Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Fitur Luar Biasa Google Lens yang Patut Anda Gunakan


Google Lens adalah teknologi pengenalan gambar yang dikembangkan oleh Google yang menggunakan kamera ponsel untuk mengidentifikasi objek di dunia nyata. Teknologi yang dijuluki "the future of search" ini, saat ini tersedia untuk sebagian besar ponsel Android. Dalam beberapa tahun terakhir Lens telah mendapatkan beberapa fitur yang sangat pintar. Disini kita melihat beberapa fitur Google Lens terbaik dan cara menggunakannya di handset Android anda.


Cara Mengakses Google Lens

Sebagian besar ponsel Android yang lebih baru memiliki Lens yang dimasukkan ke dalam aplikasi kamera. Anda harus mengambil foto terlebih dahulu, lalu buka gambar menggunakan aplikasi galeri dan cari ikon Lens (lihat gambar di bawah), yang mungkin terletak di sisi atas atau bawah layar, tergantung model ponsel anda.


Atau, layanan ini dapat diakses melalui Google Assistant atau di Google Photos. Terakhir, pengguna cukup mendownload aplikasi Google Lens dari Play Store.

Sekarang setelah anda mengetahui cara mengakses Google Lens di perangkat anda, mari kita lihat beberapa trik yang dapat dilakukannya.


1. Filter Places

Filter Places ini baru muncul di aplikasi Google Lens dan terletak di antara opsi Shopping dan Dining. Anda juga dapat mengambil gambar dari galeri anda dan ia akan menunjukan tempatnya untuk anda. Dengan menggunakan filter Places, Google Lens akan langsung memunculkan nama tempat atau bangunan yang diminati ditambah opsi tambahan seperti Search, Save Place, Share, Call dan cari di Google Maps.


Filter dapat diakses melalui aplikasi Google Lens dan Google Assistant tetapi tidak melalui kamera atau aplikasi Photo.


2. Terjemahan Kata dan Pengucapan Teks

Kemampuan untuk menerjemahkan teks menggunakan Google Lens sudah tersedia cukup lama, tetapi tahun ini layanan ini juga telah menyertakan kemampuan untuk mengucapkan teks. Fitur Text dimaksudkan untuk membantu orang-orang yang sedang belajar bahasa baru serta anak-anak yang baru belajar membaca.

Untuk menggunakan filter ini, yang harus anda lakukan adalah memposisikan kamera anda di depan buku, koran, atau permukaan lain yang berisi kata yang ingin anda terjemahkan atau temukan artinya.


Titik-titik putih akan muncul di samping kata atau teks bersamaan dengan kata yang disorot dengan warna putih di layar. Klik titik ini untuk menangkap gambar teks yang disorot. Anda sekarang dapat mengklik kata apapun dari teks untuk menyorotnya dengan warna biru, dimana kemudian anda akan melihat daftar opsi untuk berinteraksi dengan kata yang dipilih.

Temukan opsi Listen di menu yang muncul di bawah tangkapan gambar dan ketuk di atasnya untuk mendengarkan bacaan teksnya.

Pengguna juga dapat menggunakan Lens untuk mendapatkan penjelasan berbagai kata dan frasa jika mereka mendengarkan dalam bahasa asing. Cukup gunakan kursor biru untuk memilih kata atau frase yang ingin anda pahami dan ketuk Translate.


3. Membantu Pekerjaan Rumah

Karena semakin banyak anak yang belajar dari rumah, Google Lens kini dapat membantu memecahkan masalah matematika.


Temukan masalah matematika yang sulit anda selesaikan dan arahkan ponsel ke masalah tersebut menggunakan filter Homework. Lens akan segera menyarankan jawabannya. Jika anda ingin memahami langkah-langkah yang diperlukan untuk menyelesaikan masalah, cukup ketuk opsi Solve. Perhatikan, bagaimanapun, bahwa opsi mungkin tidak tersedia untuk setiap persamaan.

Selain itu, Lens menarik solusi alternatif dari Website dan masalah serupa untuk memastikan siswa benar-benar memahami alasan yang mengarah ke hasil yang benar.


4. Ubah Catatan Tulisan Tangan Menjadi Teks

Hal lain yang dapat dilakukan Google Lens adalah mengubah catatan tulisan tangan anda menjadi teks di komputer anda.

Ada beberapa persyaratan agar ini berfungsi: Anda harus memiliki versi Chrome terbaru di komputer anda dan harus masuk ke Chrome dengan akun Google yang sama dengan yang anda miliki di ponsel.

