Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Fitur Keamanan Pribadi di Android yang Harus Anda Gunakan

 


Perangkat Android kita adalah alat luar biasa yang dapat membantu kita melakukan banyak hal. Dari berkomunikasi dengan panggilan video hingga menulis dokumen dan mencari di Internet. Perangkat ini sangat canggih. Namun, satu fitur yang mungkin belum kita pertimbangkan adalah kemampuan untuk melindungi kita. Android memiliki beberapa fitur keamanan pribadi bawaan yang dapat membantu kita dalam keadaan darurat. Berikut adalah cara menyiapkan ponsel Android anda untuk keadaan darurat.



1. Emergency Information


Android memungkinkan pengguna menambahkan Emergency Information atau informasi darurat ke lock screen tanpa banyak kerumitan. Setiap model ponsel mempunyai pengaturan yang berbeda. Gunakan search bar di Settings untuk menemukan pengaturannya atau cobalah metode dibawah untuk menemukan pengaturannya.



Untuk Perangkat Samsung


  • Buka aplikasi Contact di ponsel anda kemudian ketuk profile anda.



  • Geser ke bagian paling bawah. Anda akan menemukan Medical info dan Emergency contacts.

  • Ketuk keduanya untuk pengaturan lebih lanjut. Di bagian Medical info, anda dapat menambahkan kondisi medis anda, alergi, pengobatan saat ini, golongan darah dan lainnya. Sementara pada bagian Emergency contacts, anda dapat menambahkan kontak anda untuk panggilan darurat.



Data-data yang anda masukan ini akan di tampilkan saat layar ponsel anda terkunci. Anda dapat melihatnya dengan mengakses Phone atau mengusap layar - Emergency call - Medical info. Anda akan melihat detail informasi pemilik ponsel dan daftar kontak yang dapat dihubungi.




Untuk Perangkat Lainnya


  • Masuk ke Settings perangkat anda dan pilih About phone, diikuti dengan mengetuk Emergency information.



  • Di bawah Emergency Information, anda dapat menambahkan informasi seperti informasi medis dan kontak darurat. Anda juga dapat memilih untuk menerima peringatan krisis.


  • Di bagian Medical information, anda dapat menambahkan golongan darah, alergi apapun yang anda miliki, obat yang anda minum, alamat anda, catatan medis umum, dan apakah anda seorang pendonor organ.



2. Aktifkan Emergency Location Sharing


Fitur ini sebenarnya diaktifkan secara otomatis saat anda pertama kali membuat email anda untuk ponsel Android anda. Namun jika karena ada alasan lain yang membuat pengturan ini di nonaktifkan maka anda dapat mengikuti langkah-langkah dibawah ini untuk mengaktifkannya atau sekedar memeriksanya.



Untuk Perangkat Samsung


  • Buka Settings perangkat anda dan ketuk Location.

  • Pertama, pastikan Location anda diaktifkan. Anda kemudian dapat melihat pengaturan location services anda dibawahnya, baik itu yang diaktifkan maupun yang dinonaktifkan.

  • Sekarang ketuk Emergency Location Service (ELS) dan aktifkan jika dalam keadaan off.




Dengan Emergency Location Service (ELS) diaktifkan, jika didukung di wilayah anda, saat anda memanggil nomor darurat, perangkat anda akan secara otomatis mengirimkan lokasi anda ke responden darurat.



Untuk Perangkat Android Lainnya


  • Untuk mengaktifkan fitur ini, buka Settings kemudian Location.

  • Di bawah Advanced, anda kemudian dapat mengaktifkan opsi Emergency Location Service.





3. Aplikasi Personal Safety (Khusus Ponsel Google Pixel)


Aplikasi Personal Safety memungkinkan pengguna untuk berbagi informasi darurat dengan kontak dan mungkin layanan darurat.




Dengan aplikasi Personal Safety, anda dapat membagikan lokasi anda secara real-time dengan kontak darurat. Ini berguna jika anda berada dalam situasi yang tidak aman dan ingin terus mengabari seseorang tentang posisi anda setiap saat. Ini bisa berguna untuk berjalan pulang larut malam atau untuk lari pagi.


Anda juga dapat mengatur waktu agar telepon anda memeriksa anda jika anda ditempatkan dalam situasi yang tidak pasti. Jika tidak ada tanggapan yang diterima oleh aplikasi setelah check-in, maka Emergency Sharing akan dimulai secara otomatis.


Aplikasi Personal Safety juga mencakup deteksi tabrakan mobil. Ini memungkinkan ponsel anda mendeteksi jika anda pernah mengalami kecelakaan mobil yang parah jika deteksi tabrakan mobil diaktifkan. Ponsel anda akan bergetar keras dan mencoba memverifikasi apakah anda baik-baik saja atau jika anda memerlukan bantuan. Anda dapat memilih untuk menelepon atau tidak memanggil layanan darurat.


Jika anda tidak merespons, ponsel anda akan mengaktifkan speaker ponsel dan mencoba menelepon layanan darurat. Ini akan memberitahu mereka bahwa terjadi kecelakaan dan membagikan perkiraan lokasi anda. Anda akan dapat menyampaikan pesan otomatis jika anda dapat melakukannya.


Fitur ini hanya tersedia di Google Pixel 3, 4, dan 5.


Sebaiknya siapkan perangkat Android anda jika terjadi keadaan darurat, karena anda tidak pernah tahu kapan keadaan darurat akan terjadi pada anda. Fitur dan aplikasi keamanan pribadi ini dapat membantu anda menyiapkannya dalam beberapa menit. Jika anda mengaktifkan Google Assistant, anda juga dapat menyiapkan rutinitas darurat.


Anda juga dapat membaca tutorial saya lainnya tentang fitur luar biasa Google Lens yang patut anda gunakan atau cara membuat Google Assistant membaca artikel untuk anda.


Sekian tutorial kali ini, semoga bermanfaat untuk anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pengalaman dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Fitur Keamanan Pribadi di Android yang Harus Anda Gunakan"