Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memperbaiki Error Program exe atau COM Surrogate has stopped working di Windows 10/11

 


COM Surrogate adalah proses pengorbanan untuk objek COM yang dijalankan di luar proses yang memintanya. Explorer menggunakan COM Surrogate saat mengekstrak thumbnail, misalnya. Jika anda pergi ke folder dengan thumbnail diaktifkan, maka Explorer akan menjalankan COM Surrogate dan menggunakannya untuk menghitung thumbnail untuk dokumen di folder tersebut. Hal ini dilakukan karena Explorer telah belajar untuk tidak mempercayai ekstraktor thumbnail dimana mereka memiliki rekam jejak yang buruk untuk stabilitas. Explorer telah memutuskan untuk menerima penalti kinerja sebagai imbalan atas peningkatan keandalan yang mengakibatkan pemindahan bit kode cerdik ini keluar dari proses Explorer utama. Ketika ekstraktor thumbnail lumpuh, kerusakan menghancurkan proses COM Surrogate, bukan Explorer.


COM Surrogate merupakan proses dllhost.exe berjalan dengan nama COM Surrogate. Di system operasi Windows 11/10/8/7 anda, anda mungkin pernah menerima pesan error Program exe atau COM Surrogate has stopped working. Masalah ini menyebabkan program berhenti bekerja dengan semestinya. Windows akan menutup program dan memberitahu anda jika solusi tersedia, berikut adalah beberapa langkah pemecahan masalah. Saya hanya menyarankan metode yang dapat membantu menyelesaikan error tersebut.



Bagaimana Jika COM Surrogate Berhenti Bekerja


Seperti yang dijelaskan diawal, proses ini berhubungan dengan mengekstrak thumbnail yang pada akhirnya berkaitan erat dengan File Explorer. Di system operasi Windows 10/8/7 anda, anda mungkin pernah menerima pesan error Program exe atau COM Surrogate has stopped working. Ada beberapa alasan yang dapat menyebabkan error tersebut, seperti program yang buruk atau rusak, pengaturan UAC, infeksi Malware, pengaturan DEP, dan lainnya.


Itu akan menyebabkan program berhenti bekerja dengan semestinya. Windows akan menutup program dan kemudian akan memberitahu anda dengan pesan error tersebut.




Jika anda mendapatkan error Program exe atau COM Surrogate has stopped working,  langkah pertama yang dapat anda lakukan adalah coba untuk menonaktifkan Thumbnail melalui opsi File Explorer. Ini adalah langkah awal yang cukup membantu. Atau jika anda baru mengupdate driver perangkat anda, mungkin anda ingin melakukan rollback dan melihat apakah itu membantu. Mencoba menggunakan system restore juga menjadi opsi pilihan lainnya.


Jika masalah terus berlanjut, anda dapat menggunakan beberapa metode perbaikan dibawah ini.



1. Pengaturan UAC


Pada Windows 11/10/8/7, anda memiliki pengaturan User Account Control (UAC) yang akan mencegah akses administrator untuk program karena alasan keamanan. Program tertentu membutuhkan akses administrator untuk berjalan dengan baik sehingga untuk mengatasi masalah ini anda harus klik kanan pada file yang dapat dieksekusi dan memilih Run as administrator.

  • Jika anda ingin selalu menjalankan program tersebut sebagai administrator, klik kanan pada shortcut dan buka Properties dan klik tab Compatibility.
  • Kemudian beri ceklist pada Run this program as Administrator dan klik Apply dan OK.



Terkadang anda juga mungkin perlu mengaktifkan Compatibility Mode karena program tertentu mungkin tidak sepenuhnya kompatibel dengan Windows 7/8/10/11.


Jika program tersebut kompatibel dengan Windows 11/10/8/7, pastikan anda tidak mengaktifkan Compatibility Mode jika diaktifkan, hapus ceklistnya karena juga dapat merusak program.



2. Infeksi Malware


Jika anda mendapatkan error untuk beberapa program, ada kemungkinan komputer Windows anda terinfeksi. Dalam kasus seperti itu, gunakan antivirus pihak ketiga yang bagus dan scan PC anda dengannya.


Ada baiknya anda melakukan scan dalam Safe Mode dan menjalankan scan lengkap. Untuk masuk ke safe mode anda dapat membacanya disini untuk Windows 10/11 dan Windows 8/8.1.



3. Pengaturan DEP


Pengaturan DEP yaitu pengaturan Data Execution Prevention dapat menyebabkan program macet. Untuk memeriksa pengaturan tersebut ikuti langkah dibawah.

  • Buka File Explorer (Win + E) dan klik kanan pada My Computer atau This PC dan klik Properties.
  • Kemudian klik pada Advanced system settings.
  • Di jendela System Properties klik tab Advanced dan klik Settings di bagian Performance.

  • Di tab Data Execution Prevention, pastikan anda telah memilih Turn on DEP for essential Windows programs and services only kemudian klik Apply dan OK.


  • Restart system anda.


Sebagai alternatif, anda dapat memilih Turn on DEP for all programs and services except those I select, klik Add dan tambahkan yang berikut ini:

  • Untuk 32-bit systems
C:\Windows\System32\dllhost.exe
  • Untuk 64-bit systems
C:\Windows\SysWOW64\dllhost.exe

Setelah itu klik Apply dan OK.


4. Daftarkan Ulang file DLL

Buka command prompt dengan hak admin (Run as administrator) dan jalankan perintah berikut dibawah ini satu persatu.

regsvr32 vbscript.dll
regsvr32 jscript.dll


Metode di atas adalah beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk memperbaiki error COM Srrogate ataupun program exe. Anda juga dapat membaca artikel saya lainnya tentang apa itu COM Surrogate dan cara mengatasi penggunaan CPU atau Disk yang tinggi olehnya.

Sekian tutorial kali ini, semoga bermanfaat untuk anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pengalaman dalam mengikuti tutorial ini. Terimaksih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Cara Memperbaiki Error Program exe atau COM Surrogate has stopped working di Windows 10/11"