakan metode ini, anda harus terlebih dahulu mengaktifkan Group Policy Editor di system anda.

  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik gpedit.msc dan tekan tombol Enter.
  • Dijendela Local Group Policy Editor, telusuri alamat berikut dibawah ini.
Computer Configuration - Administrative Templates - Windows Components - Event Log Service - Security
  • Di folder Security di panel kiri, cari dan klik dobel pada policy/kebijakan yang bernama Control the location of the log file.


  • Di jendela edit policy pilih opsi Enabled.
  • Kemudian, masukkan jalur yang dapat ditulis oleh service Event Log dan dapat diakses oleh administrator komputer. Saat memilih jalur, anda harus mempertimbangkan dua ketentuan ini. Jika tidak, panduan ini tidak akan berfungsi.


  • Jangan lupa klik Apply dan OK untuk menyimpan pengaturan anda.

Jika anda ingin kembali ke jalur semula, kunjungi tempat yang sama, dan pilih opsi Not Configured.


2. Ubah Lokasi Default File Event Log Menggunakan Registry Editor

Untuk mengubah lokasi file Log Peristiwa di Windows 10, ikuti langkah-langkah berikut ini. Namun sebelum anda melangkah lebih jauh, ada baiknya anda membackup registry Windows anda atau membuat system restore untuk berjaga-jaga jika anda membuat kekeliruan dalam pengeditan registry.

Setelah melakukannya, anda kemudian dapat melanjutkan dengan mengikuti metode dibawah ini.
  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik regedit dan tekan tombol Enter untuk membuka Registry Editor.
  • Di jendela Registry Editor, telusuri jalur berikut dibawah ini.
HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Policies\Microsoft\Windows
  • Setelah itu kita harus membuat sebuah subkey baru di folder Windows. Untuk membuatnya klik kanan pada Windows, kemudian pilih New - Key dan beri nama dengan EventLog.


  • Sekarang, ikuti langkah-langkah yang sama untuk membuat subkey di EventLog dan beri nama dengan Security.
  • Setelah itu, anda harus membuat string baru di subkey Security. Untuk membuatnya, klik kanan pada Security atau ruang kosong di panel kanan dan pilih New - String Value. Kemudian beri nama dengan File.


  • Selanjutnya klik dobel pada File dan masukkan jalur tempat anda ingin menyimpan file Event Log di bagian value data, kemudian klik OK untuk menyimpan perubahan.


  • Sekarang restart PC anda untuk menerapkan perubahan.

Jika anda ingin kembali ke jalur default, klik kanan pada EventLog dan pilih opsi Delete.


Hanya itu yang dapat anda lakukan dan semoga anda dapat anda dapat mengikutinya tanpa mendapat kendala. Anda kemudian dapat membaca artikel saya lainnya tentang cara mengembalikan Event Viewer yang hilang di Windows 10/11 atau cara memperbaiki Error Event ID 12 The driver detected an internal driver error on \Device\VBoxNetLwf.

Sekian tutorial kali ini, semoga dapat membantu anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pengalaman dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Cara Mengubah Lokasi Default File Event Log di Windows 10/11"