Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Google Assistant Membaca Artikel Untuk Anda


Ketika menemukan sebuah artikel menarik yang ingin dibaca tetapi anda terlalu sibuk melakukan hal lain, apa yang kemudian anda lakukan? Anda pasti menyimpannya dan kemudian membacanya nanti. Namun apakah anda tahu bahwa anda dapat meminta Google Assistant membacakannya untuk anda? Dengan cara ini anda tidak akan melupakan artikel tersebut sesudahnya.

Fitur tersebut baru saja diperkenalkan. Google menjelaskan bahwa teknologinya berbeda dari software screen-reading lainnya, karena teknologi ini mampu membaca teks dengan suara dan irama yang terdengar alami sehingga orang tidak akan kesulitan mendengarkan dan memahami, bahkan untuk jangka waktu yang lebih lama.

Google assistant tersedia di sebagian besar ponsel Android, jadi jika anda ingin mendengarnya membacakan sebuah artikel atau apapun untuk anda, yang perlu anda lakukan hanyalah mengikuti beberapa langkah sederhana.

Catatan: Sejauh ini, fitur tersebut dimaksudkan untuk mendengarkan artikel, postingan blog, atau cerita pendek online.


Siapkan Voice Match di Perangkat Anda (Jika Belum Aktif)

Untuk memeriksa apakah Google Assistant anda sudah aktif dan siap di perangkat anda, tekan lama tombol Home dan ucapkan Ok Google atau Hi Google. Jika tidak ada yang terjadi, itu berarti anda perlu mengaktifkan Voice Match di perangkat anda secara manual. Berikut cara melakukannya:

  • Buka aplikasi Settings perangkat anda.
  • Gulir ke bawah sampai anda menemukan Google dan ketuk di atasnya.

  • Pilih Account Services - Search, Assistant & Voice - Voice.

  • Temukan dan ketuk fitur Voice Match di bawah kategori Hey Google.
  • Pastikan tombol Google Assistant diaktifkan. Selain itu, aktifkan Hey Google di Voice Match.

  • Setelah Hey Google aktif, Google akan meminta anda mengucapkan beberapa frasa agar dapat mempelajari suara anda. Ikuti langkah-langkah yang ditunjukkan hingga Finish.

Catatan: Di beberapa perangkat lama yang tidak menawarkan layanan Google Assistant secara default, anda mungkin harus mendownload aplikasi Google Assistant.


Minta Google Assistant Membacakan Artikel untuk Anda

Sebelum kita mulai, saya perlu menunjukkan satu hal. Fitur tersebut hanya berfungsi jika anda menggunakan browser Chrome di perangkat Android Aanda atau aplikasi browsing berbasis Chromium lainnya. Jika anda memiliki satu di ponsel anda, anda siap melakukannya.

  • Buka artikel yang ingin anda baca di browser pilihan anda, lalu cukup ucapkan: Hey Google, read it.
  • Saat pertama kali anda mencoba perintah ini, Google Assistant mungkin akan mengatakan tidak dapat melakukannya karena Screen Context perlu diaktifkan terlebih dahulu.

  • Jendela pop-up akan segera muncul di layar meminta anda untuk memberikan akses aplikasi Google untuk menggunakan Screen Context anda. Ketuk OK. Anda tidak perlu mencari melalui pengaturan sendiri.
  • Sekarang kembali ke artikel dan minta Google Assistant sekali lagi untuk membacanya. Kali ini Google Assistant pasti akan menyetujui dan berkata Got it atau OK. Dibutuhkan beberapa detik, saat Google Assistant menscan bagian artikel sebelum mulai membacanya.


Manfaatkan Kontrol Sepenuhnya

Setelah Asisten mulai membacakan artikel untuk anda, ini akan membuka halaman web di browser Read It khusus yang dilengkapi dengan bar kontrol pemutaran di bagian bawah tampilan tempat anda dapat pause/play, rewind, atau forward. Selain itu, ada opsi untuk meningkatkan kecepatan membaca Google Asisten untuk anda dari 0,5x hingga 3x.


Anda juga dapat mengakses kontrol ini langsung dari tray notifikasi. Anda bahkan dapat menutup browser tanpa menghentikan Google Assistant membaca untuk anda dan anda tetap dapat pause atau stop bacaan hanya dengan mengusap ke bawah dari layar beranda atau langsung dari lock screen.


Tapi tunggu - masih ada lagi. Jika anda tidak bisa memahami bahasa Inggris dengan baik? Mungkin anda ingin mendengar asisten virtual membacakan dalam bahasa ibu anda.


Cari ikon menu tiga titik yang terletak di pojok kanan atas browser Read It dan ketuk, lalu ketuk pada Translation. Disini anda dapat memilih ke bahasa apa teks tersebut diterjemahkan, termasuk Jerman, Spanyol, Polandia, Rumania, dan banyak lagi (total 42 bahasa). Fitur tersebut memanfaatkan kekuatan Google Translate untuk mencapai ini, dan hasilnya sangat memadai dan meyakinkan.

Dari menu yang sama, pengguna dapat memilih suara yang berbeda untuk membaca artikel mereka. Anda akan menemukan opsi ini di bagian Read aloud voice.


Lihat Video untuk lebih jelasnya.



Pertimbangan Tambahan

Seperti yang saya sebutkan di atas, anda memerlukan browser berbasis Chromium agar fitur ini berfungsi. Terlebih lagi, Read It tidak tersedia untuk website tertentu dan sebagian besar aplikasi. (Anda perlu menggunakan versi web sebagai gantinya). Jika anda menemukan paywall atau login diminta untuk menampilkan artikel lengkap, fitur tersebut mungkin tidak berfungsi. Terlepas dari batasan ini, trik Google Assistant baru ini terbukti sangat berguna. Ke depannya, Google pasti akan terus menyempurnakannya.


Sekian tutorial kali ini, semoga bermanfaat untuk anda. Jika artikel ini bermanfaat, bagikan pada teman anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawag ini untuk berbagi pengalaman dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Cara Membuat Google Assistant Membaca Artikel Untuk Anda"