Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengubah Fungsi Tombol Alt + Tab di Windows 10/11

 


Ketika kita menekan tombol Alt + Tab, ini akan menunjukkan thumbnail dari jendela yang terbuka dan tab Microsoft Edge dan membantu anda untuk beralih dari satu aplikasi ke aplikasi lain. Opsi ini ditambahkan pada update fitur terbaru Windows 10 versi 20H2. Jika mau, anda dapat menyesuaikan perilaku Alt + Tab default ini.




Salah satu opsi memungkinkan anda menggunakan menu Alt + Tab lama atau klasik (yang juga dikenal sebagai Task Switcher) yang hanya menampilkan ikon program yang dibuka dan bukan thumbnailnya.


Opsi kedua membantu untuk mengatur apakah anda ingin menyembunyikan atau menampilkan tab Microsoft Edge di menu Alt + Tab, hanya menampilkan jendela yang terbuka atau 3 tab terbaru Microsoft Edge, dan lainnya



Mengubah Fungsi Tombol Alt + Tab di Windows 10/11


Sebelum anda melakukannya, pastikan bahwa tombol Alt + Tab berfungsi dengan baik. Jika tombol Alt + Tab tidak berfungsi, anda harus memperbaikinya terlebih dahulu. Setelah itu, coba metode berikut ini untuk menyesuaikan pengaturan Alt + Tab.



1. Ubah ke Menu Alt + Tab Lama Menggunakan Registry Editor


Metode ini membantu anda untuk beralih dari menu Alt + Tab baru atau default di Windows 10 ke menu Alt + Tab lama dan juga sebaliknya. Namun sebelum anda melanjutkan metode ini, ada baiknya untuk membackup registry Windows anda atau membuat restore point untuk berjaga-jaga jika terjadi kesalahan dalam pengeditan.


Setelah melakukannya, ikuti langkah-langkah dibawah ini untuk mengubah pengaturannya.

  • Buka Editor Registry Editor dengan menekan tombol Win + R, kemudian ketik regedit dan tekan Enter.
  • Di jendela registry editor, telusuri jalur berikut dibawah ini.
HKEY_CURRENT_USER\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer

  • Di folderl Explorer, buat DWORD baru. Untuk ini, klik kanan pada Explorer atau ruang kosong di panel kanan, kemudianpilih New - DWORD (32-bit) Value dan beri nama dengan AltTabSettings.


  • Kemudian klik dobel pada AltTabSettings dan ubah value datanya menjadi 1.


  • Klik OK untuk menyimpan perubahan.
  • Sekarang restart File Explorer anda. Gunakan tombol Alt + Tab dan anda akan melihat bahwa Alt + Tab klasik akan kembali berfungsi.



Untuk mengembalikan pengaturannya kembali ke yang baru atau default, ikuti langkah-langkah di atas, dan kemudian ubah value datanya dengan 0 (nol). Setelah merestart File Explorer, anda akan melihat fungsi tombol Alt + Tab default anda telah berubah seperti sedia kala.


2. Tampilkan atau Sembunyikan Tab Microsoft Edge di menu Alt + Tab Menggunakan Aplikasi Settings

Opsi ini membantu negatur jika anda hanya ingin menampilkan jendela yang terbuka, serta tab Microsoft Edge, dan lainnya.
  • Buka Settings dengan menggunakan tombol Win + I.
  • Kemudian pilih System di jendela Settings dan diikuti dengan mengklik Multitasking di panel kiri.
  • Di panel kanan anda akan melihat menu drop-down untuk opsi Pressing Alt + Tab show. Gunakan menu itu dan lakukan tindakan yang anda inginkan.



Dengan menggunakan dua metode ini, anda dapat menyesuaikan pengaturan fitur tombol Alt + Tab yang baru ditambahkan ke Windows 10 atau Windows 11 ini.


Sekian tutorial kali ini, semoga membantu anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pengalaman dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Cara Mengubah Fungsi Tombol Alt + Tab di Windows 10/11"