Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengaktifkan atau Menonaktifkan Microsoft Defender Application Guard untuk Office

 


Sebelumnya dikenal sebagai Office 365 Advanced Threat Protection, Microsoft Defender Application Guard untuk Office mencegah file yang berpotensi berisiko mendapatkan akses ke system resource tepercaya. Ini membuka dokumen yang tidak tepercaya di lingkungan yang terisolasi dengan virtualisasi hardware.


Microsoft Defender Application Guard untuk Office melindungi system anda dari software berbahaya dalam lingkungan terisolasi ini dalam mode mandiri dan otomatis. Dalam mode otomatis, AKA Enterprise Management Mode, administrator akan menentukan beberapa situs terpercaya.


Semua dokumen yang berasal dari domain yang ditentukan akan terbuka secara normal di komputer anda. Sementara itu, Application Guard meluncurkan file yang berasal dari website di luar situs tepercaya yang ditentukan ini di lingkungan virtual.


Catatan: Untuk mengaktifkan Application Guard untuk Office, anda harus terlebih dahulu mengupdate system anda dengan cumulative security bulanan Windows 10 (KB4571756).



Mengaktifkan atau Menonaktifkan Microsoft Defender Application Guard untuk Office


Sekarang setelah anda memiliki gambaran umum tentang Microsoft Defender Application Guard untuk Windows, bagian ini menunjukkan kepada anda cara mengaktifkan dan menonaktifkannya di komputer Windows anda. Kita akan menjelajahi bebrapa berikut ini.


Dua solusi pertama adalah cara alternatif untuk mengaktifkan atau menonaktifkan Application Guard untuk Office. Sementara bagian ketiga anda harus melakukannya setelah mengikuti salah satu solusi (1 atau 2). Dan terakhir, anda akan melihat cara mengkonfirmasi bahwa Application Guard untuk Office diaktifkan dan berfungsi.



1. Mengaktifkan atau menonaktifkan Application Guard untuk Office Menggunakan Windows Features

  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik appwiz.cpl dan tekan tombol Enter.
  • Pilih Turn Windows features on or off di panel kiri jendela Programs and Features. Anda dapat mencapai jendela ini dengan mengetik features di Search Windows.


  • Temukan Microsoft Defender Application Guard dari daftar dan beri ceklist pada kotak sebelah opsi ini untuk mengaktifkannya. Tekan tombol OK.


  • Setelah mengaktifkan Microsoft Defender Application Guard, anda perlu merestart komputer anda.


Untuk menonaktifkan Microsoft Defender Application Guard, cukup hapus ceklist opsi di jendela Windows Features dan merestart komputer anda.



2. Mengaktifkan atau menonaktifkan Application Guard untuk Office Menggunakan PowerShell


Anda juga dapat mengaktifkan Microsoft Defender Application Guard untuk Office menggunakan PowerShell.

  • Untuk membuka PowerShell sebagai administrator, klik kanan pada Start (atau Win + X) dan pilih Windows PowerShell (Admin).
  • Kemudian di jendela PowerShell, masukan perintah berikut di bawah ini dan tekan Enter untuk mengaktifkan Windows Defender Application Guard.


Enable-WindowsOptionalFeature -online -FeatureName Windows-Defender-ApplicationGuard


  • Setelah menjalankan perintah di atas, Application Guard untuk Office telah diaktifkan. Anda perlu merestart komputer anda untuk menyelesaikan proses.

Ketika anda tidak membutuhkannya lagi dan ingin menonaktifkan Application Guard for Office, maka masukkan perintah berikut dibawah ini di PowerShell dengan hak admin.

Disable-WindowsOptionalFeature -online -FeatureName Windows-Defender-ApplicationGuard


3. Aktifkan Microsoft Defender Application Guard Menggunakan Group Policy

Dua opsi di atas adalah cara untuk mengaktifkan atau menonaktifkan Application Guard untuk Office. Setelah menyelesaikan salah satu dari dua metode di atas, anda sekarang harus mengaktifkan fitur menggunakan Group Policy.

Catatan: Untuk pengguna Windows edisi Home, aktifkan Group Policy Editor terlebih dahulu sebelum mengikuti langkah-langkah dibawah ini.

  • Untuk melakukan ini, tekan tombol Win + R, kemudian ketik gpedit.msc dan tekan Enter untuk membuka Group Policy Editor.
  • Di jendela Group Policy Editor, telusuri jalu berikut dibawah ini.

Computer Configuration - Administrative Templates - Windows Components - Microsoft Defender Application Guard

  • Disini, di panel kanan, temukan dan klik dobel pada Turn on Microsoft Defender Application Guard in Managed Mode.


  • Kemudian di jendela edit, pilih opsi Enabled (pastinya sudah terpilih) dan ubah nilai di bagian Options ke 2 atau 3. Setelah itu klik OK untuk menyimpan pengaturan anda dan tutup jendela.


  • Restart komputer anda setelah ini.


4. Periksa Kembali Apakah Application Guard untuk Office Diaktifkan dan Berfungsi

Saat mengaktifkan Microsoft Defender Application Guard untuk Office, anda tidak akan mendapatkan konfirmasi bahwa itu telah aktif dan berfungsi. Anda mungkin ingin memastikan bahwa anda telah mengaktifkannya dan berfungsi dengan benar.

Sebelum anda melanjutkan untuk memeriksa ulang apakah anda telah mengaktifkan Application Guard untuk Office, buka aplikasi Microsoft Office (Word, PowerPoint, Excel, dll) di komputer yang menerapkan kebijakan dan pastikan anda Microsoft Office anda diaktifkan. Jika tidak diaktifkan, anda harus mengaktifkannya untuk menggunakan Application Guard untuk Office.

Untuk memeriksa apakah Application Guard diaktifkan dan berfungsi, download lampiran dokumen atau email dari internet yang digolongkan sebagai untrusted. Selanjutnya, buka di aplikasi Office yang sesuai.

Pertama kali anda menggunakan aplikasi Office untuk membuka dokumen yang tidak tepercaya, anda mungkin memperhatikan bahwa splash screen diperlihatkan untuk waktu yang lebih lama. Penundaan ini karena anda telah mengaktifkan Application Guard untuk Office, namun ketika anda membuka lainnya, waktu yang dibutuhkan akan lebih cepat.

Jika Microsoft Defender Application Guard diaktifkan, anda akan melihat indikasi itu di layar pembuka. Misalnya, To keep you safe, we’re opening this document in Application Guard…



Saat file akhirnya terbuka, indikator lain dari Application Guard aktif untuk Office adalah anda akan melihat pemberitahuan di ribbon yang bertuliskan, File opened in Application Guard. This file is from an untrusted soure. To keep you safe, we’ve opened it in a protected mode.





Sekian tutorial kali ini, semoga membantu anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pengalaman dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Cara Mengaktifkan atau Menonaktifkan Microsoft Defender Application Guard untuk Office"