Setelah anda memastikan bahwa itu tidak masalah dengan anda, maka saatnya mencari catatan tulisan tangan anda.


Arahkan ponsel anda ke catatan tulisan tangan, tunggu teksnya dikenali dan tekan Select All, kemudian pilih Copy to computer dari menu yang muncul di bawah. Pilih PC dimana anda ingin melihat catatan anda.


Di desktop anda, buka Google Docs di browser Chrome (Klik Google apps disamping foto profil dan cari Google Docs), tekan Insert atau Ctrl + V, dan teks anda akan muncul. Agar ini bekerja dengan sempurna, pastikan catatan anda ditulis dengan cara yang baik agar dapat terbaca dengan sempurna. Juga periksa kembali hasilnya untuk menyingkirkan kesalahan, karena fitur ini belum terlalu sempurna (seperti yang anda lihat pada gambar di bawah ini).



5. Akses Ulasan dan Peringkat Restoran dengan Cepat

Ini adalah trik kecil yang bagus yang dapat anda gunakan, terutama jika anda berada di sebuah kota baru dan tidak tahu hotspot setempat. Ingin tahu apakah anda harus berhenti untuk makan siang di restoran tertentu? Arahkan ponsel anda ke logo restoran, dan ini akan segera menampilkan serangkaian ulasan Google yang dapat membantu anda memutuskan apakah anda harus tetap tinggal atau melanjutkan pencarian hotspot lainnya.


Anda juga memiliki akses ke beberapa opsi tambahan darisini, termasuk kemungkinan untuk membuka halaman restoran dengan cepat di Google Maps. Dengan cara ini anda juga dapat memeriksa menu restoran di Menu highlights dan melihat apakah ada yang menarik untuk anda.


6. Baca Ringkasan Buku

Siswa dapat menggunakan Google Lens untuk mendapatkan ringkasan cepat sebuah buku (melalui Wikipedia) hanya dengan mengarahkan ponsel mereka ke sampul buku. Selain itu, Google juga akan menunjukkan kepada anda apakah anda juga dapat membaca buku tersebut (melalui Google Books) atau mendownloadnya secara gratis.


Dari Summary card, pengguna dapat dengan mudah mengakses tab seperti Karakter, Ulasan, dan lainnya dari penulis, sehingga mereka dapat mengetahui informasi terbaru tentang buku dengan cepat dan efisien.


7. Lacak Pengiriman Paket

Posisikan lensa kamera di depan detail pengiriman paket dan aktifkan Google Lens.

Tunggu hingga detailnya disorot, lalu klik titik yang muncul di layar. Anda akan diperlihatkan URL untuk halaman pelacakan pengiriman, yang dapat anda klik untuk mengikuti kemajuan pengiriman paket anda.



8. Tambahkan Kontak Bisnis

Pegang kartu nama di depan lensa kamera dan aktifkan Google Lens.

Tunggu hingga tulisan di kartu disorot, lalu klik titik di layar. Detail kartu akan muncul di bagian bawah layar dengan opsi untuk membuka situs bisnis atau menyimpan detail di daftar kontak ponsel anda.


Jika bisnis terdaftar secara online dan di Google Maps, anda juga akan melihat opsi untuk menemukan bisnis tersebut di peta.


9. Temukan Detail Objek Secara Acak

Arahkan layar kamera ke objek apapun yang ingin anda pelajari lebih lanjut. Bisa apa saja mulai dari lukisan hingga tanaman atau binatang.


Google Lens akan menganalisis data, mengidentifikasi objek, dan menawarkan banyak sumber daya online untuk mempelajari lebih lanjut. Anda dapat menerima informasi secara singkat atau membuka Google untuk menyelami topik tersebut lebih dalam dengan mencarinya website.


10. Tambahkan Acara ke Google Calendar

Arahkan lensa kamera ke tiket acara yang akan anda hadiri.

Detail tiket akan disorot, dan sebuah opsi akan muncul di bawah layar untuk menambahkan tanggal dan waktu acara ke Google Calendar anda untuk mendapatkan pengingat.



Seperti yang anda lihat, Google telah melakukan pekerjaan yang hebat dengan menambahkan banyak fitur ke Google Lens. Bagaimana menurut anda, apakah anda tertarik menggunakannya?

Sekian tutorial kali ini, semoga bermanfaat untuk anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pengalaman dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Fitur Luar Biasa Google Lens yang Patut Anda Gunakan"