Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Fitur Yang Dihapus dan Fitur Baru di Windows 10 v20H2

 


Microsoft baru saja meluncurkan Feature Update terbaru Windows 10 versi 20H2. Dibangun berdasarkan Windows 10 v1909 yang dirilis tahun lalu, Windows 10 versi 20H2 menawarkan beberapa fitur terbaru untuk peningkatan kinerja, fitur enterprise, dan peningkatan kualitas. Selain itu, update ini juga memperpanjang services yang terkait dengan bug dan perbaikan keamanan hingga 6 bulan kedepan.


Tetapi sayangnya, Microsoft juga menyingkirkan beberapa fitur yang tidak lagi diperlukan. Artikel kali ini akan membahas fitur-fitur baru dan fitur-fitur yang dihapus dan bagaimana pengaruhnya terhadap pengalaman menggunakan Windows secara keseluruhan.





Fitur yang Dihapus di Windows 10 Versi 20H2


Microsoft secara resmi menghapus hanya satu fitur dari update Oktober. Fitur tersebut adalah metadata layanan/services MBAE. Fitur ini telah diganti dengan aplikasi MO UWP.


MBAE digunakan untuk membuat dan mengirimkan paket metadata layanan untuk menciptakan pengalaman yang sangat terintegrasi dengan Windows. Ini telah digantikan oleh aplikasi MO UWP, yang tidak memerlukan pembuatan metadata layanan di dasbor Windows Dev Center Hardware.


Berikut adalah tabel yang menjelaskannya secara singkat.


App type Target platform Delivery mechanism Icon retrieval
MBAE Windows 8, Windows 8.1, or Windows 10 Sysdev metadata Sysdev metadata or COSA if declared as part of the profile
MO UWP app Windows 10 (preferably version 1803 and later with the same SDK version) COSA database COSA database

Meskipun demikian, fitur tersebut ditandai berdedikasi di Windows 10 1803, dan 20H2 menandai akhirnya. Pengembang yang belum menerapkan harus menerapkan aplikasi MO UWP.

Menurut Microsoft, kebanyakan kode sumber logika bisnis, bagaimanapun, seharusnya tidak memerlukan banyak perubahan. Misalnya, kode untuk mengakses back end dan mengakses informasi mobile broadband mungkin sama. Namun, MO harus memvalidasi masing-masing skenario aplikasi mobile broadband yang sesuai.

Secara keseluruhan, ini luar biasa dari perspektif konsumen karena ini hanya update pengembang, dan pasti sebagian besar pengembang telah mengupgradenya ke model yang baru.


Fitur Baru Windows 10 Versi 20H2

Perilisan Windows 10 versi 20H2, Update Oktober 2020 menandai major update ke-10 sejak rilis Windows 10 pertama kali. Apa saja yang baru? Temukan daftarnya dibawah ini.


1. Start Menu yang Didesain Ulang

Perubahan di Start Menu menambahkan lebih banyak transparansi ke tiles yang cocok dengan skema warna aplikasi. Ini membuat aplikasi favorit anda lebih mudah ditemukan. Selain itu, anda dapat mengubah warna menu, tetapi anda harus mengaktifkan Dark mode terlebih dahulu. Seperti sebelumnya, anda mendapatkan opsi untuk memilih, Dark mode atau Light mode.




2. Peningkatan Tampilan Notifikasi

Banner notifikasi sekarang menampilkan logo aplikasi di kiri atas dan menambahkan tanda X yang jelas untuk menutup notifikasi dengan segera.




3. Tablet Mode yang Tidak Terlalu Mengganggu

Toast notifications yang muncul saat beralih dari Desktop mode ke Tablet mode telah hilang selamanya. Sebelumnya, ini meminta pengguna setiap kali mereka mencoba masuk ke tablet mode khusus.




4. Microsoft Edge Baru

Jika anda belum menginstal Microsoft Edge chromium, fall update melakukannya untuk anda. Faktanya, browser sudah diinstal sebelumnya dengan update fitur. Namun, dibandingkan dengan sebelumnya, Edge baru ini menawarkan kinerja yang lebih baik dan menjanjikan rendering halaman web yang lebih cepat. Ada juga fitur New Collections.




5. Pengaturan yang Ditingkatkan

Dibagian bawah halaman About baru di Settings app juga menampilkan link ke beberapa program atau utilitas lama yang sebelumnya ditemukan di Control Panel.



Selain itu, opsi telah ditambahkan di bagian Multitasking pada System Settings untuk menampilkan tab browser individual saat menggunakan tombol alih Alt + Tab.



Dengan opsi baru ini, anda tidak hanya dapat beralih di antara aplikasi yang terbuka, tetapi juga dapat beralih diantara tab Microsoft Edge yang terbuka.




6. Opsi Refresh Rate

Terakhir, halaman Advanced display settings yang diperbarui menampilkan opsi bagus untuk mengubah kecepatan refresh monitor. Anda dapat mencapainya di Settings - Display Advanced display settings - Refresh rate. Sebelumnya, pengguna harus menginstal beberapa aplikasi pihak ketiga untuk mengubahnya.




Penting untuk diperhatikan disini bahwa Windows 10, versi 2004 dan 20H2 berbagi system operasi inti yang sama dengan sekumpulan file system yang identik. Dengan demikian, fitur baru dalam update juga disertakan dalam quality update bulanan terbaru untuk Windows 10, versi 2004 (dirilis 13 Oktober 2020), tetapi dalam keadaan tidak aktif dan akan terus ada dalam keadaan itu hingga diaktifkan melalui Enablement package.

Anda juga dapat membaca tutorial saya tentang masalah update Windows 10 terbaru dan cara memperbaikinya. Artikel tersebut akan selalu di update jika di temukan masalah yang timbul saat update terbaru diluncurkan.

Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat untuk anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pengalaman dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Fitur Yang Dihapus dan Fitur Baru di Windows 10 v20H2"