Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengaktifkan dan Menonaktifkan ''OK Google'' di Android

 


Google Assistant adalah fitur yang berguna saat anda ingin mengontrol ponsel tanpa menyentuhnya secara fisik. Namun fitur yang mengaktifkan suara ini bisa menjadi masalah jika terus menangkap semua yang anda katakan dan mengganggu percakapan anda dengan pembaruan atau pertanyaan yang tidak perlu terkait kata yang anda ucapkan.


Ada juga pengguna yang merasa tidak nyaman dengan gagasan bahwa Google mendengarkan semua yang mereka katakan dan mencatatnya. Untungnya, langkah-langkah sederhana berikut dapat digunakan untuk menonaktifkan Google Assistant.



Aktifkan Voice Recognition "Ok Google"


  • Buka perangkat Android anda dan buka menu Settings, yang merupakan daftar opsi yang ditawarkan ponsel anda untuk menyesuaikannya.

  • Gulir ke bawah daftar opsi sampai anda melihat bagian yang bernama Google. Klik bagian ini untuk membuka fitur penyesuaian yang ditawarkan raksasa mesin pencari untuk ponsel Android anda.



  • Selanjutnya pilih Account Services, kemudian Search, Assistant & Voice dan Voice.



  • Di halaman ini ketuk Voice Match pada bagian Hey Google.

  • Alihkan opsi Hey Google ke On. Jika anda tidak ingin mengaktifkannya, alihkan tombol ke Off. Anda juga dapat mengaktifkan atau menonaktifkan opsi While Driving untuk mengontrol Google Maps saat anda mengemudi jika anda memiliki opsi ini.




Jika anda mengaktifkan Ok Google untuk pertama kali, anda akan diarahkan langkah demi langkah tentang cara menyiapkan profil suara. Ini memastikan Google hanya menanggapi suara anda. Ini sangat berguna jika orang lain di sekitar anda menggunakan Ok Google di perangkat mereka. Sementara orang lain dapat menggunakan perangkat anda, mereka harus membuka Google app terlebih dahulu atau menggunakan tombol Ok Google di perangkat anda. (Ketersediaan tergantung pada produsen perangkat dan versinya).



Aktifkan atau Nonaktifkan Google Assistant


Opsi sebelumnya hanya berurusan dengan kontrol suara untuk OK Google. Jika anda ingin sepenuhnya mengaktifkan atau menonaktifkan Google Assistant, anda perlu melangkah lebih jauh.


  • Buka Settings, dan akses bagian Google dari halaman Settings anda. Ketuk Account Services dan pilih Search, Assistant & Voice. Langkah-langkahnya sama dengan bagian sebelumnya hingga saat ini.

  • Sekarang, ketuk Google Assistant.



  • Halaman Profil Google anda akan ditampilkan di depan anda. Halaman ini membawa detail mengenai profil anda yang digunakan Google sehingga asisten AI dapat berinteraksi dengan Anda. Gulir kebawah dan ketuk General.

  • Anda akan menemukan Google Assistant. Aktifkan atau nonaktifkan opsi ini dengan mengetuk tombol yang disorot dengan warna biru di sebelahnya.




Jika anda tidak menemukan jalur seprti di atas di ponsel anda,  maka di halaman Google Assistant geser layar ke kiri untuk melihat bagian Assistant. Kemudian gulir ke bawah hingga anda melihat bagian Assistant Devices, dimana anda akan menemukan opsi Phone dan Add a device. Klik Phone dan di halaman selanjutnya anda akan menemukan Google Assistant. Anda kemudian dapat mengaktifkan atau menonaktifkan opsi ini.




Ok Google dapat digunakan saat anda tidak dapat menggunakan tangan untuk berinteraksi dengan ponsel, tetapi teknologi di balik fitur tersebut masih jauh dari sempurna. Dan tentu saja ada juga masalah privasi yang muncul terkait program semacam itu.


Dengan langkah-langkah yang disebutkan di atas, anda dapat mengaktifkan fitur ini kapanpun anda mau, seperti saat anda ingin artikel anda dibacakan dengan olehnya dan mematikannya lagi di lain waktu sesuai dengan preferensi anda. Selanjutnya anda juga dapat mengatur agar Google tidak melacak lokasi anda.


Sekian tutorial kali ini, semoga bermanfaat untuk anda. Jika anda membutuhkan artikel, silahkan tinggalkan komentar dibawah ini agar segera di terbitkan untuk anda yang membutuhkan. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Cara Mengaktifkan dan Menonaktifkan ''OK Google'' di Android"